Sukses

Bawaan Wajib Saat Naik Transportasi Umum Selama Pandemi

Sudah mulai sering menggunakan transportasi umum? Berikut ini perlengkapan yang perlu dipersiapkan saat naik transportasi umum di masa pandemi.

Tidak semua orang memiliki transportasi pribadi seperti mobil maupun sepeda motor untuk beraktivitas di luar rumah.

Sebagian besar orang pun masih mengandalkan transportasi umum seperti bus hingga kereta untuk bepergian.

Namun, pada masa pandemi seperti ini, penggunaan transportasi umum bisa menjadi salah satu sumber penularan infeksi COVID-19.

Meski Anda sudah melakukan vaksinasi, bukan berarti Anda aman 100 persen dari paparan infeksi virus corona.

Anda tetap perlu menjalankan protokol kesehatan, sebab vaksinasi hanya membantu meringankan gejala infeksi coronavirus jika suatu saat nanti terinfeksi.

Adapun Kementerian Kesehatan telah bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan, merumuskan sejumlah protokol kesehatan saat berada di transportasi umum.

Hal ini berguna untuk melindungi masyarakat, sehingga bisa produktif kembali serta mencegah penyebaran infeksi COVID-19

Artikel Lainnya: Coba New Normal dengan Bekerja dari Kantor Lagi, Ini Kata Psikolog

Beberapa peraturan yang wajib Anda perhatikan misalnya, bepergian dalam kondisi sehat, selalu menggunakan masker, serta menjaga jarak dengan penumpang lainnya.  

1 dari 2 halaman

Perlengkapan saat Naik Transportasi Umum di Masa Pandemi

Selain menjalankan protokol kesehatan yang berlaku, ada beberapa perlengkapan yang bisa Anda bawa selama naik transportasi umum di masa pandemi ini, di antaranya:

1. Masker Cadangan

Masker kini menjadi salah satu alat perlindungan yang wajib untuk digunakan. Tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga membawa masker medis dan masker non-medis cadangan di tas Anda.

Ini berguna sebagai antisipasi kalau-kalau masker yang Anda gunakan sudah kotor, basah, maupun sudah tidak layak untuk digunakan.

Jika Anda menggunakan masker kain atau non-medis, disarankan untuk memilih yang sudah sesuai SNI.

Artinya, masker sekurang-kurangnya terdiri dari dua lapis, warna pada masker tidak mudah luntur, dan bahan tidak terlalu tipis.

Sementara untuk penggunaan masker medis, pastikan telah memiliki ijin edar dari Kemenkes.

Pilih yang berbahan non-woven spunbond meltblown spunbond (sms) atau spunbond meltblown meltblown spunbond (smms) untuk masker bedah.

Untuk masker N95 atau KN95, pilih yang terdiri dari 4-5 lapisan, yaitu lapisan luar berupa polypropilen dan lapisan tengah berupa electrete/charged polypropylene.

Masker sebaiknya diganti setiap 6 jam sekali untuk masker medis, 4 jam sekali untuk masker non-medis, atau saat masker sudah basah maupun kotor.  Siapkan juga kantung kecil untuk menyimpan masker yang kotor, terutama jika tidak tersedia tempat sampah. 

2. Face Shield

Untuk memberikan perlindungan tambahan, selain menggunakan masker, Anda pun bisa menggunakan face shield.Terutama jika transportasi umum yang Anda naiki cukup padat penumpang.

Tujuannya supaya terhindari dari droplets dalam jarak 60 cm. Dengan begitu, partikel kecil pun akan terhalang masuk ke rongga mata, mulut, dan hidung.

Setelah menggunakan face shield, jangan lupa untuk membersihkannya, ya!

3. Hand Sanitizer

Perlengkapan selama pandemi yang tidak boleh dilewatkan di dalam tas Anda adalah ketersediaan hand sanitizer.

Salah satu protokol kesehatan menganjurkan Anda untuk secara berkala mencuci tangan terutama setelah menyentuh benda-benda yang digunakan secara bersamaan.

Mengingat di transportasi umum tidak tersedia tempat cuci tangan, ada baiknya Anda memiliki hand sanitizer di tas untuk membersihkan tangan setelah menyentuh fasilitas pada kendaraan umum.

Artikel Lainnya: Saat New Normal, Ini Jenis Olahraga yang Aman Anda Lakukan

4. Sabun Cuci Tangan

Selain mencuci tangan dengan hand sanitizer, Anda juga bisa membawa sabun cuci tangan di tas Anda.

Anda bisa mengemas cairan sabun cuci tangan dalam botol kecil sehingga mudah disimpan di tas.

Membawa sabun cuci tangan sendiri dapat berguna untuk berjaga-jaga apabila di tempat umum tidak tersedia sabun cuci tangan.

5. Tisu Basah dan Kering

Jangan lupa untuk membawa tisu basah maupun kering. Anda bisa membawa tisu basah yang mengandung alkohol atau dilengkapi dengan formula anti bakteri seperti Lifebuoy Wet Wipes Anti Bacterial.

Tisu basah bisa digunakan untuk membantu membersihkan permukaan benda-benda yang akan disentuh.

Siapkan juga tisu kering jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk menyentuh area wajah maupun untuk mengeringkan tangan usai cuci tangan.

Selain menerapkan protokol kesehatan, menjaga kebersihan diri dan lingkungan perlu diperhatikan agar terhindar dari paparan virus corona.

Salah satu produk kesehatan yang direkomendasikan untuk menjaga kebersihan di masa pandemi ini adalah Lifebuoy Hand Sanitizer Total 10.

Artikel Lainnya: Ini Cara Membersihkan Face Shield Saat New Normal

Lifebuoy Hand Sanitizer Total 10 mampu membersihkan tangan di manapun dan kapanpun Anda berada.

Hand sanitizer Lifebuoy terbukti secara efektif membunuh bakteri dan menyingkirkan virus dari tangan sampai 99.9 persen, termasuk virus H1N1, dengan cepat dan tanpa menggunakan air.

Formulanya yang cepat kering dan tidak lengket membuatnya nyaman untuk digunakan.

Selain itu, dilengkapi dengan pelembab alami dan vitamin E yang menjaga tangan Anda tetap lembut dan halus.

Perlengkapi diri Anda dengan baik, agar saat naik transportasi umum tetap aman dan nyaman.

Jangan lupa, selalu gunakan masker dengan baik dan benar, jaga jarak antar penumpang, dan jaga kebersihan agar terhindar dari paparan COVID-19.

(PUT/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar