Diet dan Nutrisi

8 Manfaat Daun Belalai Gajah untuk Kesehatan

dr. Valda Garcia, 28 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Studi mengungkapkan manfaat daun belalai gajah untuk kesehatan. Apa saja khasiatnya? Simak temuannya lewat ulasan berikut.

8 Manfaat Daun Belalai Gajah untuk Kesehatan

Clinacanthus nutans alias daun belalai gajah merupakan tanaman herbal yang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional di sejumlah negara Asia, misal Malaysia, Indonesia, Thailand, dan China. 

Manfaat daun belalai gajah disebut-sebut dapat berperan sebagai agen anti-peradangan, antimikroba, dan antioksidan. Bahkan, khasiat daun belalai gajah dipercaya dapat mengatasi racun bisa ular.

Hal itu dikemukakan sebuah studi yang dipublikasikan Asian Pacific Journal of Tropical Medicine tahun 2016. 

Bagaimana manfaat daun belalai gajah untuk kesehatan? Simak temuannya lewat ulasan berikut:

1. Anti-Peradangan

Daun belalai gajah dipercaya dapat berperan sebagai agen anti-peradangan untuk mengobati infeksi virus herpes, seperti herpes simplex virus (HSV) dan varicella-zoster virus

Kedua virus itu dapat menyebabkan kulit meradang dan mengering, dengan luka lepuh terbuka dan berair.

Khasiat daun belalai gajah tersebut diperoleh dari kandungan ekstrak etanol daun belalai gajah. 

Riset menemukan, etanol daun belalai gajah dapat menghambat aktivitas virus. Kandungan ini juga bermanfaat mengobati peradangan akibat gigitan serangga.

Artikel lainnya: Redakan Inflamasi dengan Pilihan Makanan Ini

2. Antibakteri

Manfaat daun belalai gajah untuk kesehatan berikutnya yaitu berperan sebagai agen antimikroba. 

Kandungan flavonoid dan fenol di dalam tanaman herbal ini dapat menghambat aktivitas mikroorganisme, seperti Bacillus cereus, Escherichia coli, Salmonella enterica, dan Salmonella typhimurium

Bacillus cereus merupakan spora yang dapat ditemukan di dalam beras yang belum dimasak. Spora ini bisa menyebabkan keracunan makanan.

Lalu, Salmonella adalah jenis bakteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya salmonellosis alias infeksi Salmonella di saluran usus. 

Penyakit itu dapat menular melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri Salmonella.

Adapun Escherichia coli adalah bakteri yang dapat ditemukan di dalam usus besar manusia dan hewan. Jika bakteri ini mengontaminasi makanan dan air yang kamu konsumsi, maka infeksi saluran cerna dapat terjadi.

3. Antijamur

Tidak hanya bakteri, daun belalai gajah berfungsi untuk melawan jamur seperti Candida albicans. Candida albicans adalah jamur yang dapat menginfeksi kulit, mulut, dan organ intim. 

Mikroorganisme itu juga dapat menyebar lewat aliran darah dan merusak bagian tubuh lain, seperti usus, ginjal, jantung, hingga otak.

4. Mengobati Disuria

Ilustrasi Infeksi Saluran Kemih pada Pria

Disuria atau rasa nyeri seperti terbakar atau panas saat buang air kecil biasanya disebabkan oleh infeksi saluran kemih. Daun belalai gajah yang memiliki potensi antimikroba dianggap dapat membantu mengatasi kondisi ini. 

Namun, efektivitasnya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Artikel lainnya: Tanda Infeksi Saluran Kencing pada Wanita

5. Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan di dalam tubuh. Radikal bebas dapat mencetuskan berbagai penyakit kronis berbahaya, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker. 

Manfaat daun belalai gajah dianggap berpotensi melawan radikal bebas.

6. Antioksidan

Daun belalai gajah berfungsi untuk mengurangi risiko kerusakan sel dan jaringan akibat radikal bebas. 

Khasiat ini berasal dari perannya sebagai antioksidan kuat, tepatnya dari kandungan petroleum eter, alkaloid, flavonoid, dan flavon di dalam daun belalai gajah.

7. Mengontrol Gula Darah

Kandungan di dalam daun belalai gajah dianggap berpotensi mengelola diabetes, karena dapat membantu menjaga gula darah agar tetap normal. 

Namun, manfaat daun belalai gajah untuk diabetes ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

8. Mengatasi Racun Bisa Ular

Racun bisa ular sangatlah berbahaya karena dapat menghancurkan sel dan jaringan, serta menyebabkan kelumpuhan, perdarahan dalam, hingga kematian. 

Cara kerja daun belalai gajah sebagai anti-racun ular dikaitkan dengan sifat anti-sel lisis dan sifat penghambat transmisi anti-neuromuskular di dalamnya. 

Artikel lainnya: 10 Pertolongan Pertama pada Korban Gigitan Ular

Dengan begitu, daun belalai gajah berfungsi untuk mengatasi gigitan ular, juga kalajengking.

Penting untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan atau mengonsumsi produk daun belalai gajah ataupun herbal jenis apa pun. 

Pakai fitur Tanya Dokter untuk cek keamanan obat langsung dengan dokter. Dapatkan fakta kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter, #JagaSehatmu!

(FR/JKT)

Obat alamiherbaldaun belalai gajah

Konsultasi Dokter Terkait