Seks

Intip Gaya Berhubungan Seks untuk Mengatasi Stres

Endah Murniaseh, 20 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Seks dan stres merupakan dua hal yang saling berkaitan. Ketahui gaya atau posisi seks yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres.

Intip Gaya Berhubungan Seks untuk Mengatasi Stres

Berhubungan seks diketahui dapat atau meredakan stres. Bahkan, melakukan hubungan seks dengan posisi tertentu disebut-sebut mampu mencapai orgasme, plus mengurangi tingkat stres seseorang.

Dokter Dyah Novita Anggraini menjelaskan, “Posisi seks sampai mencapai tahap orgasme bisa meningkatkan hormon penangkal stres sehingga stres bisa berkurang.”

Posisi Seks untuk Mengatasi Atasi Stres

Ada empat posisi seks yang bisa dicoba untuk mengatasi stres, berikut daftarnya dilansir dari VeryWell:

1. Misionaris

Gaya seks klasik ini dilakukan dengan memosisikan pasangan wanita berbaring dan pasangan pria melakukan penetrasi penis dari atas. Posisi ini cenderung dinikmati saat berhubungan seksual karena gerakannya cukup santai dan nyaman.

Ketika nyaman, Anda akan menikmati seks dan jadi lebih mudah mengalami orgasme. Orgasme dapat melepaskan hormon yang membantu mengatasi stres.

Artikel Lainnya: Tips Agar Hubungan Seks Saat Liburan Jadi Maksimal!

2. Berdiri

Posisi seks ini dilakukan kedua pasangan dengan cara berdiri. Pasangan bisa menghadap dinding dan menjaga keseimbangan tubuhnya dengan meletakkan tangan atau lengan ke dinding.

Selanjutnya, pasangan pria bisa memulai penetrasi penis dari bagian belakang. Posisi ini dapat membuat Anda berkeringat sehingga bisa mengurangi stres. Untuk memudahkan penetrasi, pasangan wanita bisa bersandar di dinding atau pintu.

3. Doggy Style

Posisi ini dilakukan dengan menempatkan tubuh wanita tengkurap dan menekuk kedua kaki atau seraya menungging.

Untuk mengurangi tekanan di pinggul, Anda bisa meletakkan bantal di bawah perut. Selanjutnya, pasangan pria bisa melakukan penetrasi dari belakang sambil berdiri atau sedikit membungkuk.

Saat menerapkan posisi ini, pasangan pria bisa mengontrol permainan di ranjang sehingga terjadi pelepasan stres di dalam tubuh.

Sementara itu, pasangan wanita tidak perlu pusing mengambil kendali saat berhubungan seks. Ditambah, saat melakukan posisi doggy style, wanita dapat dirangsang secara internal dan eksternal secara bersamaan.

Hal ini memicu orgasme yang lebih kuat serta meningkatkan kadar hormon endorfin yang bisa melepaskan stres.

Artikel Lainnya: Tips Aman Berhubungan Seks di Air Sesuai Lokasi

4. Spooning atau Menyendok

Gaya seks ini dilakukan dengan berbaring miring sambil memeluk pasangan. Pasangan pria bisa meletakkan tangannya di pinggang pasangan wanita sembari melakukan penetrasi

Karena posisi seks ini mengedepankan keintiman, Anda dan pasangan akan menjadi sangat dekat.

Bahkan, melakukan spooning tanpa melakukan penetrasi juga bisa membuat Anda dan pasangan merasa relaks serta nyaman. Tidak heran posisi ini membuat tingkat stres jadi menurun.

Selain Posisi, Komunikasi Juga Penting Dilakukan

Menurut dr. Dyah Novita, semua posisi seks bisa mengurangi stres asalkan disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing.

Tidak hanya itu, komunikasi juga penting dilakukan agar saling mengetahui posisi seks mana yang memberikan kenyamanan serta kenikmatan untuk Anda dan pasangan.

Selain itu, pastikan Anda dan pasangan melakukan foreplay yang cukup agar terangsang dan saling menyetujui posisi seks yang hendak dilakukan.

Berhubungan seks memang bisa membantu mengurangi stres, namun penting juga bagi Anda untuk mengetahui teknik manajemen stres yang lain, misalnya dengan tidur cukup, berlatih yoga, atau bertamasya bersama pasangan.

Konsultasikan masalah kesehatan, termasuk stres kepada psikiater ataupun psikolog melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

Referensi:

Verywell Mind. Diakses 2022. 8 Sex Positions That Can Reduce Stress

Archives of Sexual Behavior. Diakses 2022. In the Mood for Love or Vice Versa?

Exploring the Relations Among Sexual Activity, Physical Affection, Affect, and Stress in the Daily Lives of Mid-Aged Women

Verywell Mind. Diakses 2022. What You Should Know About the Clitoris

Ditinjau oleh  dr. Dyah Novita

berhubungan intimStresSeks

Konsultasi Dokter Terkait