Diet dan Nutrisi

Lisin dalam Energy Drink, Ampuhkah Tingkatkan Energi?

dr. Reza Fahlevi, 14 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anda kerap menemukan kandungan lisin di dalam energy drink. Apakah asam amino ini ampuh tingkatkan energi? Cari tahu jawabannya di sini.

Lisin dalam Energy Drink, Ampuhkah Tingkatkan Energi?

Mungkin Anda pernah mendengar lisin, meski tidak tahu secara detail apa dan bagaimana manfaatnya. Sebenarnya, lisin adalah salah satu jenis asam amino esensial yang penting bagi tubuh.

Asam amino lisin sendiri tidak dapat dibentuk sendiri oleh tubuh sehingga harus didapatkan dari luar. Antara lain, bisa diperoleh melalui energy drink alias minuman energi.

Asam amino adalah struktur terkecil pembentuk protein dalam tubuh. Sebagai salah satu jenis asam amino, fungsi lisin yang utama adalah bahan baku pembentukan berbagai jenis protein dalam tubuh, seperti enzim, hormon, plasma darah, maupun struktur sel tubuh.

Namun demikian, ternyata berbagai penelitian menemukan bahwa manfaat lisin lebih dari itu. Apa saja sih manfaatnya? Simak ulasan manfaat lisin di sini.

Manfaat Lisin untuk Meningkatkan Energi

Lisin bekerja sebagai “building block” pada pembentukan protein sehingga dapat menunjang pertumbuhan yang optimal.

Selain itu, asam amino ini juga banyak berperan dalam proses metabolisme energi dalam tubuh. Berikut daftarnya.

  • Lisin berperan dalam siklus pembentukan dan peluruhan otot serta membantu pemindahan lemak antar-sel agar dapat mudah dibakar menjadi energi.
  • Lisin juga membantu meningkatkan nafsu makan sehingga tubuh memiliki bahan bakar energi yang cukup dari makanan bergizi yang dimakan.
  • Senyawa ini juga membantu pembentukan karnitin yang juga berperan penting dalam kontraksi otot. Hal ini juga penting agar tubuh dapat memanfaatkan energi yang tersimpan secara efektif dan efisien.
  • Asam amino lisin juga dapat mencegah kecemasan, membantu penyembuhan luka, serta mengoptimalkan penyerapan kalsium ke dalam tubuh.

Karena memiliki banyak sekali manfaat, lisin sering kali menjadi salah satu komposisi penting di dalam kandungan minuman energi.

Artikel Lainnya: Manfaat Taurin dalam Energy Drink, Ampuhkah Tingkatkan Energi?

Manfaat Kombinasi Lisin dan Kolin dalam Minuman Energi

Tidak hanya lisin, ada zat lain yang juga berperan penting dalam proses pembentukan energi, yaitu kolin. Apa itu kolin?

Kolin dapat terbilang sebagai zat nutrien yang baru ditemukan oleh ilmuwan dan memainkan banyak peran untuk tubuh. Kolin tidak termasuk dalam jenis vitamin maupun mineral, tapi komposisinya mendekati vitamin B.

Sama seperti lisin, kolin memiliki banyak peran. Salah satunya adalah membantu proses transportasi dan metabolisme lemak dalam tubuh. Fungsi ini sinergis dengan lisin.

Artikel Lainnya: Kombinasi Inositol dan Kolin untuk Tingkatkan Konsentrasi

Itulah sebabnya, kombinasi lisin dan kolin dapat semakin mengoptimalkan proses pembentukan energi dari pembakaran lemak dalam tubuh.

Fungsi sinergi inilah yang membuat “duet” lisin dan kolin ini sering dimasukkan dalam kandungan energy drink.

Tentunya, mengonsumsi minuman energi yang mengandung lisin dan kolin aman asalkan tidak berlebihan.

Dalam kondisi yang membutuhkan energi ekstra, misalnya saat berolahraga atau beraktivitas fisik berat, Anda dapat mengonsumsi minuman energi yang mengandung lisin dan kolin dalam takaran 1 kali penyajian.

Selain itu, pastikan juga asupan nutrisi seimbang terpenuhi sebagai sumber bahan baku energi yang akan dibakar.

Anda masih punya pertanyaan seputar manfaat lisin atau minuman energi? Konsultasikan kepada dokter melalui aplikasi KlikDokter.

(HNS/AYU)

energy drink

Konsultasi Dokter Terkait