Perawatan Wanita

Benarkah Minyak Kelapa Bisa Mengatasi Vagina Kering?

Endah Murniaseh, 27 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Minyak kelapa disebut bisa melembapkan kulit. Lantas, bagaimana jika jenis minyak ini dioleskan ke vagina? Benarkah bisa mengatasi vagina kering? Cek faktanya!

Benarkah Minyak Kelapa Bisa Mengatasi Vagina Kering?

Minyak kelapa umum digunakan untuk memasak. Di balik itu, jenis minyak ini pun sudah dimanfaatkan sejak dulu sebagai pelembap alami kulit.

Ada juga anggapan bahwa minyak kelapa dapat mencegah bibir kering, menyehatkan kuku, dan meredakan bau mulut.

Tak berhenti di situ, minyak kelapa juga disebut-sebut dapat membantu mengatasi vagina kering. Dengan demikian, hubungan seksual tidak akan terasa nyeri lagi.

Lantas, apa kata medis terkait manfaat minyak kelapa untuk mengatasi vagina kering? Benarkah jenis minyak tersebut bisa berkhasiat demikian? Yuk, cari tahu faktanya!

Minyak Kelapa untuk Mengatasi Vagina Kering, Efektifkah?

Memang benar bahwa minyak kelapa mengandung beberapa komponen yang bisa menyehatkan kulit, rambut, dan kuku. 

Meski demikian, bukan berarti minyak kelapa bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi keluhan vagina kering. 

Artikel Lainnya: Vitamin yang Bermanfaat untuk Mengatasi Vagina Kering

Faktanya, hingga saat ini belum ada penelitian yang menyebut bahwa penggunaan minyak kelapa untuk vagina kering dapat memberikan hasil yang efektif.

Sejauh ini, penelitian hanya menyebut bahwa minyak kelapa memang dapat melembapkan kulit. Namun, kulit yang dimaksud di sini bukanlah yang berada di sekitar vagina.

Mempertegas hal tersebut, dr. Sepriani Timurtini Limbong bahkan menyebut bahwa penggunaan minyak kelapa untuk mengatasi vagina kering adalah hal yang tidak disarankan.

“Kalau memang vagina kering hingga menyebabkan iritasi, lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter kebidanan,” kata dr. Sepriani.

“Hal tersebut bertujuan untuk memastikan penyebab, serta mengetahui cara mengatasi yang paling tepat,” sambungnya.

Intinya, minyak kelapa tidak terbukti dapat mengatasi vagina kering. Alih-alih menyembuhkan, penggunaan minyak tersebut pada bagian vagina secara sembarangan malah dapat memperburuk keadaan.

Artikel Lainnya: Kulit Vagina Kering, Ini Penyebab dan Cara Atasinya

Cara Efektif Mengatasi Vagina Kering

Cara terbaik untuk mengatasi vagina kering adalah dengan menyesuaikan pengobatan dengan penyebab yang mendasarinya.

Salah satu pengobatan yang terbukti efektif mengatasi vagina kering adalah dengan terapi estrogen topikal. Jenis terapi ini hanya bisa didapatkan setelah Anda berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter.

Selain itu, ada juga cara lain yang terbukti efektif mengatasi vagina kering. Anda dapat mengetahui selengkapnya dengan membaca artikel berikut ini: Penyebab Vagina Kering dan Cara Mengatasinya.

Hati-hati, jangan sembarang mengoleskan produk apa pun ke area kewanitaan Anda, termasuk minyak kelapa. Bukannya memperbaiki, sembarangan mengoleskan produk tertentu pada vagina malah bisa memperburuk keadaan.

Jika Anda mengalami vagina kering, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter guna mengetahui penyebab yang mendasarinya. Anda bisa berkonsultasi secara daring dengan memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Referensi:

Medical News Today. Diakses 2022. Is it safe to use coconut oil for vaginal dryness?

Healthline. Diakses 2022. Can You Use Coconut Oil to Help Ease Vaginal Dryness?

International Journal of Dermatology. Diakses 2022. The effect of topical virgin coconut oil on SCORAD index, transepidermal water loss, and skin capacitance in mild to moderate pediatric atopic dermatitis: a randomized, double-blind, clinical trial

Ditinjau oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong

Vagina KeringVaginaMinyak Kelapa

Konsultasi Dokter Terkait