HomeInfo SehatKankerEfektifkah Test Pack Mendeteksi Kanker Testis?
Kanker

Efektifkah Test Pack Mendeteksi Kanker Testis?

Endah Murniaseh, 16 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Biasa Digunakan untuk mendeteksi kehamilan, test pack disebut-sebut juga bisa membantu deteksi kanker testis. Benarkah demikian?

Efektifkah Test Pack Mendeteksi Kanker Testis?

Test pack merupakan alat yang berfungsi untuk mendeteksi kehamilan. Alat ini bekerja dengan mengukur Human Chorionic Gonadotropin (hCG) dalam tubuh.

Karena itu pula test pack kemudian dikaitkan dengan kemampuan  mendeteksi kanker testis. Sebab, penderita tumor testis akan mengalami peningkatan hCG.

Apabila hasil tes adalah positif, berarti hCG ekstra telah terdeteksi dalam urine. Lantas, apakah test pack akurat untuk mendeteksi kanker testis? Lebih dalam mengenai hal ini, simak ulasan berikut. 

Penggunaan Test Pack untuk Deteksi Kanker Testis

Penggunaan test pack untuk mendeteksi kanker testis sebenarnya telah cukup lama dilakukan. Menurut Journal of Surgical Oncology, penggunaan test pack sebagai alat deteksi penyakit kelamin tersebut telah digunakan sejak tahun 1980-an.

Dalam The American Journal of Emergency Medicine, alat tes kehamilan ini kerap kali digunakan sebagai metode skrining kanker testis.

Biasanya, test pack digunakan ketika ada keterbatasan peralatan tes darah untuk mengecek hCG dan pemeriksaan lain untuk skrining kanker testis.

Namun, menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, alat ini masih belum bisa dijadikan standar untuk deteksi kanker testis. Diagnosis kanker testis masih memerlukan tes tambahan agar lebih akurat.

“Sebenarnya, kanker testis tidak selalu bisa terdeteksi dengan alat tes kehamilan. Karena, tidak semua penderita penyakit tersebut menunjukkan peningkatan hCG,” kata dr. Iqbal.

Artikel Lainnya: Hal yang Perlu Diketahui tentang Pemeriksaan Sperma di Rumah Sakit

Kekurangan dari Penggunaannya

Meskipun mampu mendeteksi kadar hCG yang merupakan salah satu tanda dari kanker testis, penggunaan test pack masih memiliki kekurangan.

Berikut adalah hal yang harus Anda perhatikan ketika menggunakan test pack untuk cek kanker testis, berdasarkan hasil tes yang muncul:

  • Hasil Negatif

Tidak semua penderita kanker testis mengalami peningkatan hCG atau penanda lainnya. Jadi, masih tetap mungkin Anda memiliki kanker atau tumor testis ketika hasil menunjukkan negatif.

  • Hasil Positif

Penggunaan tes kehamilan sering kali menunjukkan hasil positif palsu. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti adanya protein ataupun darah dalam urine, serta konsumsi obat tertentu.

Di samping itu, peningkatan hCG, yang membuat hasil tes positif, juga bisa disebabkan oleh penyakit lain, seperti kanker paru dan lambung. Itulah alasan hasil positif tidak bisa selalu menjadi patokan Anda menderita kanker testis.

Anda disarankan tetap melakukan pemeriksaan testis ke dokter, terutama ketika mengalami kondisi seperti di bawah ini:

  • Ada benjolan ataupun pembengkakan di testis, namun tidak menimbulkan rasa sakit.
  • Nyeri pada perut bagian bawah atau skrotum.
  • Skrotum menjadi berat.

Peningkatan hCG yang merupakan tanda kanker testis memang bisa dilihat lewat test pack. Namun, alat tes kehamilan tetap tidak bisa sepenuhnya diandalkan untuk mendeteksi penyakit kelamin tersebut.

Jika Anda merasa ada keganjilan pada testis atau area sekitarnya, sebaiknya langsung periksakan atau konsultasikan ke dokter. Diagnosis dini oleh ahli akan meningkatkan keberhasilan pengobatan.

(PUT/JKT)

Referensi:

Healthline. Diakses 2022. Can a Home Pregnancy Test Detect Testicular Cancer?

Journal of Surgical Oncology. Diakes 2022. Testicular neoplasm diagnosed by ultrasound.

The American Journal of Emergency Medicine. Diakses 2022. Diagnosis of testicular cancer with a urine pregnancy test in an austere military medical environment.

Medical News Today. Diakses 2022. Pregnancy Test: All You Need to Know.

National Health Service. Diakses 2022. Diagnosis Testicular Cancer.

Kanker Testis

Konsultasi Dokter Terkait