Sukses

Manfaat Menggunakan Belly Band Saat Hamil

Banyak ibu yang menggunakan belly band saat hamil. Lantas, apa saja manfaat yang didapatkan ibu hamil saat menggunakan sabuk ini?

Seiring bertambahnya usia kehamilan, perut ibu hamil akan terus membesar. Hal ini dapat menyebabkan ibu hamil mengalami nyeri hingga rasa tidak nyaman lainnya di bagian perut. Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa ibu hamil memilih menggunakan belly band.

Belly band bentuknya seperti sabuk yang berfungsi menopang atau menyangga perut dan punggung bagian bawah saat masa kehamilan. Alat ini terbuat dari kain, mirip korset, dan beberapa bahan produk ini dirancang dapat menyerap keringat. 

Selain itu, sabuk penyangga perut ini juga berperan sebagai lapisan yang membantu menutupi area kulit yang terbuka saat perut ibu semakin membesar. Lalu, apa saja manfaat belly band untuk kehamilan? 

1 dari 3 halaman

Manfaat Penggunaan Belly Band

Berikut adalah sejumlah manfaat menggunakan sabuk penyangga atau belly band pada ibu hamil:

1. Mengurangi Nyeri Perut Saat Hamil

Menurut dr. Sara Elise Wijono, M.Res, belly band dapat membantu mengurangi nyeri punggung bawah atau pinggang.

“Penggunaan belly band bisa bermanfaat karena bantu support perut yang semakin membesar,” kata dr. Sara.

Artikel Lainnya: Mengenal Gym Ball dan Manfaatnya untuk Ibu Hamil

2. Beraktivitas Jadi Lebih Nyaman

Belly band dapat menopang rahim dan mengurangi rasa ketidaknyamanan di perut selama ibu hamil beraktivitas. 

Menggunakan belly band saat olahraga juga membuat ibu hamil jadi lebih nyaman. Tekanan lembut dari sabuk kehamilan ini membantu menopang rahim dan mengurangi ketidaknyamanan selama ibu bergerak aktif. 

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Beban di perut serta meregang dan melemahnya otot punggung bagian bawah dapat membuat postur ibu hamil membungkuk. 

Kondisi ini dapat diatasi dengan penggunaan belly band. Alat ini dapat menopang punggung bagian bawah dan bagian inti tubuh sehingga postur tubuh ibu hamil jadi lebih baik.

4. Menurunkan Risiko Terjatuh

Melansir dari Medical News Today, sabuk penyangga perut ibu hamil ini dapat menstabilkan bagian panggul dan meningkatkan keseimbangan tubuh.

Oleh karena itu, penggunaan belly band dapat membantu mencegah ibu hamil terjatuh akibat tubuhnya yang tidak seimbang.

Artikel Lainnya: Gerakan Senam Ibu Hamil untuk Melancarkan Persalinan

5. Masih Bisa Digunakan Setelah Melahirkan

Saat hamil, otot serta ligamen di sekitar perut akan mengalami peregangan. Butuh waktu lama untuk mengembalikan otot perut ke keadaan normal setelah si kecil lahir.

Pemakaian sabuk kehamilan ini dapat mengurangi otot perut yang terlalu meregang. Karena belly band dapat memberikan topangan di perut dan punggung bagian bawah. 

Manfaat lain penggunaan belly band setelah melahirkan adalah membantu memperkuat otot perut jika dikombinasikan dengan olahraga.

2 dari 3 halaman

Ketahui Juga Kelemahan Belly Band

Kendati memiliki manfaat bagi kehamilan, Anda harus memerhatikan kekurangan yang dimiliki alat ini. Kelemahan tersebut di antaranya tidak bisa menahan beban perut dengan baik. 

Selain itu, tidak semua produk belly band memiliki trim atau penyangga khusus yang berguna menahan perut. Sabuk ini juga bisa mengerut atau terpelintir karena terlalu elastis.

Manfaat belly band masih belum terlalu jelas karena baru sedikit penelitian yang mengamati manfaat sabuk untuk ibu hamil ini. 

Melansir dari Healthline, terlalu lama memakai sabuk ini dapat memberikan tekanan pada perut dan berisiko mengganggu sirkulasi darah.

Jika aliran darah terganggu, ibu hamil bisa mengalami gangguan tekanan darah serta memicu mulas dan gangguan pencernaan.

Jika ingin menggunakan belly band, cobalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. 

Agar lebih praktis, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

Referensi:

Healthline. Diakses 2022. The 5 Reasons You Need a Pregnancy Belly Band

Medical News Today. Diakses 2021. What are the benefits of Belly Bands and Belts?

Ditinjau oleh dr. Sara Elise Wijono, M.Res

1 Komentar