Kesehatan Bayi

ASI Efektif untuk Mencegah Eksim pada Bayi?

Tri Yuniwati Lestari, 09 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sebuah penelitian menemukan bahwa bayi yang minum ASI selama 3 bulan lebih memiliki kemungkinan lebih rendah untuk mengalami eksim. Cek fakta selengkapnya berikut ini

ASI Efektif untuk Mencegah Eksim pada Bayi?

Eksim adalah peradangan kulit yang kejadiannya dipengaruhi oleh faktor genetik alias riwayat dalam keluarga. Kondisi ini biasanya muncul sebelum bayi berusia satu tahun, dan berangsur-angsur membaik saat usianya 5 tahun.  

Guna menurunkan risiko eksim pada bayi, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology menyatakan bahwa si kecil perlu diberikan ASI eksklusif.

Lantas, apa kata medis terkait temuan dalam penelitian tersebut? Benarkah ASI eksklusif dapat mencegah eksim pada bayi? Yuk, cek sini.

Penelitian ASI untuk Mencegah Eksim pada Bayi

mengatasi ibu menyusui kurang tidur

Melansir Healthline, seorang peneliti dari Amerika Serikat, Katherine M. Balas, melakukan studi mengenai manfaat ASI dalam mencegah eksim pada bayi.  

Secara keseluruhan, studi menyatakan bahwa pemberian ASI eksklusif dapat menurunkan risiko eksim pada anak hingga usianya mencapai 6 tahun. 

Studi tersebut juga menyatakan, lebih dari 20 persen bayi yang tidak menerima ASI sejak usia kurang dari 3 bulan lebih berisiko mengalami eksim. Risiko tersebut ditemukan lebih tinggi pada bayi yang lahir di tengah keluarga dengan riwayat eksim.

Artikel Lainnya: Kualitas ASI Perah Tak Sebaik ASI yang Diberikan Langsung?

Hasilnya Masih Kontroversial

Meski meyakinkan, Balas dan tim yang terlibat dalam studi masih belum mengetahui mekanisme ASI eksklusif dalam menurunkan risiko eksim pada bayi.

Dengan kata lain, hingga kini manfaat ASI untuk mencegah eksem masih belum dapat dipastikan. 

Senada dengan itu, dr. Dyah Novita Anggraini mengatakan bahwa hingga saat ini manfaat ASI untuk menurunkan risiko eksim pada bayi masih belum sepenuhnya terbukti.

Walau begitu, lanjut dr. Dyah Novita, pemberian ASI eksklusif tetap mesti diupayakan. ASI eksklusif memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh si kecil. 

“Pemberian ASI sejak bayi dilahirkan dipercaya bisa mengurangi risiko eksim berkepanjangan. Sebab, pemberian ASI sejak dini membantu membentuk perlindungan alami di tubuh bayi untuk mengenal alergen (pemicu alergi),” tegas dr. Dyah Novita.

Pemberian ASI eksklusif memang belum terbukti dapat menurunkan risiko eksim pada bayi. Walau begitu, pemberian ASI eksklusif untuk bayi tetap harus diusahakan agar kesehatan dan tumbuh kembang si kecil tetap optimal. 

Punya pertanyaan mengenai permasalahan pada bayi baru lahir? Ingin tahu fakta mengenai hal-hal lain terkait kesehatan? Anda bisa chatting langsung dengan dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

EksimkulitAlergi

Konsultasi Dokter Terkait