Ginjal dan Saluran Kemih

Mengenal Fungsi Ginjal dalam Tubuh Manusia

Zahra Aminati, 25 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ginjal merupakan organ tubuh yang sangat penting. Lalu, apa fungsi ginjal untuk tubuh? Simak ulasannya di sini.

Mengenal Fungsi Ginjal dalam Tubuh Manusia

Fungsi ginjal untuk kehidupan ternyata sangat banyak, lho. Perlu diketahui, ada dua ginjal di dalam tubuh manusia. Organ ini terletak tepat di bawah tulang rusuk, tepatnya di setiap sisi tulang belakang.

Bentuk organ ginjal mirip seperti kacang dengan masing-masing ukuran sebesar kepalan tangan.

Mari ketahui fungsi organ ginjal di dalam tubuh manusia dengan membaca ulasan berikut ini.

1. Mengontrol Keseimbangan Asam dan Basa

Kadar asam dan basa di dalam darah bisa diukur menggunakan parameter yang dikenal sebagai pH. Kadar pH normal dalam darah adalah 7,35 hingga 7,45.

Untuk mempertahankan pH normal, ginjal perlu mengeluarkan kadar asam dan basa yang berlebih. Fungsi organ ginjal juga dapat mempertahankan senyawa asam dan basa ketika tubuh kekurangan keduanya.

2. Mengontrol Keseimbangan Air dalam Tubuh

Ginjal bekerja mengatur keseimbangan air dalam tubuh. Ginjal dapat mengeluarkan jumlah cairan yang berlebihan dalam bentuk urine.

Saat mengalami gagal ginjal, tubuh kesulitan untuk mengeluarkan jumlah air yang berlebihan. Kelebihan air dalam tubuh dapat menyebabkan pembengkakkan.

3. Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Dokter Muhammad Iqbal Ramadhan mengatakan, “Fungsi utama ginjal adalah filtrasi atau menyaring darah menjadi urine. Dalam proses penyaringan itu sendiri memang akan dihasilkan atau diserap suatu zat yang namanya elektrolit."

Elektrolit, seperti natrium, kalium, hidrogen, kalsium, fosfor, magnesium, dan bikarbonat memiliki fungsi penting bagi tubuh.

Di antaranya, elektrolit membantu kontraksi otot, memberikan hidrasi pada tubuh, dan mengatur tingkat pH tubuh.

4. Menghilangkan Racun dan Limbah Tubuh

Ginjal berfungsi menyaring dan mengeluarkan limbah hasil metabolisme tubuh dalam bentuk urine.

Ginjal dapat menyaring garam berlebih, urea (hasil metabolisme protein), dan kreatinin (hasil metabolisme otot saat tubuh beraktivitas).

Kreatinin dan urea merupakan produk limbah yang bisa diukur dalam darah serta dapat menunjukkan fungsi ginjal. Kadar kreatinin dan urea yang tinggi dapat menunjukkan adanya gangguan ginjal.

Artikel Lainnya: Risiko yang Mengintai Ketika Bumil Mengidap Penyakit Ginjal Kronis

5. Mengontrol Tekanan Darah dan Kadar Garam

Ginjal menghasilkan renin, yaitu hormon yang mengatur kadar garam dan tekanan darah dalam tubuh. Kadar garam normal dan tekanan darah yang stabil sangat dibutuhkan supaya ginjal dapat bekerja optimal.

Segala hal yang mengubah tekanan darah dapat merusak ginjal, termasuk kebiasaan konsumsi alkohol berlebihan, merokok, dan kondisi obesitas.

6. Memproduksi Hormon Eritropoetin

Ginjal menghasilkan hormon yang disebut dengan eritropoietin. Hormon ini memainkan peran penting untuk produksi sel darah merah dalam tubuh.

Ketika mengidap gagal ginjal, produksi eritropoietin akan menurun. Dampaknya, produksi sel darah merah jadi berkurang dan tubuh mengalami anemia.

7. Menghasilkan Bentuk Aktif Vitamin D

Ginjal menghasilkan hormon calcitriol yang membuat vitamin D jadi aktif guna menyerap kalsium dari makanan yang Anda konsumsi. Kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Demikian penjelasan terkait fungsi ginjal manusia. Untuk tahu informasi atau tips sehat lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

Referensi:

Wawancara dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Medical News Today. Diakses Desember 2021. What do the kidneys do?

Florida Kidney Physician. Diakses Desember 2021. The 7 functions of the kidneys.

pencernaanginjal

Konsultasi Dokter Terkait