HomeGaya hidupDiet dan NutrisiManfaat Pir untuk Bantu Menurunkan Berat Badan
Diet dan Nutrisi

Manfaat Pir untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

Endah Murniaseh, 11 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ingin menurunkan berat badan? Cobalah makan pir! Ketahui 5 manfaat buah pir untuk diet di artikel ini.

Manfaat Pir untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, coba tambahkan asupan buah pir untuk diet. Ternyata kandungan sehatnya dapat mendukung Anda untuk mendapatkan berat badan ideal.

Manfaat buah ini untuk diet dapat membantu mempertahankan rasa kenyang, sehingga kecenderungan ngemil berkurang. Kandungan kalori buah pir juga tergolong rendah.

Nutrisi Buah Pir

Satu buah pir berukuran sedang (178 gram) memiliki beberapa kandungan nutrisi, antara lain:

  • 101 kalori
  • 27 gram karbohidrat
  • 6 gram serat
  • 1 gram protein

Vitamin dan mineral yang terdapat di dalam pir, antara lain:

  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Vitamin B6
  • Kalium
  • Kalsium
  • Besi
  • Magnesium
  • Riboflavin
  • Folat

Artikel lainnya: Manfaat Pir untuk Kesehatan Tubuh 

Khasiat Pir untuk Menurunkan Berat Badan

Berikut ini beberapa manfaat pir untuk membantu mengurangi berat badan dan mengontrolnya:

1. Tinggi Serat

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, buah berwarna kuning atau hijau ini akan membuat Anda kenyang lebih lama. “Pir kandungan serat dan airnya tinggi, jadi bisa mengenyangkan lebih lama,” jelasnya. 

Menurut US Food and Nutrition Board of The Institute of Medicine, satu buah pir ukuran sedang mengandung 6 gram serat. Jumlah ini bisa memenuhi 24 persen kebutuhan harian serat untuk wanita di bawah usia 50 tahun. 

2. Bantu Bakar Lemak

Buah pir juga kaya akan vitamin C. Menurut dr. Dyah Novita, vitamin C di dalam tubuh akan bermanfaat untuk proses membakar lemak, sehingga berat badan bisa turun.

“Saat kadar vitamin C dalam tubuh cukup dan dibarengi dengan aktivitas fisik yang sedang (olahraga), maka proses pembakaran lemak akan 30 persen lebih banyak dibanding orang dengan kadar vitamin C yang rendah dalam tubuh,” terangnya.

Artikel lainnya: Istimewa, Buah Pir Bisa Mencegah Kanker Payudara!

3. Rendah Kalori

Tidak hanya kandungan serat dan air yang akan membuat merasa kenyang lebih lama. Kalori pir yang rendah juga membantu mempertahankan rasa kenyang.

Menjadikan pir sebagai makanan selingan bisa membuat Anda tetap kenyang dan menjaga asupan kalori yang dibutuhkan tubuh. Saat perut kenyang, keinginan untuk makan makanan tidak sehat seperti junk food bisa diminimalkan.

Mengonsumsi makanan rendah kalori bermanfaat untuk menjaga kadar kalori tubuh. Selain itu, pir juga mengandung antioksidan, serta nutrisi makro dan mikro.

4. Kaya Kandungan Air

Sekitar 84 persen kandungan pir adalah air. Mengingat buah ini juga rendah kalori, tak heran bila pir menjadi buah untuk diet yang tepat.

5. Baik untuk Pencernaan

Serat pada pir akan membuat pencernaan sehat dan mengatasi sembelit. Saat usus sehat dan pencernaan lancar, proses penurunan berat badan bisa lebih maksimal.

Artikel lainnya: Daftar Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Anak

Tips Menambahkan Pir dalam Menu Diet

Anda dapat makan pir segar secara utuh. Selain itu, bisa juga menambahkannya ke dalam oatmeal, salad, ataupun smoothie. Jika ingin makan dengan cara berbeda, pir bisa diolah bersama kue atau pie. 

Pir tergolong cukup aman untuk dikonsumsi setiap hari. Meski begitu, kontrol jumlah asupannya agar tidak berlebihan.

Makan pir terlalu banyak justru dapat menyebabkan masalah pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan fruktosa atau gula buah yang tinggi.

Yuk, mulai makan pir untuk mendukung program diet. Imbangi juga dengan pola makan sehat lainnya, olahraga, dan istirahat cukup.

Bila ingin bertanya lebih lanjut seputar makanan yang baik untuk menurunkan berat badan, konsultasikan kepada dokter lewat Live Chat di aplikasi KlikDokter

(FR/JKT)

Referensi:

The Health Site. Diakses 2022. How Pears Can Help in Weight Loss.

Healthline. Diakses 2022. 9 Health and Nutrition Benefits of Pears.

Health University of Utah. Diakses 2022. Top 10 Ways to Enjoy Pears.

Berat BadanbuahDiet

Konsultasi Dokter Terkait