HomePsikologiKesehatan MentalProfesi yang Cocok untuk Penderita Depresi
Kesehatan Mental

Profesi yang Cocok untuk Penderita Depresi

Zahra Aminati, 04 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tidak semua pekerjaan mungkin cocok untuk penderita depresi. Apa saja pekerjaan untuk penderita depresi yang tepat? Simak di sini.

Profesi yang Cocok untuk Penderita Depresi

Depresi merupakan penyakit psikologis serius yang secara negatif memengaruhi perasaan, cara berpikir, dan bagaimana seseorang bertindak. Kondisi tersebut dapat menyebabkan perasaan sedih atau kehilangan minat pada aktivitas.

Selain itu, depresi juga menimbulkan berbagai masalah emosional dan fisik. Pada akhirnya, kemampuan seseorang dalam melakukan sejumlah hal, termasuk di tempat kerja, bisa menurun.

Oleh sebab itu, orang dengan depresi sering mengalami kesulitan dalam memilih profesi yang cocok untuknya. Simak ulasan mengenai beberapa pekerjaan untuk orang depresi berikut.

1. Pekerja Kreatif

Sesuai dengan namanya, pekerja kreatif berhubungan dengan pekerjaan yang memanfaatkan kreativitas serta keterampilan. Contohnya adalah melukis, merajut, atau membuat kerajinan tangan.

Pekerjaan jenis ini baik untuk penderita depresi, karena mengedepankan kepuasan diri pelakunya. Terutama, ketika hasil karyanya dikagumi hingga dibeli oleh orang lain.

Kondisi tersebut pada akhirnya mampu meningkatkan rasa percaya diri, mengingat penderita gangguan mental ini cenderung merasa tidak berharga.

Selain itu, menjadi pekerja kreatif juga memberi penderita depresi kesempatan bertemu orang-orang dengan minat yang sama. Hal ini bisa melatih penderita kembali bersosialisasi dengan normal.

Menggeluti pekerjaan yang berhubungan dengan seni atau kreativitas pun bisa mencegah penderita depresi terjebak dalam jam kerja yang monoton dan menekan.

Waktu bekerja akan lebih fleksibel, sehingga bisa dibarengi pula dengan perawatan depresi. Jadi, ia dapat menyisihkan waktunya untuk berolahraga, terapi dengan psikolog, dan mendapatkan waktu tidur yang cukup.

2. Hortikultura

Berada dekat dengan alam dapat membantu penderita depresi mengurangi munculnya gejala. Oleh sebab itu, pekerjaan yang berhubungan dengan hortikultura, seperti berkebun, bertani, atau penjaga taman, dinilai cocok bagi mereka.

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, “Saat terhubung dengan alam atau tumbuhan, itu dapat menurunkan stres. Jadi, bisa membantu menyehatkan fisik dan mental penderita depresi.”

Artikel Lainnya: Kenali Bahaya Hustle Culture dalam Dunia Kerja

Mengingat pekerjaan jenis ini banyak dilakukan di luar ruangan, tubuh pun akan mendapatkan asupan vitamin D alami. Pemandangan alam juga akan membantu mengurangi gangguan mood yang dialami penderita depresi.

Beberapa profesi yang berhubungan dengan hortikultura mungkin akan melibatkan banyak aktivitas fisik. Oleh sebab itu, penting untuk mengelola kesehatan fisik ketika akan menggeluti pekerjaan di bidang ini.

3. Pustakawan

Pustakawan dikategorikan sebagai profesi yang baik untuk orang depresi. Membaca buku bisa menjadi bentuk relaksasi yang sangat baik untuk penderita.

Membaca juga memungkinkan orang dengan depresi keluar dari pikiran-pikiran negatif sambil menikmati sebuah karya atau mempelajari hal baru.

Menurut Psikolog Ikhsan, pekerjaan yang sifatnya sistematis dan berpola seperti pustakawan juga dapat mengurangi beban pikiran penderita depresi. “Ini karena sudah ada alur dan tugas yang jelas untuk dikerjakan,” jelasnya.

Pustakawan merupakan pekerjaan yang sangat penting di bidang pendidikan maupun di tengah masyarakat. Jadi, memilih profesi ini memungkinkan penderita depresi mendapat kepuasan dari membantu orang lain.

Mereka, misalnya, bisa membantu anak-anak dan orang dewasa yang sedang melakukan penelitian, atau seseorang yang mencari buku favoritnya. Di samping itu, profesi ini juga membuka kesempatan baginya berinteraksi dengan orang lain dengan minat sama.

Artikel Lainnya: Waspada, Ini Daftar Profesi yang Rentan Depresi!

4. Melakukan Bisnis Kecil

Stres akibat beban kerja sebagai karyawan kantoran menjadi salah satu pemicu seseorang menderita depresi. Oleh sebab itu, mengundurkan diri dari pekerjaan kantoran bisa menjadi salah satu solusi agar depresi tidak semakin parah.

Namun, penderita depresi sebaiknya tidak menganggur lama. Mereka bisa beralih ke pekerjaan dengan intensitas sedang, seperti menjadi wiraswastawan yang mengelola bisnis kecil. 

Menjalankan bisnis kecil akan memberikan rasa kepuasan bagi penderita yang mungkin sulit diperoleh di pekerjaan sebelumnya.

Selain itu, memimpin sebuah usaha akan meningkatkan rasa percaya diri. Gairah untuk menjalani keseharian pun kemudian akan meningkat.

Menjadi wiraswasta tidak terpaku pula pada jam kerja yang monoton. Juga, memungkinkan orang dengan depresi meningkatkan kemampuannya bersosialisasi.

Itulah beberapa profesi yang cocok bagi orang yang menderita depresi. Umumnya, pekerjaan yang dapat dilakukan dengan jam kerja fleksibel minim stres, sehingga bermanfaat untuk mengurangi atau mengatasi gejala depresi.

Berkonsultasi dengan psikolog juga akan membantu penderita memilih profesi yang paling cocok untuknya.

(PUT/JKT)

Referensi:

American Psychiatric Association. Diakses 2021. What Is Depression?

Job List. Diakses Desember 2021. The Most Beneficial Jobs for People With Depression.

Depresi

Konsultasi Dokter Terkait