Kehamilan

Sederet Hal yang Harus Dilakukan saat Tahu Positif Hamil

Endah Murniaseh, 30 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Terdapat beberapa hal yang mesti segera dilakukan begitu mengetahui bahwa Anda positif hamil. Hal-hal apa saja yang dimaksud? Cek fakta selengkapnya lewat ulasan berikut.

Sederet Hal yang Harus Dilakukan saat Tahu Positif Hamil

Jangan terlalu larut dalam perasaan senang, khawatir, cemas, dan was-was saat mengetahui hasil tes kehamilan Anda positif. Ada hal-hal penting yang harus dilakukan saat tahu positif hamil.

Persiapan Anda akan menentukan kelancaran proses kehamilan selanjutnya. Bagi sebagian orang, pasti muncul kebingungan perihal apa yang harus diperbuat.  

Nah, agar Anda tidak salah langkah, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat mendapati hasil positif dari pemeriksaan kehamilan:

 

1. Periksakan ke Dokter

Segera periksa ke dokter setelah tes kehamilan Anda menunjukkan hasil positif. Menurut dr. Sara Elise Wijono, M Res, dokter nantinya akan melakukan evaluasi USG.

“Pemeriksaan USG bertujuan untuk menilai keberadaan kantong kehamilan. Dokter juga akan melihat apakah kehamilan berada dalam rahim atau tidak, dan sebagainya,” kata dr. Sara.

Selama pemeriksaan, Anda dapat berkonsultasi seputar obat yang sedang dikonsumsi, dan keluhan maupun kondisi kesehatan terkini. Jika ada, Anda juga dapat menjelaskan riwayat keguguran atau komplikasi kehamilan sebelumnya.

Artikel Lainnya: Hasil Tes Positif Tapi Tidak Hamil, Kok Bisa?

2. Memastikan Ulang Hasil Tes

Hasil test pack terkadang meragukan dan bisa saja positif palsu. Menurut dr. Sara, kondisi tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor, yaitu human error karena cara penggunaan test pack yang tidak tepat atau dampak konsumsi obat tertentu.

“Hasil positif palsu pada test pack juga bisa dipengaruhi oleh kehamilan kimia, yaitu ketika telur sudah dibuahi namun tidak menempel pada rahim,” jelas dr. Sara.

Guna mengonfirmasi hasil test pack, Anda sebaiknya berobat ke dokter untuk melakukan tes kehamilan darah. Umumnya, dokter akan menggunakan tes kehamilan kuantitatif untuk mengetahui kadar hCG di tubuh.

Proses tersebut akan diikuti dengan tes lain yang dilakukan beberapa hari selanjutnya guna mengetahui kecepatan peningkatan kadar hCG.

3. Ekspresikan Tanpa Berlebihan

Setiap wanita mungkin punya cara berekspresi yang berbeda menyikapi positifnya hasil tes kehamilan. Tidak ada salahnya juga jika Anda ingin langsung mengabari anggota keluarga, kerabat, dan sahabat terdekat. Hal yang terpenting, jangan lakukan secara berlebihan.

4. Perbanyak Informasi

Cari tahu tentang perkembangan kehamilan Anda setiap minggunya dengan mengikuti kelas hamil. Nantinya, konsulen akan menyampaikan hal-hal apa saja yang perlu dilakukan selama kehamilan.

Anda juga bisa membaca buku untuk meningkatkan pengetahuan tentang kehamilan, kelahiran, serta masa nifas.

Artikel Lainnya: Bisakah Lakukan Tes Kehamilan dengan Baking Soda?

5. Perawatan Diri

Menjaga kesehatan ibu hamil dapat dilakukan dengan gaya hidup dan pola makan yang baik. Anda pun perlu menjaga kebersihan dan berolahraga ringan secara rutin, agar kondisi tubuh tetap terjaga.

Jika dirasa perlu, konsumsilah susu atau vitamin prenatal. Namun, agar lebih aman dan terhindar dari risiko efek samping, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, ya.

6. Dapatkan Dukungan

Perubahan yang terjadi selama kehamilan membuat Anda membutuhkan bantuan banyak orang, baik untuk sekadar memantau kondisi kesehatan, atau sebagai ‘tempat’ berkeluh-kesah.

Selain dokter atau bidan, Anda bisa mendapatkan dukungan dari pasangan, keluarga, dan sahabat.

7. Nikmati Masa Kehamilan

Nikmati masa-masa kehamilan Anda dengan rasa bahagia dan syukur. Hal ini membuat Anda terhindar dari risiko stres dan depresi, yang apabila terjadi bisa berbahaya pada kehamilan.

Jangan sungkan untuk mencari bantuan dari tenaga profesional seperti psikolog, khususnya jika Anda kesulitan mengendalikan mood atau kondisi psikis selama kehamilan.

Dengan melakukan sederet hal di atas, diharapkan kehamilan Anda bisa berjalan dengan lancar hingga persalinan.

Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut terkait kehamilan, persalinan, atau masa menyusui, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter melalui Tanya Dokter atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Kehamilan

Konsultasi Dokter Terkait