Diet dan Nutrisi

Rekomendasi Menu Bakar-Bakaran yang Sehat di Tahun Baru

Aditya Prasanda, 21 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ternyata ada menu bakar-bakaran untuk tahun baru yang sehat, lho. Bagaimana menu bakar-bakaran tahun baru yang sehat itu? simak di sini.

Rekomendasi Menu Bakar-Bakaran yang Sehat di Tahun Baru

Acara bakar-bakar makanan di malam pergantian tahun baru merupakan salah satu agenda rutin yang khas. Umumnya, orang-orang menyiapkan makanan bakar-bakaran seperti daging, seafood, ataupun marshmallow.

Meski lezat, sederet menu ini dapat membahayakan kesehatan ketika dibakar. Untuk itu, penting mengetahui batas membakar makanan maupun konsumsinya agar tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

Selain itu, menu bakar-bakaran juga dapat diganti dengan aneka makanan yang lebih menyehatkan, di antaranya:

 

1. Sayuran

Makanan yang bisa dibakar untuk tahun baru yaitu sayuran. Tidak ada salahnya mengganti menu daging dengan sayuran di malam tahun baru. Kamu dapat menggunakan sayuran, seperti jamur, brokoli, paprika, wortel ataupun terong.

Potong sayuran dalam ukuran sedang, lalu tusuk dan susun selang-seling menjadi sate. Agar tidak membahayakan kesehatan, bakar sayuran hingga menjadi kuning, bukan cokelat ataupun hitam.

Artikel Lainnya: Sering Mengonsumsi Makanan Kemasan, Ini Efeknya

Disampaikan Simon Cotton, dosen kimia dari University of Birmingham, cara ini meminimalkan pembentukan akrilamida, yaitu senyawa kimia yang terbentuk ketika makanan dimasak dalam suhu di atas 120 derajat Celcius.

Simon mengatakan akrilamida terbukti menyebabkan kanker dan kerusakan saraf pada hewan. Kendati demikian, hingga saat ini belum ada bukti meyakinkan soal efek karsinogenik akrilamida dari makanan yang dibakar dan dikonsumsi manusia.

Meski begitu, sebagai langkah pencegahan, sayuran maupun makanan yang dibakar jangan diolah berlebihan, apalagi sampai gosong.

Ditambahkan dr. Sara Elise Wijono, M.Res., agar makanan tidak cepat gosong, sayuran dapat diolah dengan tidak seratus persen dibakar.

“Caranya bisa diungkep atau dioven terlebih dahulu. Lalu finishing dengan dibakar,” katanya.

Dokter Sara menambahkan, jikapun sayur diolah dengan cara dibakar sepenuhnya, usahakan untuk sering dibolak-balik.

Artikel Lainnya: Lebih Bahaya Bakar Sate Kambing Sampai Gosong atau Setengah Matang?

2. Buah

Rekomendasi bakar-bakar tahun baru yang dapat jadi pilihan selanjutnya yaitu buah.

Buah yang digunakan bisa meliputi apel, pisang, pir, ataupun nanas. Aneka buah ini dapat dipadukan menjadi sate buah.

Buah juga dapat dipotong dan dibakar sendiri, misalnya berupa menu pisang bakar. Namun, ingat tetap bakar buah hingga kekuningan saja. Hal ini guna meminimalkan terbentuknya akrilamida.

3. Roti Gandum

Simon Cotton mengatakan roti gandum dapat menjadi alternatif menu tahun baru di rumah yang menyehatkan. Sebelum dibakar, roti gandum dapat dipadukan dengan selai dan mentega.

Kendati demikian, The Food Standards Agency (FSA) merekomendasikan untuk tidak membakar roti hingga kecokelatan. Sebab, membakar roti hingga kecokelatan berisiko membentuk senyawa akrilamida yang tinggi.

Untuk itu, cukup bakar roti hingga kuning keemasan. Guna mencegah risiko negatif akrilamida, dr. Sara Elise menambahkan, roti gandum bakar dapat dikonsumsi bersama buah dan sayur.

Menurutnya, buah dan sayur mengandung banyak antioksidan yang dapat menyeimbangkan kadar radikal bebas dalam tubuh.

Artikel Lainnya: 12 Jenis Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Hindari

Berdasarkan Biobalance Institute, mengonsumsi makanan yang dibakar dapat meningkatkan produksi radikal bebas di dalam tubuh.

Jika kadar radikal bebas melebihi antioksidan dalam tubuh, hal ini menyebabkan terjadinya stres oksidatif alias kerusakan sel tubuh. Salah satu dampaknya yaitu kanker.

“Untuk mencegahnya, perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Menu ini bisa disajikan sebagai salad atau es buah,” papar dr. Sara Elise.

Itu dia sederet menu bakar-bakar tahun baru yang bisa kamu coba. Dokter Sara Elise mengingatkan, untuk meminimalkan efek buruk makanan yang dibakar, hindari terlalu sering mengonsumsi jenis makanan tersebut.

#JagaSehatmu dengan mengonsumsi makanan sehat agar terhindar dari berbagai penyakit. Jika ingin bertanya lebih lanjut seputar info kesehatan lainnya, gunakan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.



(OVI/JKT)

Referensi:

Science Focus. Diakses 2021. Can eating burnt toast cause cancer?

University of Birmingham. Diakses 2021. Does burnt food give you cancer?

Tahun BarumakananKanker

Konsultasi Dokter Terkait