Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKulitMengungkap Manfaat Safflower Oil untuk Kulit
Kulit

Mengungkap Manfaat Safflower Oil untuk Kulit

Zahra Aminati, 18 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Safflower adalah jenis bunga yang disebut memiliki manfaat kesehatan. Herbal ini pun diyakini bisa menghasilkan minyak yang bermanfaat untuk kulit. Apa saja manfaatnya?

Mengungkap Manfaat Safflower Oil untuk Kulit

Tahukah Anda tentang tumbuhan bermana safflower? Tumbuhan dengan nama ilmiah Carthamus tinctorius ini dikenal dengan bunganya yang berwarna kuning cerah dan jingga. 

Tumbuhan Safflower dapat diolah agar berubah bentuk menjadi minyak. Banyak yang bilang, manfaat safflower oil dapat meningkatkan kesehatan kulit, khususnya jika diaplikasikan secara rutin dan teratur.

Lantas, apa saja khasiat safflower oil untuk kulit? Adakah kemungkinan efek samping yang bisa terjadi akibat penggunaannya? Yuk, cari tahu!

Manfaat Safflower Oil untuk Kesehatan Kulit

Beberapa manfaat yang disebut-sebut dapat diberikan oleh minyak safflower kepada kulit, antara lain:

  1. Mencegah Kerusakan Kulit Akibat Ultraviolet

Safflower oil dikenal memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi kulit. Hal tersebut berasal dari vitamin E, dan unsur flavonoid yang unik di dalamnya. 

Artikel Lainnya: Menyingkap Manfaat Emas untuk Kesehatan Kulit

Studi tahun 2020 yang dimuat dalam jurnal National Library of Medicine (PubMed) menyebut, safflower seed oil (minyak biji safflower) dapat membantu menghambat kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet B (UVB).

Para peneliti juga memaparkan bahwa safflower oil berpotensi sebagai agen antipenuaan.

  1. Antijamur dan Antimikroba Alami

Pada studi yang tercatat di Journal of Microbiology and Biotechnology, para peneliti menyebut bahwa safflower oil memiliki komponen antijamur dan antimikroba alami. 

Sifat-sifat tersebut diyakini dapat membantu mengobati permasalahan kulit, seperti eksem.

  1. Memberikan Kelembapan pada Kulit

Safflower oil mengandung kombinasi asam lemak omega 3, 6, dan 9. Kandungan tersebut diyakini dapat memberikan efek melembapkan dan menenangkan kulit, sekaligus antiradang.

  1. Baik untuk Menangkal Jerawat di Kulit

Menurut dr. Reza Fahlevi Sp.A, safflower oil baik untuk mengatasi jerawat, karena dapat melapisi bagian barrier kulit. 

“Minyak dari tumbuhan tersebut juga bisa bersifat antiradang, sehingga baik untuk kulit yang berjerawat,” ujar dr. Reza. 

Artikel Lainnya: Manfaat Zaitun, dari Urusan Kecantikan Hingga Mencegah Kanker

Efek Samping Minyak Safflower pada Kulit

Umumnya, minyak safflower dapat ditoleransi kulit dengan sangat baik. Namun, seperti perawatan kulit lainnya, reaksi alergi bisa saja terjadi. 

Jika memiliki alergi terhadap krisan, marigold, aster, atau tanaman sejenis, sebaiknya hindari penggunaan safflower oil.

Bila masih ragu, Anda bisa mencari tahu ada/tidaknya alergi terhadap minyak alami tersebut dengan cara melakukan uji tempel pada kulit.

Gunakan sejumlah kecil produk safflower oil di lengan Anda dan tunggulah selama 24 hingga 48 jam untuk melihat reaksi yang muncul. 

Bila tidak mengalami ruam atau iritasi, Anda bisa menggunakan safflower oil dengan aman. 

“Untuk penggunaan pastinya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kulit guna menghindari efek samping yang merugikan,” tegas dr. Reza.

Artikel Lainnya: Menyingkap Manfaat Bunga Teratai untuk Mengatasi Jerawat

Cara Menggunakan Safflower Oil untuk Kulit

Penelitian mengenai efektivitas safflower untuk kulit masih terbatas. Namun, tak ada salahnya jika Anda ingin mencoba mengaplikasikan minyak ini pada kulit setelah memastikan tidak adanya reaksi merugikan.

Untuk penggunaannya, safflower oil dapat dioleskan secara topikal pada kulit berjerawat dan dibiarkan semalaman. 

Anda juga bisa membuat masker dari safflower oil. Caranya adalah dengan mencampurkan minyak safflower dengan oatmeal dan madu. 

Oleskan campuran tersebut ke seluruh bagian wajah yang terjangkau. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih setelahnya. 

Apakah Anda tertarik dengan manfaat minyak safflower untuk kulit? Jika ya dan berkehendak untuk mencobanya sendiri, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. 

Anda hanya ingin merasakan manfaat tanpa disertai efek samping yang merugikan, bukan?

Anda bisa mencari tahu fakta kesehatan lainnya dengan berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

Referensi:

  • Wawancara dr. Reza Fahlevi Sp.A.
  • Healthline. Diakses 2022. Is Safflower Oil Good for My Skin?
  • Byrdie. Diakses 2022. Safflower Oil for Acne: Benefits and How to Use.
  • Journal of Microbiology and Biotechnology. Diakses 2022. Safflower Seed Oil and Its Active Compound Acacetin Inhibit UVB-Induced Skin Photoaging. 2020.
kulitherbalJerawat

Konsultasi Dokter Terkait