Kesehatan Anak

Makanan Sumber Kalsium untuk Anak yang Enggan Minum Susu

Aditya Prasanda, 28 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Balita enggan minum susu bisa disiasati dengan memberikannya makanan tinggi kalsium. Apa saja makanan tinggi kalsium yang direkomendasikan untuk anak? Cek di sini!

Makanan Sumber Kalsium untuk Anak yang Enggan Minum Susu

Kalsium merupakan salah satu mineral penting yang diperlukan tubuh. Jenis nutrisi ini bermanfaat membangun kepadatan tulang dan gigi, mendukung pergerakan otot, membantu pengaturan ritme jantung, serta pelepasan hormon dan enzim

Tidak hanya itu, kalsium juga berperan mendukung proses pengiriman pesan dari otak ke seluruh bagian tubuh. Nutrisi ini pun memegang peran yang penting dalam melancarkan aliran darah.

Salah satu sumber kalsium yang baik dan direkomendasikan untuk anak di bawah 5 tahun (balita) adalah susu. Sayangnya, beberapa balita tidak mau mengonsumsi minuman kaya nutrisi tersebut.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, susu dapat diganti dengan alternatif makanan yang mengandung kalsium untuk anak.

Berikut ini jenis makanan tinggi kalsium untuk anak yang direkomendasikan:

1. Sayuran Hijau

Berdasarkan European Academic Research, sayuran hijau kaya akan antioksidan, serat, asam linoleat, vitamin, dan mineral penting seperti kalsium.

Salah satu sayuran hijau yang mengandung banyak kalsium, yaitu pakcoy. Keluarga sayuran hijau yang berbentuk menyerupai sawi ini juga mengandung magnesium dan vitamin K yang baik untuk kesehatan.

Artikel Lainnya: Makanan yang Bisa Menghambat Penyerapan Kalsium Anak

Ada pula sayuran hijau lain yang tinggi kalsium, misalnya brokoli dan bayam. Untuk memperoleh manfaat optimal dari sayuran hijau tersebut, Anda dapat mengolahnya dengan merebus atau mengukusnya sebentar saja.

Hal ini bertujuan agar kandungan nutrisi di dalamnya tidak rusak akibat diolah terlalu lama.

2. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Alternatif makanan kalsium untuk anak yang berikutnya adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Menurut American Heart Association, keduanya mengandung protein, lemak sehat, vitamin, serat, dan mineral termasuk kalsium.

Jenis kacang-kacangan tinggi kalsium yang direkomendasikan, yaitu almond dan kedelai.

Di dalam 15 gram kacang almond, terdapat 40 miligram kalsium. Sementara itu, di dalam satu mangkuk kecil olahan kedelai berupa tahu (260 gram), terdapat sekitar 832 miligram kalsium di dalamnya.

Adapun jenis biji-bijian kaya kalsium yang dapat diberikan untuk balita, yakni biji wijen. Satu sendok makan biji wijen (9 gram) mengandung 160 miligram kalsium.

3. Ikan

Disampaikan dr. Reza Fahlevi, Sp.A, alternatif makanan sumber kalsium untuk anak yang selanjutnya adalah ikan.

“Ikan mengandung kalsium yang tinggi. Hal ini utamanya pada ikan yang tulangnya dapat dimakan,” kata dr. Reza.

Artikel Lainnya: Alasan Usia Remaja Tetap Perlu Minum Susu Kalsium

Ikan tinggi kalsium yang direkomendasikan untuk balita, antara lain tuna, salmon, dan sarden. Tidak hanya kaya kalsium, jenis ikan tersebut juga mengandung protein, vitamin, mineral berkualitas tinggi, serta lemak sehat.

Kandungan tersebut, menurut Cleveland Clinic, bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak, sistem saraf, dan penglihatan balita.

4. Yoghurt dan Keju

Yoghurt dan keju merupakan makanan yang mengandung kalsium tinggi untuk anak. Masih mengutip Cleveland Clinic, jenis asupan ini tidak hanya kaya kalsium, tapi juga protein dan vitamin D.

Vitamin D diperlukan tubuh untuk proses penyerapan kalsium. Selain itu, vitamin tersebut juga berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh, serta menjaga fungsi paru maupun jantung.

Kini, Anda sudah tahu alternatif makanan untuk memenuhi kebutuhan kalsium anak yang enggan minum susu, bukan?

Pastikan untuk memberikannya dalam porsi yang tepat, sambil dikombinasikan dengan menu sehat lainnya. Dengan demikian, tumbuh kembang anak bisa terus optimal.

Memiliki pertanyaan tentang makanan untuk anak? Ingin tahu lebih lanjut seputar tumbuh kembang si kecil?

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

Referensi:

  • Wawancara dr. Reza Fahlevi, Sp.A.
  • Mom Junction. Diakses 2022. Toddler Won't Drink Milk: What To Do And Alternative Sources Of Calcium.
  • Healthy Children.org. Diakses 2022. Healthy Fish Choices for Kids.
  • European Academic Research. Diakses 2022. Health Benefits and Therapeutic importance of green leafy vegetables (GLVs).
  • American Heart Association. Diakses 2022. The American Heart Association Diet and Lifestyle Recommendations.
  • Cleveland Clinic. Diakses 2022. Why Dairy Is an Important Part of Your Child’s Healthy Diet.
  • Cleveland Clinic. Diakses 2022. The Benefits of Vitamin C: Why Your Child Needs It.
  • Cleveland Clinic. Diakses 2022. What to Do When Your Child Won’t Drink Milk.
NutrisimakananAnakTumbuh kembang

Konsultasi Dokter Terkait