Kesehatan Bayi

Tips Merawat Bayi Ketika Anak Sebelumnya Masih Balita

Tri Yuniwati Lestari, 23 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Merawat bayi yang baru lahir sekaligus kakaknya yang masih balita bisa sangat menantang. Agar tak salah langkah, berikut tips mengurus bayi dan balita yang bisa diikuti.

Tips Merawat Bayi Ketika Anak Sebelumnya Masih Balita

Kelahiran anggota keluarga baru bisa sangat menyenangkan orangtua, juga bagi saudara kandungnya. Namun, kelahiran bayi juga dapat membuat sebagian orangtua kewalahan, khususnya jika anak sebelumnya masih balita.

Mengasuh bayi dan balita sekaligus mungkin akan menjadi sangat melelahkan dan merepotkan. Balita Anda bisa sangat rewel, bahkan cemburu pada adiknya yang baru lahir.

Oleh sebab itu, orangtua perlu menerapkan pola asuh yang tepat agar keduanya mendapatkan perhatian dan kasing sayang yang setimpal.

Agar tidak salah langkah, berikut ini panduan mengurus bayi sekaligus balita yang bisa Anda ikuti:  

1. Bagi Waktu dengan Adil

Dijelaskan oleh dr. Dyah Novita Anggraini, dalam mengasuh dua anak sekaligus, orangtua perlu membagi waktu dengan adil.

Contohnya, saat bayi sedang menyusui, Anda mesti menjelaskan kepada si kakak kalau waktu bermain dengannya adalah setelah mengurus sang adik.

“Ibu juga sebaiknya tidak terlihat lebih dominan ke adik. Saat adiknya istirahat atau tidur, luangkan waktu ibu ke kakak,” saran dr. Dyah Novita.

“Atau, saat adik bisa dijaga oleh suami atau anggota keluarga lain, ibu bisa meluangkan waktu untuk si kakak,” sambungnya.

Artikel Lainnya: Awas, Orang Tua Pilih Kasih Bisa Berefek pada Perkembangan Anak

2. Prioritaskan Waktu Berkualitas dengan Balita

Saat memiliki bayi, prioritas ibu mungkin akan lebih banyak ke adik. Namun, jangan lupa bahwa Anda memiliki balita yang tetap harus diberikan perhatian penuh.

Anda mesti menjadwalkan waktu khusus untuk si balita. Jangan pernah berpikiran bahwa si kakak telah mendapatkan kasih sayang yang cukup sewaktu bayi. Pikiran seperti itu malah akan membuat jarak antara Anda dengan si balita.

Upayakan untuk tetap meluangkan waktu bersama dengan si kakak, baik untuk sekadar bermain bersama, membaca buku, atau melakukan kegiatan lainnya.

Hal-hal tersebut akan memperkuat ikatan Anda dengan si balita. Di saat yang sama, sang kakak juga akan merasa bahwa kehadiran adik tidak membuat kasih sayang orangtua berkurang untuknya.

3. Meminta Bantuan Pengasuh

Mengurus anak yang masih bayi dan balita mungkin akan membuat Anda kerepotan. Jika Anda merasa tidak sanggup, tidak ada salahnya meminta bantuan pengasuh. Diskusikan dengan pasangan agar ia juga mengerti apa yang Anda butuhkan.

Memiliki pengasuh anak dapat memudahkan Anda membagi waktu untuk mengasuh dua anak sekaligus. Dengan adanya pengasuh, Anda juga dapat memiliki waktu yang lebih banyak untuk diri sendiri.

Memiliki waktu untuk diri sendiri penting untuk mencegah stres. Untuk itu, saat memiliki waktu sendiri, lakukanlah hal sederhana yang bermanfaat dan membuat Anda senang, seperti memasak, menjahit, menonton film, yoga, atau lainnya.

Artikel Lainnya: Kakak Selalu Dipaksa Mengalah, Ini Dampak Psikologisnya

4. Ajak Kakak Membantu Ibu Merawat Adiknya

Untuk membangun kedekatan antara bayi dan balita, Anda bisa melibatkan sang kakak dalam membantu merawat adiknya. Mintalah bantuan si balita untuk mengambilkan popok, mainan, atau handuk untuk adiknya.

Selain itu, Anda juga dapat meminta si kakak untuk menyanyikan lagu atau menari guna menghibur adiknya.

Anda juga dapat meminta si balita memilih pakaian untuk adiknya. Anda pun bisa melibatkan sang kakak saat memakaikan pakaian kepada si mungil.

Menyertakan si balita dalam tugas-tugas tersebut dapat mengasah rasa tanggung jawab sebagai kakak. Di saat yang sama, sang kakak juga belajar keterampilan baru.

5. Daftarkan Balita Anda di Program Prasekolah

Jika memang sudah waktunya, Anda bisa mendaftarkan si balita untuk mengikuti kelas prasekolah.

Memasukkan sang kakak ke kelas prasekolah tidak hanya memberi Anda waktu lebih untuk merawat si bayi. Hal tersebut juga memberikan si balita kesempatan untuk bertemu dengan teman sebaya dan mengenal dunia sekolah.

Merawat bayi dan balita dalam satu waktu bukanlah perkara mudah. Meski begitu, jangan menyerah dan tetap upayakan yang terbaik untuk si adik maupun kakaknya.

Apabila Anda kesulitan dan membutuhkan saran lebih lanjut, tak perlu ragu untuk berkonsultasi langsung kepada dokter atau psikolog melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Referensi

Very Well. Diakses 2022. 9 Ways to Manage a Toddler While Caring for an Infant

Babycenter. Diakses 2022. Parents Say: How can I manage the competing demands of a newborn and a toddler?

Pregnancy Birth Baby. Diakses 2022. Toddler and the new baby

Ditinjau oleh dr. Dyah Novita Anggraini

BayiAnak

Konsultasi Dokter Terkait