HomeGaya hidupDiet dan NutrisiSederet Manfaat Biji Kelor untuk Kesehatan Tubuh Anda
Diet dan Nutrisi

Sederet Manfaat Biji Kelor untuk Kesehatan Tubuh Anda

Aditya Prasanda, 08 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Biji kelor mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa menunjang kesehatan tubuh Anda. Cari tahu khasiat biji kelor untuk tubuh lewat fakta medis berikut ini.

Sederet Manfaat Biji Kelor untuk Kesehatan Tubuh Anda

Biji kelor merupakan salah satu bagian tanaman kelor yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat biji kelor didapatkan dari kemampuannya dalam menurunkan kolesterol, memiliki efek antioksidan, serta agen antiradang.

Khasiat biji kelor tersebut juga tidak lepas dari kandungan gizi di dalamnya. Faktanya, biji kelor mengandung vitamin C tujuh kali lipat lebih banyak dari jeruk, vitamin A 10 kali lipat lebih banyak dari wortel, dan zat besi 25 kali lipat lebih banyak dari bayam.

Tidak cuma itu, biji kelor juga kaya akan serat, kalium, magnesium, protein, dan kalsium.

Lantas, apa saja manfaat kesehatan yang diperoleh dari biji kelor? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Mengatur Tekanan Darah

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension pada tahun 2016 menemukan bahwa bubuk biji kelor bermanfaat untuk mengatur tekanan darah pada tikus percobaan yang mengalami hipertensi.

Senada dengan itu, riset yang diterbitkan melalui jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity tahun 2017 menemukan bahwa khasiat biji kelor dalam mengatur tekanan darah berasal dari efek antiradang dan antioksidan di dalamnya.

Artikel Lainnya: Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Kandungan antioksidan dalam biji kelor dapat membatasi stres oksidatif penyebab tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Manfaat serupa juga diperoleh dari kandungan asam oleat di dalam biji kelor.

Asam oleat berfungsi mengurangi jumlah lipid dalam darah, sehingga meminimalkan risiko hipertensi maupun gangguan jantung.

2. Menurunkan Kolesterol

Manfaat biji kelor selanjutnya, yaitu dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL). Hal ini disampaikan oleh dr. Theresia Rina Yunita.

“Sejumlah riset yang dilakukan pada hewan dan manusia menemukan bahwa biji kelor dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL),” papar dr. There.

3. Meningkatkan Energi

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan badan lemas, mengantuk, sulit berkonsentrasi, serta perubahan suasana hati. Untuk mengatasi kondisi tersebut, mengonsumsi biji kelor dapat menjadi salah satu solusinya.

Hal tersebut karena biji kelor sangat kaya akan zat besi, yang bermanfaat meningkatkan produksi sel darah merah kaya oksigen untuk menunjang fungsi otot, organ, dan jaringan tubuh lainnya.

Artikel Lainnya: Sederet Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan Wajah

4. Meredakan Asma

Biji kelor memiliki efek antiradang dan antispasmodik (menekan kejang otot). Khasiat ini disebut dapat meringankan gejala asma bronkial, seperti mengi, sesak napas, dan batuk.

Sebuah penelitian yang dirilis melalui Indian Journal of Pharmacology menemukan bahwa gejala asma bronkial dapat dikurangi dengan mengonsumsi 3 gram bubuk biji kelor selama 3 pekan.

5. Mengurangi Gangguan Pencernaan

Biji Kelor mengandung serat larut, yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Tidak hanya itu, biji kelor juga bermanfaat untuk meredakan gejala tukak lambung.

Di samping itu, studi yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One menyebut bahwa bubuk biji kelor juga berkhasiat meningkatkan fungsi jaringan usus besar. Bubuk biji kelor juga dikatakan mampu mengurangi tingkat keparahan peradangan usus besar akibat kolitis ulserativa.

Tertarik dengan manfaat biji kelor untuk kesehatan? Jika ya, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memanfaatkan bahan alami tersebut. Anda hanya ingin merasakan khasiat tanpa merasakan efek sampingnya, bukan?

Anda bisa berkonsultasi langsung kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

Referensi:

Doctor Health Press. Diakses 2021. The Health Benefits of Moringa Seeds.

US National Library of Medicine

National Institutes of Health. Diakses 2021. Promising features of Moringa oleifera oil: recent updates and perspectives.

herbal

Konsultasi Dokter Terkait