Kulit

Viral Pelumas Seks sebagai Primer Wajah, Ini Bahayanya

Aditya Prasanda, 08 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sejumlah pengguna TikTok mempopulerkan tren baru mengoleskan pelumas seks sebagai primer makeup. Ini bahayanya menurut dokter.

Viral Pelumas Seks sebagai Primer Wajah, Ini Bahayanya

Lubricant merupakan cairan pelumas yang biasa digunakan untuk mendukung aktivitas seks. Namun, belum lama ini sejumlah pengguna TikTok menggunakan pelumas sebagai primer wajah.

Primer merupakan produk kecantikan yang berfungsi membuat tampilan makeup terlihat lebih halus dan tahan lama. Produk ini juga bikin kulit lebih lembap dan membuat hasil akhir makeup lebih sempurna.

Sayangnya, primer makeup terbaik dibandrol dengan harga yang tidak murah. Sejumlah pengguna TikTok pun akhirnya menemukan alternatif dan kemudian mempopulerkan penggunaan pelumas sebagai primer wajah.

 

Klaim Manfaat Pelumas untuk Primer Wajah

Mereka mengklaim, pelumas memiliki fungsi serupa primer wajah. Beberapa contohnya yaitu melindungi dan melembapkan kulit, meratakan warna kulit, meminimalkan pori, serta membuat kulit lebih bercahaya, halus, dan flawless.

Lebih dari itu, beberapa pengguna TikTok yang mencoba tren ini mengaku pelumas dapat membuat makeup lebih tahan lama.

Penggunaannya sendiri layaknya primer. Pelumas dioleskan ke wajah sebelum makeup digunakan. Bahkan, beberapa orang mencampurkan pelumas dengan foundation sebelum mengaplikasikannya ke wajah.

Artikel Lainnya: Membersihkan Wajah dengan Metode Double Cleansing, Perlukah?

 

Bahaya Pelumas untuk Kulit Wajah

Sejumlah ahli kulit menilai, penggunaan pelumas sebagai primer justru dapat membahayakan kulit.

Dokter Alexis Stephens, seorang dermatologist dan pendiri Parkland Dermatology & Cosmetic Surgery, Amerika Serikat, menilai pelumas dapat menyebabkan alergi dan membuat kulit wajah lebih sensitif.

Pasalnya, bahan-bahan pelumas seperti castor oil, klorheksidin, spermisida, dan propylene glycol dapat menimbulkan masalah pada kulit wajah.

“Kulit wajah berbeda dengan kulit kelamin. Bahan-bahan di dalam pelumas seks justru dapat membuat kulit wajah ditumbuhi komedo putih dan hitam maupun jerawat, khususnya papula,” jelas dr. Alexis.

Ia menambahkan, pelumas yang bersifat lengket juga dapat menyumbat pori-pori, serta menjebak bakteri dan kotoran di kulit.

Terlebih, pelumas juga mengandung perisa, pewarna, dan pewangi. Kandungan ini dapat menyebabkan kulit wajah berisiko terkena dermatitis kontak.

Kondisi peradangan kulit akibat paparan zat tertentu tersebut menyebabkan kulit mengalami iritasi maupun reaksi alergi.

Artikel Lainnya: Perawatan Wajah pada Wanita Aktif

Gunakan Primer Wajah yang Seharusnya

Salah satu produsen pelumas seks yang digunakan sejumlah pengguna TikTok bahkan tidak merekomendasikan produknya sebagai primer makeup.

Untuk itu, dr. Alexis menegaskan pentingnya menggunakan primer wajah sungguhan. Dengan catatan, penggunaan primer tetap disesuaikan dengan kondisi kulit setiap orang.

Menurutnya, primer sungguhan maupun pelembap wajah sudah diformulasikan untuk menghidrasi kulit. Efek samping pada kulit pun bisa dicegah.

Dokter Dyah Novita Anggraeni juga menjelaskan, primer membantu menutup pori-pori wajah dan membuat makeup tahan lama.

Ia menambahkan agar kulit wajah tetap sehat setelah memakai makeupbersihkan wajah dengan pembersih wajah (cleansing milk) dan sabun cuci muka.

Itu dia bahaya pelumas seks sebagai primer kulit wajah. Tetap gunakan produk khusus kulit wajah demi menghindari efek samping berbahaya.

Jika ingin bertanya lebih lanjut seputar kulit dan kecantikan, konsultasi lewat Live Chat dokter kulit di aplikasi Klikdokter.

(FR/JKT)

Referensi:

Women's Health UK. Diakses 2021. ‘I Tried the Lube as Primer TikTok Hack - Here’s How It Went’.

The Cut New York. Diakses 2021. Why Is Everyone Putting Lube on Their Faces?

MakeupKecantikan KulitPelumas

Konsultasi Dokter Terkait