HomeInfo SehatCovid-19Bawa Anak ke Tempat Umum Saat Pandemi, Lakukan Ini!
Covid-19

Bawa Anak ke Tempat Umum Saat Pandemi, Lakukan Ini!

KlikDokter, 15 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pandemi COVID-19 belum usai. Namun, anak sudah mulai ingin keluar rumah dan pergi ke tempat umum. Apa saja yang harus orangtua lakukan? Cek daftar ini!

Bawa Anak ke Tempat Umum Saat Pandemi, Lakukan Ini!

Jumlah kasus COVID-19 sudah melandai. Beberapa tempat dan fasilitas umum, seperti mal, tempat wisata, restoran, dan tempat ibadah, mulai dibuka dengan sejumlah aturan.

Namun demikian, pandemi belumlah selesai.

Risiko penularan virus corona tetap ada di sekitar kita. Setiap orang, termasuk orangtua yang memiliki anak, harus tetap waspada terlebih jika ingin pergi ke tempat umum.

Jika lalai, tak mustahil si kecil tertular virus corona.

Perhatikan Prokes Anak di Tempat Umum

Jadi, persiapan apa saja, sih, yang harus dilakukan saat akan mengajak anak keluar rumah? Berikut protokol kesehatan anak di tempat umum yang perlu dipenuhi.

1. Menggunakan Masker

Menggunakan masker dengan benar saat pergi ke tempat umum dapat membantu mengurangi risiko penularan virus penyakit coronavirus.

Yang pertama, pastikan masker bersih, tidak robek, ataupun berlubang. Jangan kenakan si kecil masker yang rusak, kotor. Sesuaikan masker dengan ukuran wajah anak.

Selanjutnya, posisikan masker agar bisa menutupi area hidung, mulut, dan dagu anak secara sempurna. Tekan-tekan bagian hidung untuk meminimalkan celah masker.

Ingatkan juga anak agar tetap menggunakan masker dengan benar. Beri penjelasan mengapa mereka harus menggunakannya.

Apabila anak dapat mengerti dan melakukannya dengan benar, membawa mereka ke tempat umum bisa dilakukan.

Bila mereka belum dan tidak mau menggunakan masker atau terlalu kecil untuk menggunakan masker, sebaiknya hindari dulu berpergian ke tempat umum.

Artikel Lainnya: Cara Atasi Anak yang Merasa Tak Punya Teman Saat Pandemi

2. Mencuci Tangan

Mencuci tangan penting sekali diajarkan sedini mungkin kepada anak, terlebih di masa pandemi saat ini.

Pasalnya, telapak tangan adalah area yang paling aktif menyentuh beraga benda dan permukaan. Sayangnya, tangan juga yang menyentuh hidung, mulut, mata, dan juga makanan.

Menyentuh hidung, mulut, mata, plus makanan dengan tangan yang kotor dan terkontaminasi akan berisiko terinfeksi penyakit, seperti diare dan influenza.

Itu sebabnya, ajarkan anak untuk mencuci tangan sebelum makan, setelah makan, jika ingin menyentuh wajah, jika terlihat kotor, atau setelah menyentuh benda-benda di tempat umum.

Ajarkan juga cara mencuci tangan yang benar dengan sabun dan air bersih mengalir, serta tidak perlu terburu-buru.

Pastikan juga si kecil menggunakan sabun yang mengandung bahan antibakteri yang ampuh membunuh kuman.

Faktanya, mencuci tangan dengan sabun dapat melindungi sekitar 1 dari setiap 3 anak yang sakit diare.

Kebiasaan ini melindungi hampir 1 dari 5 anak dengan infeksi saluran pernapasan seperti pneumonia.

3. Jangan Menyentuh Daerah Wajah

Melansir APIC.org, diperkirakan, seseorang menyentuh wajah sekitar 23 kali setiap jam. Padahal, kebiasaan ini diniai kurang baik, terlebih Anda menyentuhnya dengan tangan yang kotor. Mengapa demikian?

Saat menyentuh wajah, kuman di tangan, termasuk virus corona, dapat menetap di selaput lendir dan menyebabkan infeksi. Risiko anak terinfeksi kuman pun meningkat.

Itu sebabnya, jelaskan kepada anak untuk tidak menyentuh area wajah saat keluar rumah dan berada di tempat umum, terlebih jika belum mencuci tangan.

Jangan lupa untuk selalu memantau mereka jika tiba-tiba mereka lupa dan melakukannya.

4. Menjaga Jarak

Virus corona dapat disebarkan melalui berbagai cara. Salah satunya, melalui droplet ketika penderita batuk, bersin, berbicara, dan bernyanyi.

Namun, bukti menunjukkan kalau virus menyebar terutama di antara orang-orang yang melakukan kontak dekat satu sama lain, biasanya dalam jarak 1 meter.

Seseorang dapat terinfeksi ketika droplet yang mengandung virus corona terhirup atau bersentuhan langsung dengan mata, hidung, atau mulut.

Itu sebabnya, ingatkan anak untuk senantiasa menjaga jarak setidaknya 1 meter saat berada di tempat umum.

Lebih baik, Anda dan keluarga memilih mengunjungi tempat dengan ruang terbuka serta tidak terlalu ramai.

5. Pastikan Anak Sehat

Sebelum berpergian ke mana pun, pastikan anak Anda sehat. Jika sedang tidak enak badan atau kelelahan, sebaiknya tunda dulu bepergian ke tempat umum.

Pasalnya, meski sudah melakukan semua protokol kesehatan, anak-anak sedang tidak sehat atau daya tahan tubuhnya sedang rendah, rentan terserang penyakit.

Berikan makanan bergizi, aktivitas fisik yang cukup, tidur yang cukup, dan suplementasi vitamin bila diperlukan. Jangan lupa untuk memastikan semua vaksinasi mereka terpenuhi sesuai jadwal.

Artikel Lainnya: Kapan Vaksin COVID-19 untuk Anak 5 Tahun Siap Diberikan?

Kebersihan Anak Usai Pulang dari Tempat Umum Juga Penting

Tak hanya ketika berada di tempat umum, disiplin menjaga kebersihan setelah tiba di rumah juga penting diterapkan.

Saat berada di luar rumah, anak dapat terpapar kuman, debu, dan kontaminan lain yang bisa berefek buruk bagi kesehatan. Tidak langsung membersihkan tubuh usai tiba, hanya akan meningkatkan risiko terpapar penyakit.

Makanya, ketika sampai di rumah, cucilah semua pakaian yang digunakan. Jangan biarkan anak tetap memakai pakaian yang sama di rumah.

Jangan lupa untuk membuang masker sekali pakai yang digunakan untuk berpergian. Hindari penggunaan masker tersebut berulang karena sudah tidak higienis dan berkurang efektivitasnya.

Tak hanya pakaian, pastikan si kecil dan Anda mandi setelah bepergian. Seperti yang disinggung sebelumnya, tubuh dan pakaian yang kotor bisa membawa kuman ke dalam rumah. Selain berisiko pada diri sendiri, anggota keluarga lain di rumah juga dapat terinfeksi.

Bersihkan seluruh badan serta rambut dengan menggunakan sabun dan sampo. Jangan lupakan, selalu gunakan sabun mandi dengan kandungan antibakteri, seperti Lifebuoy.

Sabun Lifebuoy mengandung ActivSilver Formula untuk perlindungan terhadap 10 kuman penyebab masalah kesehatan.

Produk tersebut juga memberikan perlindungan secara total dan menyeluruh pada kulit. Formula termutakhir Lifebuoy terbukti mampu melindungi Anda dari kuman dalam waktu 10 detik, menurut hasil uji laboratorium pada organisme indikator.

Lifebuoy juga diformulasikan dengan 10 kali moisturizer sehingga mampu mencegah kulit si kecil dari kekeringan.

Ayo, Ayah-Bunda! Jaga kebersihan si kecil selama dan setelah bepergian ke tempat umum saat pandemi virus corona. Gunakan sabun Lifebuoy yang higienis, ampuh dan cepat membunuh kuman, serta lembut di kulit.

Dapatkan tips lainnya seputar menjaga kesehatan si kecil di masa pandemi dengan mengunduh aplikasi KlikDokter atau konsultasi dengan dokter lewat fitur Tanya Dokter online.

(HNS/AYU)

Advertorialvirus coronaKesehatan Anak

Konsultasi Dokter Terkait