Diet dan Nutrisi

Efektivitas Energy Drink untuk Bantu Jaga Kesehatan

KlikDokter, 15 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Energy drink tak hanya membantu meningkatkan stamina dan performa, tapi juga bisa menjaga kesehatan, lho! Simak penjelasannya berikut!

Efektivitas Energy Drink untuk Bantu Jaga Kesehatan

Daya tahan tubuh manusia merupakan sebuah sistem yang kompleks. Ada banyak faktor yang memengaruhinya, salah satunya lewat pemenuhan nutrisi yang cukup.

Pemenuhan nutrisi secara umum bisa didapatkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari, suplemen kesehatan, termasuk minuman energi.

Di kalangan umum, manfaat energy drink adalah sebagai minuman penambah stamina yang dapat membantu meningkatkan performa dan konsentrasi. Tak heran, minuman jenis ini sering digunakan usai berolahraga maupun beraktivitas berat.

Namun, ternyata tak cuma itu. Di dalam minuman energi terdapat pula nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin B dan taurin.

Kandungan Energy Drink

Hampir semua energy drink atau minuman energi yang dijual secara bebas mengandung kafein. Zat ini dikenal dapat menstimulasi dan meningkatkan kewaspadaan sehingga Anda bisa berkonsentrasi penuh.

Selain kafein, minuman energi juga tersusun atas berbagai kandungan, seperti gula; vitamin B, lisin, inositol (vitamin B8), dan taurin.

Vitamin B berperan dalam metabolisme serta menjaga daya tahan tubuh. Sementara, lisin berperan bagi penyusun protein dan membantu membentuk massa otot dan pemulihan otot.

Artikel Lainnya: Peran Asam Amino dalam Mengatasi Kanker

Inositol dapat membantu mengontrol kadar stres dan kecemasan, memperbaiki suasana hati, serta menurunkan gejala depresi.

Bagaimana dengan taurin? Taurine atau taurine berguna menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh.

Asam amino ini juga berperan sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas sekaligus ikut mengatur sistem imunitas tubuh.

Konsumsi Minuman Energi yang Aman bagi Kesehatan

Minum minuman energi sebenarnya aman untuk dikonsumsi, terlebih jika memang dibutuhkan pada waktu-waktu tertentu.

Misalnya, ketika akan berolahraga atau harus melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi penuh.

Selain itu, agar mengonsumsi minuman energi terasa aman, bacalah label komposisi dan petunjuk penggunaannya. Hal ini tentu bermanfaat untuk mengetahui batasan agar Anda tidak berlebihan mengonsumsinya.

Contohnya saja kandungan kafein yang ada di dalam minuman energi. Sebenarnya kafein aman jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Artikel Lainnya: Sumber Protein Terbaik untuk Vegetarian

Konsumsilah minuman energi dalam jumlah yang wajar dan aman. Nah, salah satu minuman energi yang bisa Anda konsumsi secara aman adalah Kratingdaeng Red Bull.

Kratingdaeng Red Bull adalah minuman energi premium #1 di Dunia, yang berkhasiat untuk meningkatkan stamina dan konsentrasi.

Minuman berenergi tersebut mengandung kafein 50 mg di setiap kemasannya, atau jauh di bawah batasan harian kafein yang direkomendasikan.

Minuman energi ini menggunakan 100 persen gula murni yang aman untuk dikonsumsi. Kratingdaeng Red Bull dilengkapi dengan kandungan vitamin B kompleks (vitamin B3, B6, provitamin B5, dan B12), taurin, kolin, inositol, kafein, serta lisin.

Kombinasi semuanya dapat membantu Anda lebih energik, aktif, berstamina, dan fokus di segala situasi.

Tak perlu ragu lagi mengonsumsi Kratingdaeng Red Bull. Pasalnya, kandungan yang ada di dalamnya sudah memenuhi standar BPOM dan tidak ada efek samping yang muncul karena bahan-bahan yang digunakan terbuat dari bahan alami.

Anda dapat minum Kratingdaeng Red Bull tiga kali dalam sehari tanpa khawatir adanya efek ketergantungan.

Minuman energi yang baik untuk kesehatan bisa menjadi pilihan untuk membantu meningkatkan stamina.

Imbangi juga dengan menjalani gaya hidup sehat dan aktif agar daya tahan tubuh Anda tetap terjaga.

Dapatkan informasi lainnya seputar tips menjaga dan meningkatkan stamina dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(HNS/AYU)

Sumber :

Healthline: Diakses 2021.Are Energy Drinks Good or Bad for You?

NCCIH. Diakses 2021. Energy Drinks.

Medical News Today. Diakses 2021. Drinks for naturally boosting the immune system: Do they work?

Medical News Today. Diakses 2021. What are some of the top natural energy drinks?

Healthline. Diakses 2021. What Is Taurine? Benefits, Side Effects and More.

Advertorialenergy drink

Konsultasi Dokter Terkait