Kesehatan Mental

Ketahui Persiapan Saat Menjalani Perawatan Depresi

Tri Yuniwati Lestari, 17 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ketahui hal apa saja yang diperhatikan atau dibutuhkan ketika akan atau sedang menjalani perawatan depresi lewat artikel ini.

Ketahui Persiapan Saat Menjalani Perawatan Depresi

Jika belakangan ini Anda sering merasa tertekan atau mengalami tanda-tanda depresi, segera cari bantuan profesional seperti psikolog atau psikiater. Jangan tunda perawatan depresi untuk menghindari gejalanya semakin buruk.

Namun, sebagian orang orang mungkin bingung, hal apa saja yang perlu dipersiapkan saat akan menjalankan pengobatan depresi. Jika Anda salah satu calon pasien depresi, sejumlah tips berikut ini mungkin bisa membantu.

1. Niat dan Kesiapan untuk Sembuh

Dijelaskan oleh Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog, hal pertama yang perlu disiapkan untuk pengobatan depresi adalah niat dan kesiapan menjalankan pengobatan yang diberikan oleh terapis Anda.

“Pertama, perlu memastikan diri untuk menjalani perawatan tersebut, bukan hanya karena pengarahan orang lain,” ucap Psikolog Gracia.

2. Memilih Terapis Terpercaya

Menemukan terapis yang dapat Anda percaya untuk mengobati depresi yang dialami memang tidaklah mudah. Namun, Anda bisa meminta rekomendasi dari orang atau teman dekat yang dipercaya atau pernah menjalani terapi sebelumnya.

Bisa juga dengan melihat ulasan di internet mengenai lembaga pelayanan kesehatan mental yang akan Anda datangi. Kemudian, cari tahu terapis yang akan menangani depresi Anda.

Pasalnya, dilansir dari WebMD, pengobatan depresi tidak akan berjalan maksimal jika Anda tidak menyukai terapis atau terapi yang diberikan olehnya. Oleh sebab itu, penting memilih terapis yang Anda percaya agar proses perawatan berjalan lancar.

3. Memahami Proses Pengobatan

Setelah menemukan biro layanan kesehatan mental, maka selanjutnya adalah memahami semua proses terapi yang akan dijalani.

“Memahami proses pengobatan depresi sangatlah penting. Anda bisa tanya kepada psikolognya tentang gambaran treatment plan. Kemudian, tanyakan semua hal yang ingin Anda ketahui sebelum terapi dimulai,” ucap Psikolog Gracia.

Pasalnya, terapis atau psikiater menggunakan banyak pendekatan yang berbeda dalam mengobati gejala depresi. Beberapa fokus pada praktik, beberapa lainnya dapat menyelidiki peristiwa dari masa lalu yang mungkin berperan dalam depresi Anda.

Artikel Lainnya: Tidak Sama, Ini Perbedaan Fobia dan Trauma Menurut Psikolog

4. Membuat Jurnal

Melacak perubahan suasana hati dalam buku harian juga dapat membantu terapis dalam mengobati depresi Anda. Cobalah membuat jurnal ini setiap hari yang isinya, antara lain:

  • Bagaimana perasaan Anda hari ini?
  • Apa saja gejala depresi hari ini?
  • Berapa banyak tidur yang Anda dapatkan malam sebelumnya?
  • Apakah Anda meminum obat yang diberikan terapis?
  • Kemudian tuliskan setiap peristiwa apa pun yang mungkin memengaruhi suasana hati Anda.

Bawa jurnal tersebut untuk ditunjukkan pada dokter dan terapis. Lewat jurnal yang dibuat selama beberapa minggu atau bulan, Anda akan melihat pola perubahan suasana hati yang tidak pernah disadari sebelumnya.

5. Menginfokan pada Orang Terdekat

Sangatlah penting menginformasikan perawatan depresi yang Anda jalani kepada orang terdekat, seperti anggota keluarga dan sahabat. Mereka dapat menjadi support system yang Anda butuhkan selama menjalani pengobatan.

“Jika memungkinkan, Anda dapat mengajak orang terdekat untuk mendapatkan info gambaran tentang treatment pengobatan depresi dari psikolog atau psikiater yang menangani Anda,” jelas Psikolog Gracia.

Namun, Anda juga perlu berhati-hati dalam menyampaikannya. Pastikan Anda bercerita kepada orang yang benar-benar dapat dipercaya dan akan memberi dukungan.

Artikel Lainnya: Berteman dengan Klien, Apakah Melanggar Kode Etik Psikolog?

6. Percaya pada Proses yang Dijalankan

Selama Anda menjalani pengobatan depresi, percayalah bahwa proses yang dilakukan adalah kunci kesembuhan. Diungkapkan oleh Psikolog Gracia, pengobatan depresi mungkin akan memakan waktu dan tenaga.

Akan ada masanya Anda merasa pengobatan depresi yang diberikan sangat berhasil. Tetapi, ada kalanya Anda juga akan merasa terapi yang dilakukan tidak berhasil mengatasi gejala depresi yang dirasakan.

“Selama pengobatan pasti, akan ada masanya ups and downs. Namun, Anda perlu menyadari bahwa itu adalah hal yang normal. Ingat kembali niat awal Anda mencari pertolongan, sehingga tidak mudah menyerah atau pasrah,” tambah Psikolog Gracia.

7. Konsisten

Seperti yang dijelaskan di atas, pengobatan depresi mungkin akan memakan waktu dan tenaga Anda. Oleh sebab itu, cobalah untuk tetap konsisten dalam menjalani penanganannya, seperti rutin terapi dan minum obat, serta menjalankan saran-saran yang diberikan di luar jam terapi.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan saat akan menjalani perawatan atau terapi depresi. Jika ingin mencoba berkonsultasi online dengan psikolog, gunakan fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(PUT/JKT)

Referensi:

WebMd. Diakses 2022. Depression: Finding a Doctor or Therapist.

WebMd. Diakses 2022. Staying With Your Depression Treatment Plan.

Better Health. Diakses 2022. Depression - treatment and management.

Ditinjau oleh Gracia Ivonika, M.Psi.

Depresi

Konsultasi Dokter Terkait