Diabetes

Manfaat Neem untuk Penderita Diabetes

Aditya Prasanda, 03 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Neem adalah bahan herbal India yang dinilai dapat mendukung kesehatan penderita diabetes. Ketahui manfaat neem untuk diabetes di sini.

Manfaat Neem untuk Penderita Diabetes

Neem atau mimba merupakan tanaman tropis yang banyak digunakan sebagai ramuan pengobatan herbal di India. Menurut penelitian, terdapat sejumlah manfaat neem untuk penderita diabetes. 

Bagaimana khasiat tumbuhan dengan nama ilmiah Azadirachta indica ini dalam mengobati diabetes? Yuk, cari tahu!

1. Meningkatkan Efisiensi Penggunaan Glukosa

Menurut dr. Alvin Nursalim, Sp.PD, terdapat beberapa penelitian yang mengkaji potensi neem untuk diabetes. Salah satu studi tersebut dipublikasikan lewat Journal of Ayurveda and Integrative Medicine tahun 2015.

“Hasil riset tersebut mengungkapkan, manfaat neem untuk diabetes diduga berasal dari kemampuannya dalam meningkatkan efisiensi penggunaan gula darah (glukosa) oleh otot rangka,” jelas dr. Alvin.

Pasalnya, neem dapat meningkatkan produksi reseptor glukosa 4 (GLUT4). Reseptor ini dapat membantu penyerapan gula darah ke dalam otot rangka penderita diabetes, tanpa perantara insulin.

Insulin merupakan hormon penting yang diperlukan sel tubuh untuk membantu proses penyerapan dan pengubahan gula darah menjadi energi. 

Artikel Lainnya: Tanda Diabetes Mellitus yang Perlu Anda Waspadai

Pada penderita diabetes, gangguan metabolisme menyebabkan tubuh tidak mampu merespons ataupun memproduksi hormon insulin secara optimal. Akibatnya, gula darah diabetesi (penderita diabetes) meningkat. 

Untuk mengatasi kondisi tersebut, diperlukan peran reseptor seperti GLUT4 yang dapat mendukung penyerapan gula darah. Nah, produksi GLUT4 dapat meningkat salah satunya dengan mengonsumsi neem

“Namun, masih banyak yang perlu dipelajari dari tanaman ini. Karena, neem belum masuk dalam pengobatan resmi yang sudah terstandar,” tegas dr. Alvin.

2. Mendukung Sekresi Insulin dan Kontrol Gula Darah

Mekanisme neem untuk mengontrol gula darah diabetes juga berasal dari kandungan mineral penting di dalamnya. Dua di antaranya yaitu kalsium dan magnesium.

Artikel Lainnya: Manfaat Pijat untuk Penderita Diabetes

Berdasarkan American Diabetes Association (ADA), kalsium merupakan mineral yang tidak hanya berperan untuk mendukung kesehatan tulang dan sendi. Nutrisi ini juga meningkatkan kekebalan tubuh maupun sekresi insulin.

Hal ini penting, karena diabetesi rentan mengalami nyeri sendi, gangguan tulang, penurunan kekebalan, maupun penurunan produksi insulin.

Sementara, magnesium merupakan mineral yang berperan dalam proses sintesis protein, maupun menjalankan fungsi otot dan saraf.

Menurut US National Institutes of Health, manfaat magnesium tersebut merupakan kunci utama dalam mengatur tekanan darah maupun gula darah.

Sayangnya, kadar gula darah tinggi diabetes dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan kelebihan gula bersama mineral yang diperlukan tubuh, seperti kalsium maupun magnesium. Ketiganya dikeluarkan melalui urine. 

Untuk mendukung kesehatan diabetesi, asupan kalsium dan magnesium dapat diperoleh lewat tanaman neem.

Itu dia potensi manfaat neem untuk penderita diabetes. Bila hendak mengonsumsi bahan herbal, disarankan berkonsultasi dulu ke dokter.

Gunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk berkonsultasi lebih cepat dan mudah.

(FR/JKT)


Obat Herbalgula darahDiabetes

Konsultasi Dokter Terkait