HomeInfo SehatGigi MulutManfaat dan Risiko Penggunaan Power Chain Braces
Gigi Mulut

Manfaat dan Risiko Penggunaan Power Chain Braces

Tri Yuniwati Lestari, 07 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pernahkah Anda mendengar tentang kawat gigi jenis power chain braces? Seperti apa manfaat dan risiko penggunaannya? Ini penjelasannya.

Manfaat dan Risiko Penggunaan Power Chain Braces

Jika sudah mendekati dari akhir perawatan gigi menggunakan behel, pastinya Anda berharap dapat memiliki senyum yang percaya diri. Namun, ternyata dokter gigi Anda memberi rekomendasi penggunaan power chain braces.  

Saat dokter merekomendasikan power chain braces, Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa Anda harus menggunakan itu?

Kemudian apa manfaat penggunaannya untuk gigi Anda? Adakah risikonya bagi kesehatan gigi dan mulut?

Cari tahu lebih dalam lewat ulasan berikut ini.

 

Keunggulan Power Chain Braces?

Melansir Very Well, kawat gigi tradisional terbuat dari braket individu yang melekat pada setiap gigi dan disatukan oleh kawat yang melintang di gigi Anda. Kawat diamankan ke setiap braket dengan cincin-O atau pengikat individu.

Sedangkan pada power chain braces, kawat diamankan ke setia braket Anda dengan rantai cincin-O yang terhubung, bukan cincin-O individual.

Ada beberapa keunggulan yang membuat dokter gigi memilih menggunakan kawat gigi jenis ini, di antaranya:

  • Memberikan kekuatan lebih pada penggunaan kawat gigi dengan meningkatkan jumlah tekanan yang diberikan pada gigi Anda.
  • Menghemat waktu, karena relatif mudah dipasangkan oleh dokter gigi. Pemasangan cincin-O pada kawat gigi tradisional cenderung memakan waktu lebih lama daripada untuk power chain braces.
  • Dapat digunakan untuk banyak gerakan, seperti gerakan menutup dan membuka, serta mengurangi rotasi gigi. Semua gerakan ini penting untuk menggerakkan gigi ke posisi akhir yang baik.

Artikel Lainnya: Ini yang Harus Dilakukan setelah Melepas Kawat Gigi

Manfaat Menggunakan Power Chain Braces

Menggunakan power chain braces memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Menutup celah pada gigi. Kesenjangan pada gigi mungkin saja terjadi secara alami, atau selama perawatan ortodontik. Kawat gigi ini direkomendasikan untuk mengatasinya.
  • Menyempurnakan jarak gigi menjadi rata. Hal ini sering dilakukan ketika gigi membutuhkan prosedur lebih lanjut, seperti penambalan, mahkota, atau veneer.
  • Mensejajarkan gigi yang bengkok. Power chain braces menerapkan tekanan konstan yang secara perlahan mengembalikan gigi bengkok ke posisi semula.
  • Mengatasi gigi yang posisinya terbalik atau berputar.
  • Membantu gigi atas dan bawah menyatu saat mulut Anda tertutup. Maloklusi, atau ketidaksejajaran gigi dapat terjadi akibat kebiasaan masa kecil, seperti mengisap jempol.

Risiko Penggunaan Power Chain Braces

Dijelaskan oleh drg. Callista Argentina, power chain braces bisa menyebabkan radang gusi bahkan karies.

Ini karena kawat gigi tersebut menutup sebagian besar permukaan gigi, sehingga akan sulit dibersihkan.

Artikel Lainnya: Berapa Lama Harus Pakai Behel Transparan agar Gigi Rata Maksimal?

Selain itu, bisa menyebabkan rasa sakit di awal masa pemakaian. Kemudian juga memerlukan kontrol setiap 2-3 minggu sekali.

“Risiko yang fatal adalah jika timing penggunaannya salah, karena bisa membuat gigi tipping atau menjorok ke arah lidah. Gigi yg tipping tersebut akan membuat pembersihan semakin sulit dan risiko radang gusi semakin besar,” ucap drg. Callista.

Pada akhirnya, apakah power chain diperlukan atau tidak tergantung pada kebutuhan gigi Anda.

Dokter gigi dapat mengevaluasi keselarasan gigi dan rahang Anda untuk menentukan apakah memerlukan kawat gigi, dengan atau tanpa power chain.

Itu dia tadi serba-serbi mengenai kawat gigi power chain. Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar kawat gigi, gunakan layanan LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter untuk berkonsultasi langsung dengan dokter gigi.

(PUT/AYU)

Referensi:

Healthline. Diakses 2021. What Are Power Chains for Braces?

Very Well. Diakses 2021. What Are Power Chain Elastomerics (Power Chain Braces)?

Wawancara drg. Callista Argentina

Kawat gigiGigi dan Mulut

Konsultasi Dokter Terkait