Diet dan Nutrisi

Manfaat Taurin dalam Energy Drink, Ampuhkah Tingkatkan Energi?

dr. Devia Irine Putri, 14 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Taurin sering ditemukan di dalam energy drink mengingat senyawa ini dapat meningkatkan energi. Lantas, apa manfaat taurin lainnya bagi tubuh? Ketahui di sini.

Manfaat Taurin dalam Energy Drink, Ampuhkah Tingkatkan Energi?

Bagi orang-orang yang gemar berolahraga, pasti tidak asing dengan minuman energi.

Ya, minuman energi atau energy drink sering digunakan untuk menambah stamina ataupun meningkatkan performa ketika berolahraga. Hal ini tentu berkat adanya berbagai kandungan dalam energy drink, salah satunya taurin.

Taurin adalah jenis asam amino yang sejatinya sudah ada di dalam tubuh manusia, seperti di otak, mata, jantung, hati, dan juga otot.

Meski tubuh memproduksi taurin dengan sendirinya, zat ini juga dapat ditemukan di makanan atau minuman, seperti daging, ikan, produk susu, suplemen, serta minuman energi.

Tidak seperti asam amino lainnya, taurin bukan bagian penyusun protein, melainkan termasuk senyawa asam amino esensial.

Ada pun manfaat taurin dalam tubuh adalah menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, mengatur kadar kalsium, membentuk  garam empedu, menjaga daya tahan tubuh, menjaga fungsi sistem saraf pusat dan mata, serta memiliki efek antioksidan yang berguna menjaga kesehatan sel.

Sebaliknya, kekurangan taurin bisa menunjukkan beberapa masalah kesehatan, seperti gangguan fungsi ginjal, kerusakan pada jaringan mata, serta gangguan pada otot jantung.

Manfaat Taurin untuk Meningkatkan Kapasitas Otot pada Minuman Energi

Tak hanya penting untuk tubuh, taurin dalam minuman energi sudah sering dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan performa terutama dalam olahraga.

Sejumlah studi pada hewan yang dimuat di National Library of Medicine (PubMed), menunjukkan bahwa taurin membantu otot bekerja lebih lama. Di samping itu juga meningkatkan kemampuan kontraksi dan kekuatan otot.

Sama halnya dengan penelitian yang melibatkan manusia, juga dimuat di PubMed, penggunaan taurin membantu membuang limbah pada otot serta melindungi otot dari kerusakan sel dan stres oksidatif.

Karena efek inilah, taurin seringkali dimanfaatkan para atlet ketika latihan, sehingga ia dapat bertahan lebih lama dan risiko mengalami nyeri otot pun berkurang.

Selain itu, taurin juga dimanfaatkan sebagai salah satu campuran dalam minuman energi berkat manfaatnya dalam meningkatkan kapasitas otot.

Artikel Lainnya: Sumber Protein Terbaik untuk Vegetarian

Kandungan Taurin Aman pada Minuman Energi

Selain dari makanan sehari-hari seperti ikan, daging dan produk susu, taurin juga dapat ditemukan dalam bentuk minuman energi maupun suplemen.

Sejatinya, mengkonsumsi taurin tambahan seperti minuman energi atau suplemen aman untuk dilakukan.

Namun, penting untuk mengetahui batas amannya agar tidak menimbulkan efek samping dan memperoleh manfaatnya secara maksimal.

Saat ini, dosis taurin yang umum digunakan adalah antara 500-2.000 mg setiap harinya.

Pada suatu penelitian tahun 2009, menunjukkan bahwa taurin aman dikonsumsi hingga dosis 3.000 mg, namun belum diketahui efek jangka panjangnya ketika menggunakan dosis tinggi.

Meski taurin pada minuman energi aman untuk dikonsumsi, perlu diingat bahwa di dalam minuman energi juga ada kandungan gula dan kafein. Ketika dikonsumsi berlebih, akan menimbulkan masalah kesehatan.

Untuk itu, Anda dianjurkan tetap membaca label nilai gizi dan petunjuk penggunaan sebelum mengkonsumsi minuman energi.

Jika Anda memiliki kondisi tertentu atau sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, disarankan pula berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Itulah ulasan mengenai manfaat taurin pada minuman energi. Anda bisa bertanya seputar masalah kesehatan lainnya lewati fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(PUT/AYU)

Referensi:

Healthline. Diakses 2021. What Is Taurine? Benefits, Side Effects and More.

Medical News Today. Diakses 2021. How does taurine affect the body?

News-Medical.net. Diakses 2021. Taurine Toxicity.

News-Medical. net. Diakses 2021. Taurine Energy Drinks.

energy drink

Konsultasi Dokter Terkait