Kanker

Jenis Kanker Paling Mematikan di Indonesia

Endah Murniaseh, 04 Feb 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kanker menjadi salah satu penyumbang angka kematian di Indonesia. Ketahui lima jenis kanker paling mematikan dalam ulasan ini.

Jenis Kanker Paling Mematikan di Indonesia

Kanker masih menjadi salah satu penyakit yang menyumbang angka kematian tertinggi di Indonesia. Menurut data World Health Organization (WHO) pada tahun 2020, sebanyak 234 ribu jiwa di Indonesia meninggal akibat kanker.

Berikut ini adalah lima jenis kanker paling mematikan di Indonesia dilansir dari International Agency for Research on Cancer.

1. Kanker Paru

Kanker paru-paru menjadi kanker paling mematikan di Indonesia. Jumlah penderita kanker paru mencapai lebih dari 34 ribu jiwa dan angka kematiannya tercatat lebih dari 30 ribu jiwa.

Banyak kasus kanker paru-paru terdeteksi saat kondisinya telah berada di stadium akhir. Kondisi ini akhirnya membuat pasien punya risiko kematian yang tinggi. Dengan karakteristik semacam itu, kanker paru bisa dikategorikan kanker paling berbahaya.

Dokter Theresia Rina Yunita menyampaikan, paru-paru merupakan organ dalam, sehingga sulit mengetahui jika organ tersebut mengalami permasalahan.

Selain itu, banyak penderita kanker paru-paru yang telah berobat. Sebab, mereka baru memeriksakan diri ke dokter saat gejala yang muncul telah parah.

“Gejala kanker paru-paru yang dirasakan mirip dengan penyakit tidak berbahaya. Ketika sudah stadium lanjut dan gejalanya semakin parah, kebanyakan pasien baru berobat ke dokter,” kata dr. Theresia.

2. Kanker Payudara

Mastektomi Untuk Cegah Kanker Payudara

Kanker payudara menjadi penyakit keganasan nomor dua yang paling mematikan di Indonesia. Jumlah kasus kanker payudara di tanah air mencapai lebih dari 65 ribu jiwa.

Dengan angka kematian mencapai lebih dari 22 ribu jiwa. Pengobatan kanker jenis ini cukup rumit dan bergantung pada banyak faktor.

Namun, secara umum, kanker payudara akan diatasi dengan kemoterapi, radioterapi, atau pembedahan.

Pembedahan dapat dilakukan dengan mengangkat jaringan yang terkena kanker atau seluruh bagian payudara.

3. Kanker Serviks

Kanker serviks menjadi kanker yang banyak menyumbangkan kematian nomor 3 di Indonesia. Sekitar 36 ribu wanita di Indonesia mengidap kanker serviks.

Sementara itu, jumlah kematian akibat kanker ini mencapai lebih dari 21 ribu jiwa. Kanker serviks terdiri dari dua jenis, yaitu karsinoma sel skuamosa dan adenokarsinoma.

Untuk mengatasi kanker ini, dokter dapat melakukan pembedahan atau radiasi yang dikombinasikan dengan kemoterapi.

Human Papillomavirus (HPV) merupakan virus yang memengaruhi sel-sel di serviks dan memicu kanker.

Artikel Lainnya: Penggunaan Tampon Bisa Picu Kanker Serviks?

4. Kanker Liver atau Hati

Kanker Hati seperti Dialami Gebi Ramadhan, Bisakah Disembuhkan? (Sebastian-Kaulitzki/Shutterstock)

Jumlah pasien kanker hati di Indonesia mencapai lebih dari 21 ribu kasus. Sementara itu, angka kematiannya mencapai lebih dari 20 ribu jiwa.

Pada tahap awal, kebanyakan penderitanya tidak mengalami tanda atau gejala kanker hati. Namun saat gejala muncul, penderita kanker dapat mengalami penurunan berat badan, pembengkakan perut, hingga feses berwarna putih.

5. Kanker Nasofaring

Menduduki peringkat lima dalam kanker paling mematikan di Indonesia, penderita kanker nasofaring mencapai lebih dari 19 ribu kasus dengan total kematian sebanyak lebih dari 13 ribu jiwa.

Kanker nasofaring terjadi di bagian belakang hidung dan di sebelah atas bagian belakang tenggorokan.

Gejala umum dari kanker nasofaring adalah benjolan di leher yang tidak hilang, gangguan pendengaran, hingga penurunan berat badan.

6. Kanker Kolorektal

Kanker kolorektal

Kanker kolorektal atau yang biasa disebut dengan kanker usus besar, menyebabkan peningkatan setiap tahunnya.

Kanker ini ditandai dengan pertumbuhan sel-sel yang tidak terkontrol di usus besar. Kanker ini sangat berbahaya karena terletak pada kemampuan sel kanker untuk menyebar ke bagian tubuh lain seperti pembuluh darah dan saluran limfat.

Gejala yang ditimbulkan seperti diare, konstipasi, buang air besar yang tidak lengkap, darah di dalam fases, kram perut yang parah, dan penurunan badan tanpa sebab yang jelas.

7. Leukimia

Tubuh kita menghasilkan sel darah putih untuk melawan penyakit dan infeksi, namun pada individu yang mengidap leukimia, produksi sel darah putih melebihi batas normal, namun dalam keadaan yang tidak normal.

Sel-sel yang terbentuk tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, hal ini dapat membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap infeksi, sehingga menyebabkan pendarahan di organ penting seperti paru-paru dan otak serta meningkatkan resiko terkena jenis kanker darah lainnya. 

Kanker tidak selalu bisa dihindari, namun Kamu dapat menurunkan risikonya dengan pola hidup sehat dan periksa kesehatan secara rutin.

Jika Kamu memiliki pertanyaan perihal kanker, tanyakan kepada dokter secara mudah melalui fitur Live Chat Seputar Kanker.

Kamu juga bisa gunakan fitur KlikDokter yang lain seperti Temu Dokter, Booking Layanan Kesehatan dan Belanja Sehat di KALStore.

Jangan lupa juga untuk download aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

Sel Kankerobat kankerKanker

Konsultasi Dokter Terkait