Tulang

Pertolongan Pertama pada Patah Tulang Pergelangan Tangan

Endah Murniaseh, 13 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Orang yang mengalami patah tulang di pergelangan tangan mesti segera diberikan pertolongan pertama. Seperti apa pertolongan pertama pergelangan tangan patah? Cek di sini.

Pertolongan Pertama pada Patah Tulang Pergelangan Tangan

Pergelangan tangan patah adalah kondisi gawat darurat yang mesti segera ditangani dengan tepat. Pasalnya, penderita bisa saja mengalami rasa nyeri parah, yang mungkin diikuti oleh perdarahan, bengkak, atau lebam.

Pergelangan tangan patah biasanya disebabkan oleh cedera parah. Kondisi tersebut pun bisa terjadi akibat kecelakaan saat berkendara, terpeleset ketika naik dan turun tangga, atau akibat hal-hal lainnya.

Sebelum ke dokter, ada baiknya orang yang di sekitar korban melakukan tindakan pertolongan pertama guna meringankan keluhannya.

 

Pertolongan Pertama untuk Pasien Patah Pergelangan Tangan

Berikut adalah cara memberikan pertolongan pertama pada korban patah pergelangan tangan: 

  • Hubungi 112

Segera hubungi layanan darurat di nomor 112. Nantinya, Anda akan diteruskan kepada instansi terkait agar mendapatkan respons yang cepat dan tepat.

Selain itu, layanan ini juga akan memandu Anda untuk melakukan tindakan yang diperlukan sesuai dengan kondisi kedaruratan yang dilaporkan.

Artikel Lainnya: Ketahui Cedera yang Dapat Dialami oleh Cheerleader

  • Menghindari Perdarahan

Apabila terdapat perdarahan, Anda bisa menekan bagian tubuh tersebut menggunakan kain bersih. Hal ini dapat dilakukan hingga perdarahan berkurang atau berhenti.

Jika cedera membuat tulang yang patah keluar dari kulit, pastikan untuk tidak menyentuhnya. Jika hal tersebut dilakukan, cedera yang dialami korban bisa semakin parah.

  • Berikan Kompres Es

Mengompres es pada area yang cedera dapat mengurangi pembengkakan. Menurut dr. Devia Irine Putri, es memiliki suhu rendah sehingga bisa membantu menyempitkan pembuluh darah.

“Hal tersebut bisa membuat aliran darah melambat, sehingga peradangan dan kerusakan di pembuluh darah dapat berkurang. Hal ini bisa meringankan risiko pembengkakan dan nyeri,” kata dr. Devia.

  • Buatkan Belat

Untuk memperkecil gerakan pada lengan yang cedera, Anda bisa membuatkan belat dari penggaris atau gulungan koran.

Pasangkan belat tersebut dengan tepat, agar tidak mengganggu sirkulasi darah korban.

  • Laporkan Kejadian Lengkapnya Kepada Dokter

Saat bantuan medis sudah tiba di tempat, pastikan untuk menjelaskan kondisi korban sedetail mungkin kepada dokter. Hal ini untuk membantu dokter melakukan tindakan selanjutnya.

Dokter mungkin akan melanjutkan laporan Anda dengan rontgen lengan, untuk selanjutnya dipasangkan bidai atau gips. Operasi mungkin juga diperlukan untuk mengatur ulang letak tulang.

Artikel Lainnya: Mengenal Gips yang Sering Digunakan Untuk Patah Tulang

Berapa Lama Penyembuhan Pergelangan Tangan Patah?

Melansir National Health Service, kebanyakan kasus patah pergelangan tangan dapat pulih dalam 6–8 minggu. Durasi tersebut bisa lebih lama, khususnya jika lengan atau pergelangan tangan mengalami cedera parah.

Guna membantu pemulihan, pasien juga perlu melakukan hal-hal berikut ini:

  • Usahakan agar tangan tetap terangkat di atas siku. Saat tidur, gunakan bantal untuk mempertahankan posisi tangan agar tetap lebih tinggi daripada siku.
  • Ikuti saran latihan yang dianjurkan dokter ataupun fisioterapis.
  • Minum obat penghilang rasa sakit sesuai dosis.

Selain itu, ada pula hal-hal yang perlu dihindari agar kondisi tidak memburuk. Hal tersebut, antara lain:

  • Jangan biarkan gips basah. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan pelindung gips antiair. Benda ini bisa dibeli di apotek terdekat.
  • Jangan garuk area bawah gips, karena rentan memicu infeksi.
  • Jangan mengemudi atau mencoba mengangkat benda berat. Kedua aktivitas ini baru boleh dilakukan setelah ada izin dari dokter.

Ingin tahu lebih detail tentang pertolongan pertama pada patah tulang? Tak perlu sungkan untuk berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Referensi:

Portal Layanan Panggilan Darurat 112. Diakses 2021. Selamat Datang pada Layanan Darurat 112

Hand Surgery Specialists of Texas. Diakses 2021. How to Treat a Broken Arm During First Aid

National Health Service. Diakses 2021. Broken Arm or Wrist

tulangPatah Tulang

Konsultasi Dokter Terkait