Kesehatan Umum

Ini Alasan Saat Bersin Mata Kita Tertutup

Zahra Aminati, 24 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tanpa disadari, kita selalu bersin dengan keadaan mata tertutup. Kira-kira apa yang menyebabkannya? Cari tahu di sini.

Ini Alasan Saat Bersin Mata Kita Tertutup

Bersin merupakan reaksi dari tubuh yang paling umum dan dialami oleh siapa saja. Bersin adalah refleks dari tubuh untuk menghilangkan debu atau serbuk sari yang masuk ke hidung dan tenggorokan.

Namun, tanpa disadari, kita selalu bersin dengan keadaan mata tertutup. Apa yang menyebabkan mata tertutup saat bersin? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengapa Mata Kita Tertutup saat Bersin?

Bersin dikenal sebagai refleks sternutasi yang bertujuan untuk mencegah partikel asing masuk ke saluran hidung dengan cara menghembuskan napas kencang.

Menurut penelitian yang dimuat di Jurnal PLoS ONE tahun 2013, kecepatan hembusan angin saat seseorang bersin adalah sekitar 4,5 meter per detik atau 10 mph.

Aktivitas bersin akan mengalami peningkatan ketika kita alergi atau pilek. Pemicu lainnya adalah debu, kotoran, semprotan hidung, hingga paparan cahaya terang tiba-tiba dan udara dingin.

“Seseorang mungkin bersin saat menghirup udara dingin, karena lendir hidung kita mengering dan bisa pecah. Hal ini memicu respons yang sama pada saraf di hidung kita seperti iritasi umum, misalnya karena debu,” ujar dr. Tim Mynes, DO, dokter IGD di MedExpress Urgent Care.

Saat tubuh mengirimkan sinyal tanda partikel asing masuk ke hidung, terjadi kontraksi otot dari esofagus ke otot sfingter yang diperintahkan oleh batang otak.

Otot-otot yang berkontraksi itu pun termasuk sejumlah otot yang mengendalikan kelopak mata. Ini pula yang menyebabkan beberapa orang bisa meneteskan mata ketika bersin.

Dokter Devia Irine Putri mengatakan bahwa mata yang tertutup saat bersin juga bentuk refleks tubuh. “Ini merupakan refleks tubuh untuk melindungi mata dari percikan partikel yang keluar saat bersin,” jelasnya.

Hal tersebut diungkapkan pula oleh dr. David Huston, ahli alergi di Houston Methodist Hospital. Menurutnya, kelopak mata yang tertutup secara otomatis ketika bersin bermanfaat untuk mencegah lebih banyak iritan yang masuk ke mata.

Artikel Lainnya: Bahaya Tersembunyi di Balik Debu

Jika Bersin dengan Mata Terbuka

Lantas, apa yang terjadi jika kita bersin dalam keadaan mata terbuka? Banyak yang beranggapan bahwa bersin dalam keadaan mata terbuka dapat menyebabkan bola mata keluar.

Namun, dr. Huston menyanggah anggapan tersebut, karena belum ada bukti ilmiah yang mendukungnya.

Ia pun menambahkan bahwa tekanan pada area mata yang dihasilkan ketika bersin tidak mungkin menyebabkan bola mata keluar.

Di samping itu, bersin sambil mempertahankan kelopak mata terbuka juga sangat sulit dilakukan, meski bukan hal yang mustahil.

Namun, sebaiknya tetap pertahankan reaksi alam yang ditimbulkan dari bersin untuk menghindari efek buruk bagi tubuh Anda. Bersin juga jangan dilakukan terlalu keras untuk menghindari penumpukan tekanan pada pembuluh darah.

Peningkatan tekanan vaskuler tersebut dapat menyebabkan pecahnya kapiler (pembuluh darah kecil) yang kemudian memunculkan bercak-bercak merah di wajah atau bola mata.

Artikel Lainnya: Sering Tertukar, Ini Perbedaan Gejala Flu dan Pilek Biasa

Adapun anjuran bersin yang dikeluarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), di antaranya:

  • Tutup mulut dan hidung ketika Anda batuk atau bersin dengan tisu atau saputangan.
  • Buang tisu bekas ke tempat sampah. Bila menggunakan saputangan, simpan saputangan dengan benar jangan taruh sembarangan.
  • Ketika tidak memiliki tisu, bersin ke siku Anda, bukan ke telapak tangan.
  • Jangan lupa selalu mencuci tangan menggunakan air mengalir dengan sabun setelah bersin.
  • Jika tidak ada air atau sabun, gunakan hand sanitizer untuk menghilangkan bakteri dan kuman.

Chat langsung dengan dokter seputar masalah kesehatan lainnya lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(PUT/AYU)

Referensi:

  • Med Express. Diakses 2022. Sneezes: here’s exactly what happens when you sneeze—and why.
  • Live Science. Diakses 2022. Why do my eyes close when I sneeze?
  • PLOS ONE. Diakses 2022. Airflow Dynamics of Human Jets: Sneezing and Breathing - Potential Sources of Infectious Aerosols.
  • Centers for Disease Control and Prevention. Diakses 2022. Coughing and Sneezing.
  • Wawancara Devia Irine Putri
Kesehatan MataBersin

Konsultasi Dokter Terkait