HomeInfo SehatCovid-19Studi: Mutasi Omicron Diduga Terjadi pada Tikus
Covid-19

Studi: Mutasi Omicron Diduga Terjadi pada Tikus

Aditya Prasanda, 06 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sejumlah ilmuwan menduga varian Covid Omicron ditularkan dari tikus. Simak temuannya lewat ulasan berikut.

Studi: Mutasi Omicron Diduga Terjadi pada Tikus

Varian Covid Omicron disebut-sebut memiliki jumlah mutasi virus yang lebih banyak dibanding Delta. 

Meski begitu, WHO bersama para ilmuwan masih menyelidiki lebih jauh dampak mutasi Omicron pada perilaku varian virus corona tersebut.

Tinjauan WHO meliputi tingkat penularan varian Omicron, tingkat keparahan infeksi dan gejala yang disebabkannya, hingga pengaruhnya pada kinerja vaksin, tes diagnostik, serta efektivitas terapi pengobatan coronavirus.

Tidak hanya itu, para ilmuwan juga mengembangkan beberapa teori alternatif soal asal-usul mutasi Omicron. Salah satu teorinya menyebutkan B.1.1.529 diduga berasal dari tikus.

Hipotesis Mutasi Omicron Berasal dari Tikus

Hipotesis ini berawal dari temuan soal penularan varian asli SARS-CoV-2 pada hewan, mulai dari anjing, kucing, hingga rusa. Infeksi COVID-19 tersebut berasal dari manusia. 

Varian asli coronavirus tidak menginfeksi tikus. Namun, dalam perkembangannya, varian virus corona seperti Alpha, Beta, dan Delta ternyata juga menginfeksi spesies hewan lain, termasuk hewan pengerat seperti tikus.  

Ketika virus yang berasal dari manusia menjangkiti hewan, peneliti menyebut proses penularan ini sebagai reverse zoonosis

Artikel Lainnya: Awas, Virus Corona Bisa Bermutasi dan Menular dari Cerpelai!

Peneliti menemukan, di dalam tubuh tikus, virus corona berevolusi dan mengembangkan sekitar 50 mutasi protein lonjakan. Protein ini digunakan coronavirus untuk memasuki sel tubuh inang dan membuatnya lebih menular.

Setelah bermutasi, varian baru Covid dari tikus kembali menginfeksi manusia. Penularan virus dari hewan ke manusia ini dinamakan zoonosis

Dijelaskan dr. Devia Irine Putri, dalam rangkaian perkembangan Omicron, ilmuwan menduga terdapat dua fase, yaitu reverse zoonosis kemudian diikuti zoonosis.

“Jadi virusnya menginfeksi tikus, lalu bermutasi. Kemudian, kembali ke manusia sudah dalam kondisi varian baru,” jelasnya.

Salah satu ilmuwan yang mendukung hipotesis Omicron berasal dari hewan yaitu Kristian Andersen, seorang ahli imunologi dari Scripps Research Institute, Amerika Serikat. 

Dari bukti yang ada, Kristian berpendapat perkembangan Omicron lewat reverse zoonosis diikuti zoonosis tergolong masuk akal. Menurutnya, perubahan genetik dari varian ini pun sangat tidak biasa.

Perubahan genetik yang dimaksud yaitu sejumlah mutasi Omicron yang identik dan ditemukan pada hewan pengerat. Temuan ini disampaikan sebelumnya oleh Robert Garry, profesor mikrobiologi dan imunologi di Tulane Medical School, AS.

Artikel Lainnya: Awas, Anda Bisa Kena Infeksi Dua Varian Virus Corona Sekaligus!

Garry mengatakan, terdapat tujuh mutasi Omicron yang dikembangkan ketika virus corona menginfeksi tikus. Ia meyakini, inang pertama varian Omicron berasal dari hewan pengerat tersebut.

“Menilik kemampuan SARS-CoV-2 dalam menjangkiti berbagai spesies hewan, di masa depan bukan tidak mungkin kita akan menghadapi varian Covid yang diturunkan dari hewan,” Garry memperingatkan.

Menurutnya, hal ini bisa berujung pada pengembangan vaksin yang akan terus dilakukan.

Temuan Belum Konklusif

Sejumlah ilmuwan yang mempelajari evolusi virus mengungkapkan, rangkaian perkembangan Omicron dari manusia-hewan-manusia bukanlah sesuatu yang mustahil. 

Kendati demikian, mereka menegaskan asal-usul mutasi Omicron belum dapat disimpulkan.

“Penting untuk mengeksplorasi berbagai hipotesis. Namun, secara pribadi, saya menduga penularan Omicron berasal dari individu yang mengalami gangguan kekebalan. Perkembangannya juga tidak terdeteksi,” jelas Emma Hodcroft, ahli epidemiologi molekuler di Institute of Social and Preventive Medicine, Swiss.

Senada dengan Emma, profesor evolusi molekuler dari Institute of Evolutionary Biology, Skotlandia, Andrew Rambaut mengungkapkan adanya peluang Omicron bermutasi dari hewan pengerat.

Menurutnya, hal tersebut memang masuk akal. Namun, temuan itu masih sebagai hipotesis alternatif.

Ketahui update terbaru virus corona di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter dengan lebih mudah lewat Live Chat.

(FR/JKT)

Referensi:

Live Science. Diakses 2021. Omicron variant may have evolved in rats, one theory says.

STAT. Diakses 2021. Some experts suggest Omicron variant may have evolved in an animal host.

Tikusvirus coronamutasi virus corona

Konsultasi Dokter Terkait