HomeIbu Dan anakKehamilanFakta Tentang Hamil Kedua yang Penting untuk Dicatat
Kehamilan

Fakta Tentang Hamil Kedua yang Penting untuk Dicatat

Endah Murniaseh, 18 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Hamil anak kedua mungkin akan terasa sedikit berbeda dengan kehamilan sebelumnya. Agar Anda tidak salah kira, berikut ini sederet fakta tentang kehamilan kedua!

Fakta Tentang Hamil Kedua yang Penting untuk Dicatat

Bisa hamil anak kedua merupakan sebuah anugerah bagi pasangan yang mendambakan adik untuk si sulung.

Karenanya, Anda perlu melakukan persiapan yang matang agar kehamilan kedua bisa berjalan sesuai rencana.

Faktanya, kehamilan kedua bisa terasa berbeda daripada hamil untuk pertama kalinya. Apabila tidak dipersiapkan dengan baik, Anda mungkin akan kaget dan khawatir karenanya.

Atas dasar itu, akan lebih baik jika Anda mengetahui sederet fakta tentang hamil anak kedua. Berikut penjelasannya:

1. Lebih Cepat Terlihat

Setelah kehamilan pertama, rahim cenderung tidak menyusut. Ligamen maupun otot yang telah meregang tidak lagi optimal menahan kehamilan secara efisien. Hal ini bisa membuat perut perut Anda tampak besar dengan lebih cepat.

2. Merasakan Gerakan Lebih Awal

Bidan dan ibu 2 anak di Calgary, Kanada, Nicola Strydom, mengungkapkan bahwa gerakan bayi akan lebih mudah dirasakan saat kehamilan kedua.

“Pertama kali hamil, Anda mungkin mengira gerakan bayi seperti perut berisi gas. Tapi, saat kehamilan kedua, Anda dapat langsung mengenali bahwa itu adalah gerakan gerakan bayi,” kata Nicola, dilansir dari Today Parent.

Artikel Lainnya: Tambah Anak atau Tidak? Ini Pertimbangan dari Dokter dan Psikolog

3. Lebih Mudah Lelah

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, pada kehamilan kedua dan seterusnya, ibu hamil akan lebih cepat lelah daripada sebelumnya.

“Ligamen yang mengendur pada area panggul akan melebarkan serviks atau rahim. sehingga mudah sakit punggung dan lebih cepat lelah,” kata dr. M. Iqbal.

4. Tubuh Terasa Lebih Nyeri

Kehamilan kedua dapat meningkatkan sensasi nyeri pada tubuh. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, seperti persedian yang mengendur, peningkatan hormon relaksin, dan posisi bayi itu sendiri.

5. Lebih Banyak Kontraksi Palsu

Kontraksi palsu atau braxton hicks akan lebih sering terjadi. Hal ini karena sebelumnya Anda telah merasakan kontraksi yang nyata.

6. Proses Persalinan Lebih Cepat

Pada kehamilan kedua, rahim dan leher rahim telah melalui proses melahirkan ketika Anda hamil untuk pertama kalinya. Oleh karena itu, fase persalinan saat hamil anak kedua akan terasa jauh lebih mudah.

Berdasarkan Today’s Parent, sebagian besar ibu yang melahirkan pertama kali memerlukan waktu 9 jam persalinan aktif dan 1 jam mendorong bayi keluar dari rahim.

Pada persalinan anak kedua, waktu persalinan aktif yang dibutuhkan hanya sekitar 6 jam dan 30 menit untuk mendorong.

Artikel Lainnya: Menunda Punya Anak Malah Bikin Susah Hamil, Benarkah?

7. Nyeri yang Lebih Parah

Pada kelahiran anak kedua, jumlah otot yang terdapat di rahim akan lebih sedikit. Selain itu, untuk mengurangi pendarahan, tekanan yang diberikan rahim juga lebih kuat.

Kondisi ini dapat memicu afterpains atau rasa sakit setelah melahirkan yang lebih intens. Keluhan tersebut juga bisa dirasakan lebih.

8. Rasa Khawatir

Anda mungkin akan merasa lebih senang saat kehamilan kedua. Di saat yang sama, Anda pun bisa merasa cemas lantaran khawatir bagaimana cara membesarkan kedua anak sekaligus.

Guna mengurangi kekhawatiran tersebut, Anda dapat berbagi kisah dengan ibu yang memiliki anak lebih dari satu.

Anda juga dapat bergabung dengan kelompok ibu-ibu di lingkungan sekitar rumah untuk mendapatkan dukungan, pendapat, maupun saran.

Bila mengalami permasalahan hamil anak kedua yang tidak dapat Anda atasi sendiri, cobalah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan dengan berkunjung ke klinik terdekat.

Anda juga bisa melakukan konsultasi kepada dokter secara online dengan memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

Sumber:

Wawancara dr. Muhammad Iqbal Ramadhan,

Todays Parent. Diakses 2021. 7 things you need to know about your second pregnancy

Baby Center. Diakses 2021. Second pregnancy: Symptoms, differences, and how to prepare

Kehamilan

Konsultasi Dokter Terkait