Jantung

Bahaya Kebanyakan Minum Air Putih untuk Jantung

Aditya Prasanda, 16 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bahaya minum air putih secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan jantung. Ketahui mekanismenya lewat ulasan berikut.

Bahaya Kebanyakan Minum Air Putih untuk Jantung

Anda mungkin sering mendengar selentingan soal khasiat banyak minum air putih untuk kesehatan tubuh. Padahal, medis menyarankan air putih tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Salah satu alasannya karena banyak minum air justru dapat memicu penyakit jantung. 

Bagaimana bahaya air putih yang dikonsumsi berlebihan menyebabkan masalah jantung? Ketahui jawabannya lewat ulasan berikut.

Kebanyakan Minum Air Putih Picu Masalah Jantung

Mengonsumsi air putih secara berlebihan dapat menyebabkan kondisi overhidrasi atau ketidakseimbangan cairan. 

Overhidrasi terjadi ketika tubuh memiliki jumlah cairan lebih banyak daripada yang sanggup dikeluarkan oleh ginjal. Akibatnya, tubuh mengalami penumpukan cairan.

Kondisi ini menyebabkan elektrolit dalam tubuh menjadi terlalu encer. Elektrolit yang dimaksud meliputi kalium, magnesium, dan natrium.  

Natrium merupakan elektrolit yang paling terdampak overhidrasi. Penumpukan cairan menyebabkan hiponatremia atau kadar natrium sangat rendah.

Perlu diketahui, natrium merupakan elektrolit penting. Tugasnya menjaga keseimbangan jumlah cairan yang masuk maupun ke luar dari sel tubuh. 

Ketika kadar natrium menurun, cairan yang masuk ke dalam sel tubuh lebih banyak. Akibatnya sel-sel membengkak.

Artikel Lainnya: Ketahui Risiko Penyakit Jantung di Masa Depan, Ini Caranya

Salah satu sel yang terdampak yaitu sel-sel otak. Pembengkakan sel otak menyebabkan otak mengalami tekanan.

Kondisi ini menyebabkan fungsi otak terganggu, sehingga orang yang kebanyakan minum air putih mengalami gejala berupa sakit kepala, kebingungan, dan mudah mengantuk.

Tidak hanya itu, peningkatan tekanan di otak dapat menyebabkan masalah jantung, salah satunya bradikardia atau kondisi ketika jantung berdetak lebih lambat dari biasanya.

Bradikardia menyebabkan organ dan jaringan tubuh lainnya terganggu. Sebab, perlambatan detak jantung membuat organ dan jaringan tubuh tidak memperoleh asupan oksigen dari darah secara optimal.

Akibatnya, orang yang minum air putih secara berlebihan dapat mengalami gejala bradikardia.

Gejala yang dimaksud di antaranya pusing, lemas, kulit pucat dan kebiruan, nyeri perut, nyeri dada, sesak napas hingga pingsan.

Selain itu, tekanan di otak akibat banyak minum air putih dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. 

Hipertensi, seperti diketahui merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko gangguan jantung, termasuk masalah kardiovaskular lainnya seperti stroke.

Artikel Lainnya: Fakta tentang Penyakit Jantung yang Wajib Diketahui

Apa yang Perlu Dilakukan?

Pada dasarnya, sistem tubuh manusia membutuhkan cairan guna bekerja dengan baik. Asupan cairan dibutuhkan tubuh untuk mengatur suhu, melancarkan pencernaan, membuang produk limbah hingga menjalankan seluruh fungsi utama tubuh.

Salah satu cara memenuhi kebutuhan cairan tersebut yaitu dengan minum air putih. Meski begitu, menurut dr. Theresia Rina Yunita, air putih tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan dan sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah cukup.

“Asupan yang cukup berkisar 2 hingga 2,5 liter per hari,” katanya. Minum air putih dalam jumlah cukup dapat menghindari risiko gangguan jantung. 

Oleh karena itu, penderita penyakit jantung disarankan tidak meminum terlalu banyak air putih. Disarankan konsumsi air putih secukupnya saja sesuai kebutuhan harian.

Selain itu, minum air putih dalam jumlah cukup juga dapat meminimalkan risiko berbahaya akibat overhidrasi, seperti kejang, koma, dan kematian.

Itu dia bahaya banyak minum air putih untuk jantung. Jika ingin bertanya lebih lanjut seputar info kesehatan lainnya, konsultasi ke dokter via Live Chat.

(OVI/JKT)

Referensi:

Web MD. Diakses 2021. What Is Too Much Water Intake?

Mayo Clinic. Diakses 2021. Water: How much should you drink every day?

Healthline. Diakses 2021. Overhydration.

EverydayHealth. Diakses 2021. Fluid Around the Heart and Bradycardia 

Air PutihKebutuhan CairanDehidrasiPenyakit Jantung

Konsultasi Dokter Terkait