Kulit

Menyingkap Manfaat Tidur Tanpa Bantal untuk Kulit

Zahra Aminati, 28 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tidur tanpa bantal dapat bermanfaat untuk kulit. Apa saja manfaatnya? Simak ulasan manfaat tidur tanpa manfaat di sini.

Menyingkap Manfaat Tidur Tanpa Bantal untuk Kulit

Banyak orang yang tidak bisa tidur tanpa bantal. Sebab pakai bantal dapat memberikan kenyamanan di kepala dan membuat tidur makin nyenyak. 

Kendati begitu, tidur tanpa bantal ternyata punya manfaat sendiri bagi kulit wajah dan kecantikan. Apa saja manfaat tidur tidak pakai bantal? Simak ulasannya di sini.

Manfaat Tidur Tanpa Bantal untuk Kecantikan

Tidur tanpa bantal memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Mencegah Munculnya Kerutan

Menurut sebuah penelitian tahun 2016 yang berjudul Sleep Wrinkles: Facial Aging and Facial Distortion During Sleep, tidur menggunakan bantal dapat menekan kulit saat tidur, terutama bagi orang yang tidur tengkurap atau menyamping.

Seiring berjalannya waktu, hal ini dapat menyebabkan kerutan dan memunculkan tanda-tanda penuaan di kulit. 

Oleh karena itu, tidur tanpa bantal bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menghindari kerutan atau mencegah munculnya tanda penuaan di kulit.

Artikel Lainnya: Bukan Menghilangkan Pilek, Ini Manfaat Uap Hangat untuk Kulit Wajah

2. Mencegah Munculnya Jerawat di Wajah

Tidur tanpa bantal dapat membantu mencegah jerawat di wajah. Pasalnya saat tidur beralasakan bantal, bakteri dan kotoran yang menempel di sarung bantal dapat berpindah ke kulit.

Pada akhirnya, kotoran dari sarung bantal dapat menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat. Tidur pakai bantal, terutama dengan sarung bantal kotor, dapat menyebabkan kondisi jerawat makin meradang, bahkan infeksi jika tidak segera diatasi. 

3. Kulit Tampak Lebih Cerah

Manfaat tidur tanpa bantal lainnya adalah membuat kulit tampak lebih cerah. Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, tidur pakai bantal dapat mengurangi sirkulasi darah ke kepala, termasuk ke wajah. Hal ini membuat wajah menjadi tampak lebih kusam dan tidak terawat. 

“Sementara itu, tidur tanpa bantal dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kepala dan wajah. Hal ini membuat kulit di area wajah tampak lebih sehat dan merah merona,” ujar dr. Iqbal. 

Artikel Lainnya: Manfaat Dermaplaning untuk Kecantikan Kulit Wajah

Risiko Tidur Tanpa Bantal

Kendati memiliki manfaat seperti yang telah dijelaskan di atas, tidur tanpa bantal juga bisa memicu risiko kesehatan tersendiri.

Melansir Healthline, tidur tanpa bantal dapat menyebabkan postur tulang belakang menjadi buruk. 

Ada tips bila Anda ingin tidur tanpa bantal. Anda bisa meletakkan bantal di bawah perut dan panggul. Bantal dapat bagian tengah tubuh jadi terangkat dan mengurangi tekanan di tulang belakang.

Tidur tanpa bantal juga dapat menyebabkan nyeri sendi dan tegang di bagian otot leher. Sebaiknya tidur tanpa batal tidak dilakukan terlalu sering.

Anda bisa berkonsultasi kepada dokter apabila memiliki masalah sakit leher dan ingin tidur tanpa bantal. Dokter dapat menganjurkan tips atau perawatan yang tepat.

Itu dia manfaat tidur tanpa bantal untuk kecantikan. Konsultasi langsung kepada dokter seputar masalah kulit lainnya hanya dengan menggunakan aplikasi KlikDokter. 

(OVI/JKT)

Sumber:

Medical News Today. Diakses Desember 2021. Sleeping without a pillow: Does it help?

Oxford Academic Journal. Diakses Desember 2021. Sleep Wrinkles: Facial Aging and Facial Distortion During Sleep. 2016. 

Healthline. Diakses Desember 2021. Is Sleeping Without a Pillow Good or Bad for Your Health?

Bantaltidur

Konsultasi Dokter Terkait