Perawatan Wanita

Penyebab Pingsan saat Haid yang Mesti Diwaspadai Wanita

Endah Murniaseh, 20 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Wanita bisa saja pingsan saat haid. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor terkait datang bulan yang dialami. Cek penyebab pingsan saat menstruasi lewat fakta berikut!

Penyebab Pingsan saat Haid yang Mesti Diwaspadai Wanita

Beberapa wanita lebih mudah pingsan saat haid. Kondisi ini mungkin membuat Anda bertanya-tanya, adakah pengaruh datang bulan sehingga bikin wanita lebih rentan pingsan? 

Pingsan terjadi saat otak mengirimkan sinyal ke tubuh bahwa asupan oksigen organ vital tersebut tidak terpenuhi. 

Menurut dr. Theresia Rina Yunita, otak sangat sensitif terhadap kadar oksigen. Oleh karena itu, sistem tubuh selalu bekerja untuk memastikan organ tersebut mendapatkan oksigen yang dibutuhkan. 

Selain itu, pingsan juga bisa terjadi karena refleks yang membuat saraf vagus mengirimkan sinyal ke otak. Sinyal ini menyebabkan detak jantung dan tekanan darah menurun cepat. Pada perempuan, haid bisa menyebabkan kondisi tersebut.

Secara garis besar, terdapat tiga faktor utama mengapa haid atau menstruasi dapat menyebabkan pingsan: 

1. Haid Terasa Menyakitkan

Dismenore primer atau nyeri parah saat haid dapat meningkatkan produksi prostaglandin dalam tubuh. Prostaglandin merupakan hormon yang bermanfaat untuk meringankan rasa sakit.

Akan tetapi, peningkatan prostaglandin bisa membuat pembuluh darah melebar. Di saat yang sama, tekanan darah juga akan menurun. Hal ini bisa memicu respons tubuh yang membuat Anda pingsan.

2. Darah Haid Terlalu Banyak (Menorrhagia)

Penebalan endometrium di rahim bisa menyebabkan darah menstruasi atau haid keluar terlalu banyak. Di saat bersamaan, wanita juga mungkin merasa kesakitan atau bahkan demam. Kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko pingsan saat datang bulan.

Selain itu, berdasarkan dr. Theresia Rina, jumlah darah menstruasi yang terlalu banyak juga dapat memicu anemia. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai gejala, yang salah satunya adalah penurunan kesadaran atau pingsan.

3. Perubahan Hormon

Selama datang bulan, hormon tubuh berada dalam kadar terendah. Kondisi ini bisa menyebabkan hal-hal sebagai berikut:

  • Hipoglikemia

Sensitivitas insulin yang disebabkan oleh perubahan hormonal saat haid bisa membuat kadar gula darah rendah atau hipoglikemia

Saat kadar gula darah terlalu rendah, Anda pingsan karena adanya respons vasovagal atau refleks yang membuat jantung melambat dan pembuluh darah melebar.

Artikel lainnya: Benarkah Perubahan Hormon Saat Haid Bisa Picu HIV?

  • Pergerakan Cairan 

Rendahnya kadar hormon saat haid datang bulan membuat cairan tubuh berpindah dari aliran darah ke jaringan tubuh. Kondisi ini bisa memicu pembengkakan pada kaki, hingga menurunnya aliran darah.

Saat cairan dalam darah sedikit, tubuh kesulitan untuk menyesuaikan kondisinya. Hal ini dapat membuat tekanan darah menurun, khususnya saat bergerak atau berdiri. Dalam beberapa kasus, kondisi tersebut pun bisa menyebabkan pingsan.

  • Postural Orthostatic Tachycardia (POTS)

POTS merupakan gangguan pada sistem saraf, yang tidak mampu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Pergerakan cairan tubuh saat menstruasi akan memperburuk kondisi penderita POTS. 

Gejala POTS, misalnya kelelahan, pusing, dan pingsan. Gejala ini akan meningkat selama menstruasi.

Itulah penyebab pingsan saat datang bulan. Anda bisa memperbaiki pola hidup dan mengonsumsi obat pereda nyeri yang disarankan oleh dokter untuk meminimalkan risiko pingsan saat menstruasi. 

Agar lebih jelas dan tidak salah langkah dalam mencegah kemungkinan pingsan saat haid, Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter

(NB/JKT)

Referensi:

Verywell Health. Diakses 2022. WHy You May Faint During Your Period?

Hormone Health Network. Diakses 2022. WHat is Prostaglandin?

Medicine Net. Diakses 2022. Medicine Definition of Vasovagal Reaction

Ditinjau oleh dr. Theresia Rina Yunita

Haidpingsan

Konsultasi Dokter Terkait