Seks

Tanda-Tanda Pria Merasa Puas Usai Berhubungan Seks

Zahra Aminati, 28 Jan 2022

Ditinjau Oleh Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog

Saat pria puas dalam berhubungan seksual, ia akan menunjukkannya dengan berbagai ciri. Apa saja tanda suami puas usai hubungan seks?

Tanda-Tanda Pria Merasa Puas Usai Berhubungan Seks

Hubungan seksual menjadi salah satu faktor penting dalam hubungan romantis. Hubungan intim yang memuaskan bahkan dapat bermanfaat bagi kesehatan mental pasangan. 

Tahukah Anda? Kepuasan pria setelah berhubungan seks bisa dilihat dari sejumlah perilaku yang ia tunjukkan.  

Bagaimana cara mengetahui suami puas atau tidak usai berhubungan intim? Berikut sederet hal yang menandakan perasaan senang suami setelah berhubungan: 

1. Berpelukan Setelah Seks

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, saat pria merasa puas setelah berhubungan seksual, ia akan memberikan pelukan hangat kepada pasangannya. “Jika merasa puas, pria cenderung akan melakukan perilaku intim setelah berhubungan seks, seperti memeluk tubuh pasangannya dengan tenang,” jelasnya.

Hal ini didukung oleh sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Sexual Behavior pada tahun 2014. Studi tersebut menunjukkan, pasangan yang puas secara seksual akan saling berpelukan, membelai, dan berbagi momen keintiman setelah berhubungan seksual. 

Jadi, bila setelah berhubungan seks pasangan Anda merasa nyaman dan ia memeluk dengan hangat, itu berarti ia sangat menikmati seks dengan Anda.

Artikel lainnya: Benarkah Viagra dapat Meningkatkan Kepuasan Seks Wanita? 

2. Pasangan Anda Semakin Romantis

Ketika pria merasa tidak puas dengan hubungan seks yang dilakukan, ia mungkin cenderung berubah menjadi tidak romantis. Hal ini dikarenakan ketidakpuasan seksual dapat memengaruhi suatu hubungan secara umum. 

Menurut Psikolog Ikhsan, pria yang merasa puas setelah berhubungan seks akan memberikan perhatian lebih. “Hal ini karena rasa puas tersebut memberikan perasaan semakin intim dan rasa bonding yang lebih kuat,” jelasnya. 

Kalau setelah melakukan hubungan seks sang suami memberikan perhatian lebih, seperti menggenggam tangan dengan erat, mengelus tubuh Anda dengan pelan, dan semacamnya, bisa jadi ia bahagia dengan gaya seks yang dilakukan.

Artikel Lainnya: Sperma Keluar di Luar Vagina, Apakah Tetap Bisa Hamil?

3. Pasangan akan Lebih Terbuka

Setelah berhubungan seks yang memuaskan, pria umumnya senang berbincang santai dengan pasangannya. Hal tersebut bisa menjadi momen pillow talk yang sayang untuk dilewatkan. 

Saat pasangan mulai terbuka dengan berani bercerita tentang hidupnya setelah melakukan seks, itu berarti keintiman mulai tercipta. Hal yang perlu dilakukan saat pria mulai bercerita adalah jadilah pendengar yang baik. 

Artikel lainnya: Arti Desahan Wanita Saat Berhubungan Seks

Menjadi pendengar yang baik membutuhkan komitmen, minat, dan kemurahan hati. Dengan tulus mendengarkan cerita-cerita pasangan, kepercayaan dalam hubungan bisa terbangun. Ini akan menjadi cara yang baik untuk menjaga kedekatan dengan pasangan. 

4. Mengapresiasi Anda

Pria yang merasa puas setelah berhubungan intim akan menunjukkannya dengan cara mengapresiasi pasangannya. Kepuasan berhubungan seks bisa timbul ketika Anda melakukan sesuatu yang tidak diduga olehnya. 

“Misalnya, Anda tiba-tiba menggunakan lingerie atau mencoba posisi yang belum pernah dilakukan,” ujar Ikhsan. 

Pasangan bisa menunjukkan apresiasinya dalam bentuk lisan, misalnya memuji kecantikan Anda. Bisa juga dengan bentuk tindakan yang lebih romantis saat ataupun setelah berhubungan seksual. 

Artikel lainnya: Lebih Baik Punya Jadwal Seks atau Spontan Saja? 

5. Pasangan Melakukan Seks yang Spontan

Hal lainnya yang ditunjukkan ketika pria merasa puas dengan hubungan seks yang dilakukannya ialah melakukan seks yang spontan setelahnya. Seks spontan terjadi ketika Anda dan pasangan selesai melakukan seks, lalu pasangan ingin melakukannya lagi. 

Orang yang merasa tidak puas dengan hubungan intim yang dilakukannya relatif akan segera mengakhirinya. Jadi, saat Anda mendapati pasangan ingin melakukannya lagi setelah berhubungan, bisa jadi ia puas dengan seks yang Anda berdua lakukan. 

Itulah tanda-tanda pria merasa puas setelah berhubungan seks. Jika pria tidak memunculkan ciri-ciri di atas, tidak perlu cemas. Coba komunikasikan dengannya secara terbuka. 

Bila butuh saran psikolog, gunakan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi lebih mudah. 

(FR/JKT)

RelationshipPriaSekskesehatan mental

Konsultasi Dokter Terkait