HomeInfo SehatPernapasanKelompok Orang yang Rentan Mengalami Komplikasi Flu
Pernapasan

Kelompok Orang yang Rentan Mengalami Komplikasi Flu

Zahra Aminati, 01 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Waspada, komplikasi flu dapat terjadi pada golongan orang tertentu. Siapa saja orang-orang yang rentan memiliki risiko komplikasi flu? Simak di sini.

Kelompok Orang yang Rentan Mengalami Komplikasi Flu

Flu merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Saat seseorang menderita flu, ia umumnya akan merasakan demam, sakit tenggorokan, kedinginan, dan nyeri di sekujur tubuh. 

Terdapat beberapa golongan orang yang berisiko tinggi mengalami komplikasi flu seperti pneumonia atau bronkitis. Penyakit ini dapat membuat penderitanya harus menjalani rawat inap. 

Berikut ini daftar orang yang memiliki risiko komplikasi flu:

1. Orang dengan Sistem Kekebalan Lemah atau Kondisi Kronis

Dokter Muhammad Iqbal Ramadhan mengatakan, “Seseorang yang memiliki kondisi kesehatan kronis, seperti asma, diabetes, penyakit jantung, PPOK, gangguan hati, darah, atau ginjal, ini akan berisiko lebih tinggi terkena komplikasi flu.”

“Hal ini karena sistem kekebalan yang rendah membuat infeksi virus atau bakteri jadi lebih mudah masuk ke dalam tubuh,” jelasnya. Komplikasi yang dapat terjadi seperti pneumonia, bronkitis, serta infeksi sinus dan telinga. 

Artikel lainnya: Jangan Remehkan, Penyakit Flu Bisa Mematikan bagi Penderitanya

Menurut Donna Casey, MD, seorang dokter penyakit dalam di Texas Health Presbyterian Hospital, saat tubuh menghadapi masalah kesehatan kronis, sistem kekebalan tubuh mengalami kelebihan beban.

Karena penambahan beban kerja tersebut, tubuh hanya memiliki sedikit sumber daya yang tersedia untuk melawan infeksi seperti flu. 

Hal yang sama juga berlaku jika Anda memiliki penyakit penurun kekebalan seperti HIV/AIDS atau leukemia, serta menerima pengobatan seperti kemoterapi, radiasi, atau kortikosteroid. 

2. Wanita Hamil

Influenza lebih mungkin menyebabkan penyakit parah pada wanita hamil dibanding orang usia subur yang tidak hamil. Ketika hamil, wanita bisa mengalami perubahan pada sistem kekebalan, kondisi jantung, dan paru-parunya. 

Hal tersebut membuat wanita hamil lebih rentan terhadap influenza. Serangan influenza yang cukup parah, dapat berisiko menyebabkan rawat inap selama kehamilan ataupun hingga dua minggu pascapersalinan. 

Influenza juga dapat berbahaya bagi janin yang sedang berkembang. Gejala demam influenza yang umum dapat dikaitkan dengan cacat tabung saraf dan dampak buruk lainnya pada perkembangan janin. 

Vaksinasi pada orangtua dapat membantu melindungi bayi dari influenza setelah lahir. Karena, antibodi disalurkan kepada bayi selama kehamilan. Selain vaksinasi flu, wanita hamil juga harus melakukan tindakan pencegahan sehari-hari, termasuk menghindari orang sakit, menutup mulut ketika batuk, dan rajin mencuci tangan. 

Artikel lainnya Waspada, Terkena Flu saat Hamil Bisa Sebabkan Anak Bipolar

3. Lansia 65 Tahun ke Atas

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), AS, orang yang berusia 65 tahun ke atas berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi flu serius dibandingkan orang dewasa muda yang sehat. 

Peningkatan risiko ini biasanya disebabkan oleh perubahan sistem kekebalan tubuh karena pertambahan usia. “Hal ini membuat tubuh lansia lebih mudah terjangkit virus dan bakteri,” ujar dr. Iqbal. 

Menurut dr. Casey, masalah sistem kekebalan tubuh lebih meningkatkan kerentanan terkena flu. “Ini mengembangkan komplikasi seperti bronkitis, pneumonia, atau infeksi bakteri sekunder selain flu virus,” jelasnya. 

4. Anak-Anak

Anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun, terutama di bawah 2 tahun, memiliki risiko lebih tinggi terkena komplikasi serius terkait flu. Sistem kekebalan tubuh mereka masih berkembang, sehingga kesulitan melawan infeksi. 

Menurut CDC, komplikasi flu yang bisa terjadi pada anak kecil seperti pneumonia, dehidrasi, ensefalopati (disfungsi otak), masalah sinus, dan infeksi telinga

Cara terbaik untuk mencegah flu adalah menerima vaksin flu. Rekomendasi CDC ialah setiap orang yang berusia 6 bulan ke atas mendapatkan vaksin flu musiman setiap tahun, idealnya pada akhir Oktober. 

Sebaiknya, dapatkan vaksinasi flu untuk anak demi mengurangi risiko rawat inap dan kematian terkait flu pada anak-anak. Konsultasikanlah hal ini kepada dokter anak.

Itulah beberapa golongan yang berisiko tinggi mengalami komplikasi flu yang serius. Bila Anda berisiko tinggi mengalami komplikasi flu yang serius, vaksinasi flu sangat penting. 

Konsultasi langsung dengan dokter seputar masalah flu lewat Live Chat di aplikasi KlikDokter

(FR/JKT)

Referensi:

Prevention. Diakses 2022. The 4 Groups of People Who Are Likely to Have Serious Flu-Related Complications.

Centers for Disease Control and Prevention. Diakses 2022. People at Higher Risk of Flu Complications. 

Ditinjau oleh dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

FluPenyakit MenularBahaya Flu

Konsultasi Dokter Terkait