HomeGaya hidupSeksPenyebab Wanita Menangis Saat Berhubungan Seksual
Seks

Penyebab Wanita Menangis Saat Berhubungan Seksual

Endah Murniaseh, 28 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Wanita yang menangis saat berhubungan seks mungkin akan membuat pasangannya terkejut. Ketahui penyebab menangis saat berhubungan seks di sini.

Penyebab Wanita Menangis Saat Berhubungan Seksual

Berhubungan seksual adalah aktivitas yang melibatkan emosional atau perasaan. Tidak dimungkiri, beberapa wanita ada yang menangis saat berhubungan seksual.

Jika pernah mengalami hal tersebut, Anda tak perlu khawatir karena hal tersebut normal. Kenapa wanita menangis saat berhubungan seksual? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui penyebabnya.

1. Sakit

Berhubungan intim seharusnya tidak menyebabkan rasa sakit atau nyeri. Nyeri saat berhubungan seks atau dispareunia dapat terjadi karena infeksi, cedera, hingga kurangnya pelumas vagina.

Selain itu, jika wanita mengalami vaginismus, penetrasi venis ke vagina akan lebih sulit. Dampaknya, wanita bisa merasakan nyeri hebat hingga menangis saat berhubungan seksual.

2. Orgasme

Dokter Dyah Novita Anggraini mengatakan, “Pada saat orgasme, ada efek penurunan hormon dopamine, jadi wanita dapat merasa sedih.”

Tidak hanya itu, menurut penelitian dari Jurnal Sexual Medicine Review, orgasme pada wanita dapat menimbulkan berbagai macam reaksi, di antaranya seperti serangan panik hingga menangis.

3. Senang

Berhubungan seks dengan orang yang dicintai dapat membuat wanita menangis. Hal ini bisa terjadi karena Anda sangat bahagia. Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, kondisi ini dapat terjadi karena efek hormonal.

Tidak perlu menahan air mata saat Anda benar-benar bahagia. Hal ini bisa menjadi momen kebersamaan yang intim antara Anda dengan pasangan. Agar pasangan tidak khawatir, sampaikan bahwa Anda menangis karena bahagia.

Artikel Lainnya: Penyebab Sedih, bahkan Menangis, Usai Berhubungan Seks

4. Punya Trauma

Pernah mengalami pelecehan atau kekerasan seksual di masa lalu bisa menimbulkan trauma. Trauma yang belum pulih dapat menyebabkan wanita menangis saat berhubungan intim.

Pada kasus ini, penting untuk menangani trauma terlebih dahulu. Anda bisa berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater sebelum memulai hubungan secara emosional dan seksual.

5. Konflik dengan Pasangan

Menangis ketika berhubungan intim dapat terjadi ketika wanita sedang mengalami konflik dengan pasangannya.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya selesaikan dulu masalah Anda dengan pasangan. Berhubungan seksual saat sedang dalam situasi konflik tidak dapat menghasilkan perasaan bahagia.

Keintiman serta kebahagian Anda dan pasangan juga bisa tidak maksimal saat konflik belum diselesaikan dengan baik.

Itu dia penyebab wanita menangis saat berhubungan. Konsultasikan masalah kesehatan Anda dengan dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

Referensi

Very Well Health. Diakses 2021. Why You Might Cry During Sex

Science Direct. Diakses 2021. Sexual Performance Anxiety

Science Direct. Diakses 2021. Did You Climax or Are You Just Laughing at Me?, Rare Phenomena Associated With Orgasm

psikologisHubungan Seksual

Konsultasi Dokter Terkait