Ginjal dan Saluran Kemih

Tidak Tahan Pipis Saat Perjalanan, Ini Solusi Praktisnya

KlikDokter, 28 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Menahan pipis saat perjalanan tentu tidak mudah, terlebih bagi orang yang sudah berumur. Apa tips agar tidak beser di perjalanan? Simak di sini.

Tidak Tahan Pipis Saat Perjalanan, Ini Solusi Praktisnya

Mungkin menahan pipis tergolong mudah bagi kebanyakan orang. Namun, hal ini tidak mudah dilakukan orang berusia tua atau lansia.

Salah satu gangguan buang air kecil yang sering terjadi pada golongan senior adalah inkontinensia urine.

Apa sebenarnya inkontinensia urine? Gangguan ini adalah kondisi keluarnya urine yang tidak disengaja. Urine bisa keluar tak terkendali karena otot-otot kandung kemih melemah.

Inkontinensia urine dapat terjadi pada usia berapa pun. Tapi, umumnya lebih sering terjadi pada manula.

Seiring bertambahnya usia, perubahan di dalam tubuh dapat menyebabkan inkontinensia urine lebih mungkin terjadi. Terlebih saat perjalanan jauh dan harus menahan pipis, tentu hal ini menjadi sulit dilakukan.

Jangan khawatir, berikut ini tips agar tidak beser di perjalanan dan tak perlu menahan buang air kecil:

1. Ketahui Rute yang akan Anda Lalui

Saat bepergian dengan mobil, kenali rute yang akan Anda lalui dan ketahui area istirahat.

Dengan demikian, Anda dapat merencanakan pemberhentian reguler di berbagai tempat, seperti rest area, untuk ke kamar mandi.

2. Berpakaian Santai untuk Perjalanan

Gunakanlah pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat. Perhatikan pemilihan celana dengan lingkar perut yang sesuai agar tidak menekan organ dalam, termasuk kandung kemih.

Pemakaian baju atau celana terlalu ketat bisa menyebabkan keinginan pipis lebih mudah terjadi.

3. Batasi Asupan Cairan Sebelum dan Selama Perjalanan Udara

Penggunaan sabuk pengaman yang ketat dapat memberikan tekanan ekstra pada kandung kemih, terutama jika sudah penuh.

Membatasi cairan sebelum dan selama perjalanan dapat membantu mengurangi kebutuhan pipis selama perjalanan.

4. Hindari Minuman dengan Komponen Diuretik

Diuretik adalah kemampuan suatu zat untuk menyebabkan efek pengeluaran cairan dari tubuh.

Terdapat beberapa minuman yang mengandung efek ini, seperti soda, kopi, dan wine. Hindari beberapa minuman tersebut untuk menurunkan kemungkinan kencing selama perjalanan.

Artikel Lainnya: Hindari Kanker Kandung Kemih dengan Cara Ini

5. Gunakan Popok Dewasa

Popok dewasa dapat menjadi solusi tepat bagi penderita inkontinensia urine. Namun, penggunaan popok dewasa tidak boleh sembarangan. Perlu disesuaikan dengan kondisi penggunanya.

Bagi kondisi yang masih aktif, disarankan menggunakan popok dewasa tipe celana yaitu Confidence Popok Celana yang lebih praktis dan mudah dipakai.

Confidence Popok Celana memiliki karet elastis berbahan Lycra yang dapat mengikuti bentuk tubuh seperti memakai celana dalam biasa.

Popok celana ini dapat menyerap cairan dengan cepat dan lebih banyak hingga extra 6 kali daya serap. Jadi, popok bisa tahan semalaman, anti-bocor, dan permukaannya tetap kering.

Produk ini juga dilengkapi SAP Anti Bakteria yang dapat mengurangi pertumbuhan bakteri berbahaya. Kemampuan ini sudah teruji klinis Hypoallergenic oleh Australian dermatologist, sehingga aman digunakan pada kulit sensitif sekali pun.

Bagi kondisi tirah baring, disarankan menggunakan popok dewasa tipe perekat yaitu Confidence Classic Day dan Night untuk kenyamanan selama 24 jam. 

Gunakan Confidence Classic Day di pagi dan siang hari yang cepat menyerap, sehingga cepat kering dan nyaman digunakan.

Gunakan Confidence Classic Night di malam hari dengan daya tampung hingga 6 kali daya serap. Popok tipe perekat ini mengandung ekstrak Aloe Vera untuk cegah iritasi, dan pelindung samping anti-bocor untuk tidur malam lebih nyaman semalaman.

Bagi yang ingin lebih praktis dan ekonomis, bisa menggunakan Confidence Insert Pads sebagai lapisan penyerap yang dapat digunakan di popok celana dan popok perekat.

Produk ini dilengkapi perekat yang kuat dan tidak bergeser, serta pelindung samping anti-bocor.

Kini, Anda tidak perlu khawatir jika ingin bepergian jauh. Siapkan popok dewasa Confidence untuk menemani perjalanan agar lebih nyaman dan tak perlu repot menahan buang air kecil.

Bila ingin tanya dokter lebih lanjut seputar inkontinensia urine, gunakan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk respons cepat.

(FR/AYU)

AdvertorialLansiaInkontinensia Urine

Konsultasi Dokter Terkait