Ginjal dan Saluran Kemih

Atasi Minder karena Tak Bisa Menahan Pipis, Gunakan Ini

KlikDokter, 04 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kondisi tidak bisa menahan pipis dapat menyebabkan minder. Ketahui penyebab dan cara mengatasi kondisi tersebut lewat ulasan ini

Atasi Minder karena Tak Bisa Menahan Pipis, Gunakan Ini

Buang air kecil atau pipis melibatkan berbagai organ dan sistem organ di dalam tubuh, seperti ginjal, saluran kemih, kandung kemih, serta persarafan. Ketika ada gangguan pada organ tersebut, proses berkemih pun dapat ikut terpengaruh.

Salah satu gangguan berkemih yang sering terjadi adalah tidak bisa menahan pipis atau inkontinensia urine. Dalam bahasa sehari-hari, kondisi ini juga disebut sebagai beser.

Kondisi tidak bisa menahan kencing wajar terjadi pada balita, namun orang dewasa juga dapat mengalami kondisi ini juga. 

Lantas, apa penyebab kesulitan menahan pipis pada orang dewasa dan dan bagaimana cara menyiasatinya? Simak ulasannya di bawah ini. 

Tidak Bisa Menahan Pipis Bikin Minder

Berikut ini merupakan beberapa penyebab orang dewasa kesulitan menahan kemih. 

  1. Minum Air Terlalu Banyak

Minum air atau cairan terlalu banyak dapat menyebabkan kesulitan menahan pipis karena produksi urine akan meningkat. 

Terlebih jika cairan yang Anda minum adalah kopi, teh, atau air putih dingin. Kondisi diabetes juga dapat menyebabkan produksi urine meningkat.

  1. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih cukup sering terjadi pada wanita. Infeksi saluran kemih dapat merangsang kontraksi saluran kemih. Dampaknya, Anda sering memiliki rasa ingin berkemih.

  1. Gangguan Saraf Berkemih

Gangguan persarafan yang mengatur pola berkemih juga dapat menyebabkan Anda tidak bisa menahan pipis. Kondisi ini juga bisa menimbulkan rasa sensasi berkemih. 

Gangguan ini bisa disebabkan oleh kerusakan saraf akibat kecelakaan (trauma) atau akibat penyakit degeneratif. 

  1. Otot Panggul Melemah

Kelemahan otot panggul kerap terjadi pada wanita, terutama pada wanita dengan riwayat persalinan berulang. Melemahnya otot panggul dapat menyebabkan wanita kesulitan menahan pipis. 

Bahkan, pipis dapat keluar saat tekanan di perut, seperti saat tertawa, bersin, atau mengangkat beban. 

  1. Penyakit Prostat

Pada pria lanjut usia, penyakit prostat dapat menjadi penyebab tidak bisa menahan kencing.

Ketika mengalami penyakit prostat, buang air kecil sering tidak lampias akibat rasa ingin pipis yang kerap muncul. Pria dengan penyakit prostat juga membutuhkan waktu yang lama untuk berkemih.

Artikel Lainnya: Terkena Gangguan Prostat, Bagaimana Mengatasinya?

Gunakan Ini Agar Lebih Percaya diri!

Kesulitan menahan pipis atau inkontinensia urine yang dialami orang dewasa tentunya akan membuat minder. 

Bayangkan saja jika Anda harus sebentar-bentar ke toilet saat sedang bekerja atau berada di luar rumah, apalagi jika sampai secara tidak sengaja berkemih di celana. 

Hal itu akan menghambat aktivitas sehari-hari dan menyebabkan seseorang jadi tidak percaya diri. 

Di samping itu, kesulitan menahan kencing terjadi dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kualitas hidup seseorang menurun. 

Produktivitas kerja juga akan menurun karena gangguan pola berkemih ini. Itulah mengapa, kesulitan menahan pipis tidak boleh disepelekan. 

Cara mengatasi kesulitan menahan pipis adalah dengan mengatasi penyebab gangguan tersebut. 

Anda dapat berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui apa penyebab masalah tersebut. 

Setelah menemukan penyebabnya, dokter akan mengatasi kondisi penyebab inkontinensia urine. 

Kendati begitu, sejalan dengan pengobatan dari dokter, Anda dapat menggunakan adult diapers atau popok khusus orang dewasa. 

Popok dewasa dapat membantu mengatasi kondisi minder serta memperbaiki kualitas hidup dan produktivitas Anda.

Artikel Lainnya: Gejala Kanker Prostat yang Harus Anda Waspadai

Dalam menggunakan popok dewasa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni kualitas dan disesuaikan dengan kondisi penggunanya.

Gunakan Confidence yang merupakan popok dewasa dengan kualitas nomor 1 di Indonesia.

Bagi Anda yang masih aktif berkegiatan sehari-hari, disarankan untuk menggunakan popok dewasa tipe celana, yaitu Confidence Popok Celana. 

Confidence Popok Celana lebih praktis dan mudah dipakai. Produk ini memiliki karet elastis berbahan Lycra yang dapat mengikuti bentuk tubuh seperti memakai celana dalam biasa. 

Confidence Popok Celana juga dapat menyerap cairan lebih banyak hingga ekstra 6 kali daya serap sehingga tahan semalaman. 

Popok dewasa ini juga antibocor dan mampu menyerap dengan cepat sehingga permukaannya tetap kering. 

Produk Confidence Popok Celana turut dilengkapi dengan SAP Anti Bakteria yang dapat mengurangi pertumbuhan bakteri berbahaya dan sudah teruji klinis Hypoallergenic oleh Australian Dermatologist, sehingga aman untuk digunakan pada kulit sensitif sekalipun.

Bagi kondisi yang tirah baring, disarankan untuk menggunakan popok dewasa tipe perekat, yaitu Confidence Classic Day dan Night untuk kenyamanan selama 24 jam.  

Gunakan Confidence Classic Day pada pagi dan siang hari yang cepat menyerap sehingga cepat kering dan nyaman digunakan. 

Gunakan Confidence Classic Night di malam hari dengan daya tampung hingga 6 kali daya serap, mengandung ekstrak Aloe Vera untuk mencegah iritasi, dan pelindung samping antibocor untuk tidur lebih nyaman semalaman.

Bagi yang ingin lebih praktis dan ekonomis, Anda bisa menggunakan Confidence Insert Pads sebagai lapisan penyerap yang dapat digunakan di popok celana dan popok perekat. 

Produk ini dilengkapi dengan perekat yang kuat dan tidak bergeser, serta pelindung samping anti bocor.

Itu dia penyebab dan cara mengatasi kesulitan menahan kencing. Ketahui informasi dan tips kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

AdvertorialSaluran KencingInkontinensia Urine

Konsultasi Dokter Terkait