HomeInfo SehatTHTRekomendasi Herbal untuk Mengatasi Sinusitis
THT

Rekomendasi Herbal untuk Mengatasi Sinusitis

Aditya Prasanda, 23 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sinusitis dapat diredakan dengan beberapa herbal. Simak 4 pilihan obat sinusitis alami dan manfaatnya di sini.

Rekomendasi Herbal untuk Mengatasi Sinusitis

Sinusitis merupakan kondisi meradangnya lapisan sinus, yaitu rongga-rongga kecil yang saling terhubung dengan saluran udara di dalam tulang tengkorak. 

Sinusitis menyebabkan penderitanya mengalami gejala berupa hidung tersumbat, pilek, dan nyeri di sekitar wajah.

Guna meminimalkan gejalanya, kondisi tersebut dapat diatasi menggunakan obat sinusitis alami. Herbal untuk sinusitis yang dimaksud antara lain teh herbal, bawang putih, minyak kayu putih, dan peppermint.

Seperti apa mekanisme herbal untuk mengobati sinusitis? Yuk, cari tahu di bawah ini:

1. Teh Herbal

Berdasarkan New York Sinus Center, Amerika Serikat, menghirup uap teh herbal dapat membantu meredakan peradangan di lapisan sinus. 

Teh herbal dapat diracik dari daun mullein, chamomile, comfrey, marshmallow, dan fenugreek. Obat alami ini mengandung senyawa antimikroba yang dapat melegakan sistem pernapasan. 

Agar khasiatnya optimal, seduh teh herbal bersama irisan jahe dan lemon. Jahe dan lemon mengandung antimikroba yang membantu mengencerkan lendir dan mengurangi hidung tersumbat akibat sinusitis.

2. Peppermint

Peppermint merupakan herbal untuk sinusitis yang cukup populer. Manfaat peppermint dalam meredakan radang sinus berasal dari kandungan senyawa mentol di dalamnya.

Menthol memiliki efek antispasmodik (merelaksasi otot polos) yang bermanfaat membuka aliran udara pada hidung tersumbat. Khasiat ini dapat diperoleh dengan menghirup secara langsung aroma minyak peppermint.

3. Bawang Putih

Disampaikan dr. Reza Fahlevi, bawang putih dapat digunakan untuk mengatasi kondisi radang, termasuk sinusitis. Pasalnya, herbal ini mengandung senyawa yang memiliki efek antioksidan, antibakteri, dan anti-peradangan.

Bawang putih juga kaya akan vitamin C dan sulfur yang bermanfaat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. 

Mengonsumsi bawang putih rutin dapat meminimalkan risiko infeksi sinus dan mempercepat pemulihan penderita sinusitis. 

Khasiat ini diperoleh dengan menyantap bawang putih secara langsung, ataupun meminum pil suplemen dengan kandungan tersebut setiap hari.

“Hanya saja, cara penggunaan dan dosis bawang putih yang efektif untuk sinusitis perlu diteliti lebih lanjut,” kata dr. Reza. 

Selain itu, bawang putih tidak boleh dikonsumsi sembarangan, utamanya bagi penderita sinusitis dengan gangguan pencernaan

Bawang putih dapat menyebabkan efek samping berupa naiknya asam lambung. Faktor risiko ini meningkat bila orang dengan kondisi tersebut mengonsumsi satu siung bawang putih.

Artikel Lainnya: Obat Herbal, Benarkah Lebih Baik daripada Obat Kimia?

4. Minyak Kayu Putih

Obat alami sinusitis berikutnya yaitu minyak kayu putih. Minyak herbal ini mengandung cineole alias eucalyptol, komponen yang berperan menciptakan aroma khas kayu putih.

Kandungan tersebut juga bermanfaat memberikan efek relaksasi pada pernapasan. 

Pasalnya, eukaliptol dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan saluran hidung, sehingga memungkinkan lebih banyak oksigen masuk ke paru-paru. Pada gilirannya, hal ini membantu melegakan napas penderita sinusitis. 

Menurut studi University of Michigan, AS, cineole dapat mempercepat pemulihan sinusitis akut. Khasiat ini diperoleh dengan menghirup secara langsung minyak esensial kayu putih.

Itu dia sederet manfaat obat alami sinusitis. Mengobati peradangan sinus menggunakan herbal boleh-boleh saja. Namun ingat, herbal merupakan pengobatan komplementer. 

Untuk mengobati sinusitis secara menyeluruh, dr. Reza menyarankan agar penderita sinusitis mengonsultasikan penyakitnya kepada dokter umum atau dokter THT, sehingga penanganannya tepat.

Jika ingin bertanya lebih lanjut seputar cara mengobati sinusitis, gunakan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(FR/JKT)

Referensi:

Garden Collage Magazine. Diakses 2022. 5 Natural Remedies for a Sinus Infection.

Medical News Today. Diakses 2022. Everything you need to know about sinusitis.

Ditinjau oleh dr. Reza Fahlevi

herbalSinusSinusitis