Pencernaan

Mengenal Organ Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya

Tri Yuniwati Lestari, 21 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sistem pencernaan terdiri dari beberapa organ untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisinya. Ketahui apa saja organ pencernaan di sini.

Mengenal Organ Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya

Sistem pencernaan manusia terdiri dari berbagai organ atau bagian vital yang saling berkaitan. Masing-masing organ pencernaan manusia memiliki peran dalam proses mencerna makanan atau minuman.

Fungsi sistem pencernaan yang optimal sangat penting. Sebab, tubuh membutuhkan nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi agar tetap sehat.

Berikut ini urutan sistem pencernaan pada manusia dan fungsinya:

1. Mulut

Dijelaskan dr. Theresia Rina Yunita, sistem pencernaan dimulai dari mulut. Menggigit, memotong, dan mengunyah adalah cara mulut memecah makanan menjadi potongan-potongan yang lebih mudah dicerna.

Setelah menjadi potongan-potongan kecil, makanan akan bercampur dengan air liur. Pencampuran ini bertujuan memulai proses pemecahan menjadi bentuk yang dapat diserap dan digunakan tubuh.

“Pada mulut, juga terdapat epiglotis yang akan membuka saat menelan dan menutup, sehingga mencegah Anda tersedak. Selain itu, mulut juga menghasilkan enzim yang dapat mencerna makanan yang dikonsumsi,” ucap dr. Theresia.

Menurut Cleveland Clinic, Amerika Serikat, melihat dan mencium aroma makanan di depan Anda bahkan bisa termasuk dalam proses pencernaan. Karena, kelenjar ludah menjadi aktif di saat tersebut.

2. Kerongkongan

Kerongkongan adalah tabung yang membentang dari faring (tenggorokan) ke perut. Melalui serangkaian kontraksi yang disebut peristaltik, kerongkongan akan bekerja mengirimkan makanan ke lambung.

Pada ujung kerongkongan sebelum lambung, ada bagian yang disebut sfingter esofagus bagian bawah. Ini adalah katup yang berfungsi menjaga makanan agar tidak kembali ke kerongkongan.

Artikel lainnya: Atresia Esofagus, Kelainan Kerongkongan pada Bayi Baru Lahir

3. Lambung

Setelah melewati kerongkongan, makanan akan menuju lambung. Di lambung, makanan akan ditampung dan kemudian bercampur dengan enzim lambung.

Sel-sel di lapisan perut akan mengeluarkan asam dan enzim yang bertanggung jawab dalam proses pemecahan makanan. Ketika isi perut sudah cukup diproses lambung, makanan akan berpindah ke usus kecil.

4. Usus Halus

Melansir WebMD, usus halus terdiri dari tiga bagian, yakni duodenum, jejunum, dan ileum. Usus halus merupakan bagian organ pencernaan yang panjangnya sekitar 20 kaki.

Fungsi alat pencernaan manusia ini melanjutkan proses pemecahan makanan menggunakan enzim yang dikeluarkan pankreas dan empedu dari hati. Empedu adalah senyawa yang membantu mencerna lemak dan menghilangkan produk limbah dari darah.

Bagian usus halus duodenum sebagian besar bertanggung jawab melanjutkan proses pemecahan makanan. Sementara, jejunum dan ileum bertanggung jawab dalam penyerapan nutrisi ke dalam aliran darah.

5. Pankreas

Fungsi pankreas dalam sistem pencernaan manusia adalah mengeluarkan enzim pencernaan ke dalam duodenum. Enzim pencernaan nantinya akan membantu memecah protein, lemak, dan karbohidrat dari makanan.

Pankreas juga akan membuat insulin untuk dialirkan ke aliran darah. Insulin adalah hormon utama di dalam tubuh untuk memetabolisme gula.

Artikel lainnya: Mengenal Transplantasi Pankreas untuk Mengobati Diabetes

6. Hati

Organ hati punya sejumlah fungsi. Tetapi, kegunaan utama pada proses pencernaan adalah mencerna nutrisi dari usus halus.

Sementara, empedu dari organ hati berperan mencerna sejumlah vitamin dan lemak.

Hati pun mendetoksifikasi zat kimia yang berpotensi berbahaya. Contoh perannya yaitu menyaring serta memproses kotoran, obat-obatan, dan racun yang masuk di dalam tubuh.

7. Kantung Empedu

Kantung empedu terletak tepat di bawah hati yang menyimpan empedu. Cairan empedu dibuat di hati, kemudian disimpan di kantung empedu melalui saluran yang disebut duktus sistikus.

“Empedu membantu pencernaan dengan memecah lemak menjadi asam lemak, yang dapat dibawa ke dalam tubuh oleh saluran pencernaan,” jelas dr. Theresia.

Selama Anda makan, kantung empedu akan berkontraksi. Lalu, bagian ini mengirimkan cairan empedu ke usus kecil untuk membantu penyerapan nutrisi.

Setelah nutrisi diserap, sisa dari makanan akan bermuara di usus besar.

8. Usus Besar

Usus besar adalah bagian sistem pencernaan manusia yang memiliki panjang sekitar 5-6 kaki. Bagian ini menghubungkan sekum (bagian pertama usus besar) ke rektum (bagian terakhir usus besar).

Usus besar terdiri dari sekum, kolon asenden, kolon transversum, kolon desenden, dan kolon sigmoid yang terhubung ke rektum.

Kotoran atau limbah yang tersisa dari proses pencernaan akan melewati usus besar dengan cara peristaltik (gerakan mendorong makanan).

Biasanya dibutuhkan sekitar 36 jam untuk tinja melewati usus besar. Kotoran itu sendiri sebagian besar terdiri dari sisa makanan dan bakteri.

Namun, bakteri baik akan melakukan beberapa fungsi, seperti mensintesis berbagai vitamin, memproses produk limbah dan partikel makanan, serta melindungi dari bakteri berbahaya.

Ketika usus besar penuh tinja, bagian ini akan mengosongkan isinya ke dalam rektum untuk memulai proses eliminasi (buang air besar).

Artikel lainnya: Inilah 5 Penyebab Radang Usus Buntu

9. Rektum

Rektum adalah ruang yang menghubungkan usus besar ke anus. Tugas rectum adalah menerima feses dari usus besar. Organ pencernaan ini juga memberitahu akan ada feses yang harus dikeluarkan, dan menahan feses sampai terjadi pengosongan.

Ketika gas atau tinja masuk ke rektum, sensor mengirim pesan ke otak. Otak kemudian memutuskan apakah isi rektum bisa dikeluarkan atau tidak.

Jika bisa, sfingter mengendur dan rektum berkontraksi untuk membuang isinya. Jika isinya tidak dapat dibuang, sfingter berkontraksi dan rektum menyesuaikan sehingga sensasi akan hilang sementara.

10. Anus

Anus atau dubur merupakan bagian terakhir dari saluran pencernaan. Lapisan anus bagian atas mampu mendeteksi isi rektal. Ini memungkinkan Anda mengetahui apakah isinya cair, gas, atau padat.

Anus memiliki dua otot sfingter yang penting untuk mengontrol feses. Sementara, otot dasar panggul menciptakan sudut antara rektum dengan anus yang mencegah tinja keluar di saat yang tidak seharusnya. Sfingter internal mencegah buang air besar tanpa disengaja, seperti saat tidur.

Sedangkan, ketika ingin buang air besar, sfingter eksternal akan menahan tinja sampai Anda berada di toilet dan tinja bisa dikeluarkan.

Itulah organ-organ penyusun sistem pencernaan manusia beserta fungsinya masing-masing. Jika Anda ingin berkonsultasi seputar pencernaan, gunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(FR/JKT)

Referensi:

Better Health Australia. Diakses 2021. Digestive system explained.

US National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. Diakses 2021. Your Digestive System & How it Works.

Cleveland Clinic. Diakses 2021. Digestive System.

WebMD. Diakses 2021. Your Digestive System.

sistem pencernaanSaluran Pencernaan

Konsultasi Dokter Terkait