Jantung

Nyeri Rahang yang Bisa Mengindikasikan Serangan Jantung

Aditya Prasanda, 05 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sakit jantung dapat menyebabkan nyeri rahang. Ketahui penyebab dan ciri sakit rahang karena jantung bermasalah lewat penjelasan dokter berikut.

Nyeri Rahang yang Bisa Mengindikasikan Serangan Jantung

Nyeri rahang umumnya disebabkan gangguan sendi temporomandibular (TMJ), infeksi sinus, maupun sakit gigi. Kendati demikian, sakit rahang juga bisa mengindikasikan gejala serangan jantung.

Serangan jantung atau infark miokard merupakan gangguan jantung serius akibat terhambatnya aliran darah ke otot jantung. Hal ini karena adanya penumpukan plak (akibat timbunan kolesterol) ataupun gumpalan darah di dalam arteri koroner.

Serangan jantung pada gilirannya dapat menimbulkan nyeri di bagian rahang, gigi hingga bahu.

Bagaimana serangan jantung menyebabkan kondisi tersebut? Seperti apa ciri-ciri sakit rahang tanda sakit jantung? Simak penjelasan medis berikut.

Penyebab Nyeri Rahang karena Serangan Jantung

Dijelaskan dr. Reza Fahlevi, sakit rahang karena serangan jantung terjadi karena reaksi tubuh yang dikenal sebagai referred pain.

Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri di bagian tubuh lain. Namun, sumber rasa sakit sebenarnya bukan berada di area tersebut.

Referred pain terjadi karena adanya hubungan antara serabut-serabut saraf di bagian yang terdampak. Karena itu, penyakit jantung bisa sebabkan nyeri di rahang,” katanya.

Perlu Anda tahu, semua saraf di tubuh saling terhubung satu sama lain. Kondisi ini menyebabkan nyeri di bagian tubuh tertentu dapat menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Secara spesifik, ketika tubuh menerima rangsangan penyebab rasa sakit, sistem saraf mengirimkan sinyal ke otak. Otak kemudian mengirimkan sinyal ke tubuh, sehingga tubuh merasakan nyeri.

Adakalanya, otak mendistribusikan sinyal rasa sakit ke bagian tubuh yang berbeda dengan sumber rasa sakit sebenarnya. Hal ini menyebabkan munculnya sakit rahang yang merupakan gejala serangan jantung.

Serangan jantung, seperti diketahui, menyebabkan bagian tengah dada terasa nyeri dan tidak nyaman. Sakit dada ini dapat berlangsung selama beberapa menit, muncul dan menghilang.

Sakit dada karena gangguan jantung dapat menyebar dan memengaruhi saraf. Karena itu, orang yang mengalami serangan jantung dapat mengalami gejala seperti nyeri rahang, punggung, lengan, leher, maupun perut.

Artikel Lainnya: Cara Membedakan Nyeri Dada karena Serangan Jantung dan GERD

Ciri Sakit Rahang karena Serangan Jantung

Sakit rahang karena serangan jantung dapat dikenali dari deretan gejala lain yang menyertainya. Gejala yang dialami penderita serangan jantung, di antaranya:

  • Dada terasa sakit, terutama ketika ditekan dan diremas
  • Mual dan Muntah
  • Keringat dingin dan berlebih
  • Pusing
  • Sesak napas
  • Perut kembung
  • Jantung berdetak cepat
  • Nyeri di perut bagian atas atau ulu hati.

Deretan gejala ini dapat muncul perlahan. Jika Anda mengalami nyeri rahang disertai beberapa gejala tersebut, waspadalah. Boleh jadi hal ini mengindikasikan adanya gangguan jantung.

Untuk memastikannya, Anda perlu berkonsultasi secara langsung kepada dokter.

Itu dia penyebab nyeri rahang karena serangan jantung. Ingin bertanya lebih lanjut seputar penyakit jantung? konsultasi ke dokter via live chat.

(PUT/JKT)

Referensi:

Medical News Today. Diakses 2021. What is the link between jaw pain and heart attack?

Healthline. Diakses 2021. How Does Referred Pain Work?

Healthline. Diakses 2021. Everything to Know About Heart Attacks: Symptoms, Causes, and More.

Jantung

Konsultasi Dokter Terkait