Sukses

Persiapan Sebelum Menjalani Hari Pertama Kelas Tinju

Hari pertama kelas tinju cenderung membuat Anda deg-degan. Simak sejumlah persiapan berikut ini sebelum menjalani hari pertama kelas tinju.

Tinju merupakan olahraga yang tepat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, menjaga kebugaran tubuh, serta membakar lemak. Olahraga ini juga bisa dilakukan baik oleh pria maupun wanita. 

Anda bisa mulai mendalami olahraga tinju dengan mengikuti kelas tinju yang difasilitasi pelatih berpengalaman atau bersertifikat. Namun, tentunya akan muncul perasaan gugup saat akan menjalani hari pertama kelas tinju.

Berikut adalah hal-hal yang bisa Anda persiapkan, di antaranya:

1. Datang Lebih Awal

Anda dapat datang minimal sepuluh menit lebih awal sebelum kelas dimulai. Jadi, Anda dapat mempersiapkan diri lebih mantap lagi sebelum kelas dimulai. 

Datang lebih awal juga akan membantu Anda lebih berkonsentrasi ketika memulai kelas. Ini penting, karena tinju merupakan olahraga yang memerlukan konsentrasi penuh untuk bisa mempelajari gerak dan tekniknya dengan benar. 

2. Jangan Makan Terlalu Banyak

Menurut dr. Reza Fahlevi, Sp.A, saat makan dalam porsi besar, darah akan terkonsentrasi ke usus. Hal ini akan membuat aliran darah ke otot berkurang yang akhirnya membuat tubuh Anda lemas.

Artikel Lainnya: Manfaat Olahraga Bela Diri untuk Anak

Melansir Sportsver, Anda dapat makan sepotong buah atau roti panggang sebelum latihan tinju dimulai. Keduanya merupakan makanan rendah kalori dan gula yang dihasilkan dapat memberikan tambahan energi untuk Anda.

1 dari 3 halaman

3. Gunakan Pakaian yang Ketat

Lebih baik untuk tidak menggunakan pakaian yang longgar saat kelas tinju. Pakaian yang longgar dapat menghalangi pergerakan ataupun bisa membuat Anda tersandung. 

Saat berlatih tinju, Anda dapat menggunakan legging atau celana pendek untuk bersepeda. Bisa pula dipadukan dengan t-shirt ataupun tank top yang pas di tubuh Anda.

4. Gunakan Cross Trainer daripada Sepatu Lari

Sepatu lari tidak terlalu memberikan banyak topangan bagi kaki Anda ketika Anda melakukan banyak gerakan pada latihan tinju. 

Anda dapat memilih sepatu cross trainer yang dapat menopang pergelangan kaki serta lengkungan kaki Anda. Ini diperlukan, karena latihan tinju melibatkan banyak gerakan maupun topangan kaki. 

5. Siapkan Tubuh Lakukan Latihan Penuh

Tidak sekadar melemparkan atau menghindari pukulan, tinju merupakan olahraga yang juga melatih kemampuan otot tubuh Anda. Termasuk otot kaki dan otot inti.

Jadi, persiapkan tubuh Anda. Sebab, selama kelas tinju, Anda juga akan melakukan squat, lunes, rounds on the bag, serta latihan mountain climbers.

Artikel Lainnya: Risiko Kesehatan yang Dapat Dialami Petinju

2 dari 3 halaman

6. Jumping Rope

Jumping rope dibutuhkan dalam kelas tinju untuk menjaga agar otot tetap hangat dan membuat gerakan tinju Anda lebih baik. Selain itu, melakukan jumping rope baik untuk koordinasi mata, tangan, kaki, daya tahan, dan gerak kaki Anda. 

Oleh sebab itu, pelatih biasanya akan meminta Anda untuk melakukan jumping rope di awal ataupun di tengah sesi. 

7. Sarung Tangan 

Tangan yang berkeringat saat tinju akan membuat Anda merasa tidak nyaman saat berolahraga. Jadi, penting bagi Anda untuk menggunakan sarung tangan yang bisa Anda beli sendiri ataupun menyewanya di tempat Anda berlatih.

8. Istirahat Cukup Sebelum Memulai Kelas

Penting bagi Anda untuk beristirahat dengan cukup sebelum memulai latihan tinju. Hal ini berguna agar otot Anda tidak tegang sebelum latihan. 

Di samping itu, tidak disarankan untuk melakukan olahraga lain pada hari yang sama sebelum kelas tinju. Pastikan pula tubuh Anda tetap terhidrasi dengan meminum banyak air dan membawa minuman sendiri saat kelas.

Itulah tadi hal-hal yang harus Anda persiapkan sebelum menjalani hari pertama kelas tinju. Jangan paksakan diri Anda di hari pertama kelas tinju. Beritahukan kepada pelatih ketika Anda merasa kewalahan dengan gerakan yang diajarkan. 

Manfaatkan fitur LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter untuk berkonsultasi atau bertanya seputar masalah kesehatan lainnya kepada dokter. 

(PUT/JKT)

Referensi: 

Sportsver. Diakses 2021. Your First Boxing Class: 13 Things to Expect and Know. 

Legends Boxing. Diakses 2021. What to Wear to Your first Boxing Class.

0 Komentar

Belum ada komentar