HomeInfo SehatPencernaanCara Mengatasi Sembelit saat Haid
Pencernaan

Cara Mengatasi Sembelit saat Haid

Zahra Aminati, 08 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Wanita sering mengalami sulit buang air besar atau sembelit saat haid. Ketahui penyebab dan cara mengatasi sembelit saat haid di sini.

Cara Mengatasi Sembelit saat Haid

Saat haid, wanita kerap merasakan berbagai perubahan di tubuhnya. Salah satu kondisi yang dapat terjadi saat haid adalah sembelit. Sembelit ditandai ketika frekuensi buang air besar (BAB) menjadi lebih jarang dan terasa sakit.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, sembelit menjelang haid terjadi karena pengaruh hormon. Ketika haid, terjadi peningkatan hormon progesteron yang bertanggung jawab untuk menebalkan dinding rahim. Tingginya kadar progesteron ini dapat menyebabkan masalah di pencernaan, termasuk memicu sembelit. 

Kendati merupakan kondisi yang normal dialami, sembelit perlu diatasi agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut adalah cara mengatasi sembelit saat haid. 

1. Mengonsumsi Makanan Sehat 

Saat mengalami sembelit, Anda wajib mengonsumsi makanan sehat, salah satunya yang mengandung serat. 

Serat, misalnya yang didapat dari konsumsi sayuran, membantu meningkatkan volume feses sehingga membantunya bergerak dengan mudah di dalam sistem pencernaan. 

“Kalau saat haid tidak diimbangi dengan asupan sayur, akan membuat wanita semakin mengalami sembelit,” ujar dr. Dyah.

Beberapa makanan berserat lain yang direkomendasikan oleh Healthline, seperti apel, kacang polong, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau gelap, dan biji-bijian.

2. Perbanyak Minum Air Putih dan Cairan

Sembelit saat haid bisa disebabkan karena asupan cairan yang kurang. Kekurangan cairan dapat membuat pencernaan sulit melunakkan feses. Dampaknya, Anda bisa mengalami sembelit

Selain mengonsumsi air mineral sebanyak 8-12 gelas per hari, Anda juga bisa mencukupi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi sup atau buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka. 

3. Lebih Banyak Bergerak

Ketika haid, tubuh rasanya tidak nyaman dan membuat Anda jadi malas bergerak atau berolahraga. 

Padahal, menggerakkan tubuh atau berolahraga ringan dapat membantu merangsang kontraksi usus untuk mengeluarkan feses. Tidak perlu berolahraga berat, Anda bisa bergerak santai dengan berjalan kaki selama 20 menit ketika mengalami sembelit. 

Bila memungkinkan, lakukan yoga atau pilates yang dapat meringankan nyeri menstruasi dan sembelit. 

Artikel Lainnya: Alasan Wanita Lebih Banyak Kentut saat Menstruasi

4. Jangan Ditahan

Anda dianjurkan untuk tidak menahan BAB ketika perut sudah terasa mulas. Kebiasaan menahan buang air besar akan memperburuk sembelit. Ketika feses siap keluar dan justru tertahan, justru akan mengeras. 

Kebiasaan ini justru dapat memperparah sembelit dan menimbulkan rasa sakit saat feses dikeluarkan. 

5. Gunakan Obat Pencahar

Anda bisa menggunakan obat pencahar yang dijual di apotek tanpa resep dokter. Namun, jika masih ragu atau bingung dengan pilihan obatnya, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter secara langsung menggunakan fitur Live Chat KlikDokter.

Dokter dapat merekomendasikan obat pencahar dan dosisnya sesuai kondisi kesehatan Anda.

Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi KlikDokter

(OVI/JKT)

Referensi:

Cleveland Clinic. Diakses Desember 2021. Here’s the Deal with Period Poops.

Healthline. Diakses Desember 2021. How to Deal with Constipation During Your Period.

MenstruasiSembelitHaid

Konsultasi Dokter Terkait