Sukses

Deretan Manfaat Lobak untuk Kesehatan Ibu Hamil

Lobak mengandung banyak nutrisi, yang bisa bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil. Cari tahu apa saja yang termasuk manfaat lobak untuk ibu hamil lewat ulasan berikut

Ibu hamil dapat menjadikan lobak sebagai menu asupan sehari-hari. Selain enak dan mudah diolah, konsumsi lobak untuk ibu hamil bisa punya segudang manfaat kesehatan.

Melansir Parenting Firstcry, lobak mengandung kalium, folat, kalsium, zat besi, vitamin C, vitamin A, vitamin B, zink, dan mangan. Kombinasi nutrisi tersebut membuat lobak dapat menyehatkan tubuh ibu hamil, sekaligus janin yang ada di dalam kandungannya.

 

1 dari 3 halaman

Manfaat Konsumsi Lobak Saat Hamil

Berikut ini beberapa khasiat lobak untuk ibu hamil yang sayang jika dilewatkan begitu saja:

  • Mengontrol Berat Badan

Lobak bisa menciptakan sensasi kenyang dengan cepat dan mengontrol rasa lapar. Selain itu, sayuran ini juga mengandung karbohidrat dan gula yang rendah.

Tidak heran, dr. Muhammad Iqbal Ramadhan mengatakan bahwa lobak merupakan sayuran yang dapat membantu mengontrol berat badan ibu hamil.

“Lobak adalah makanan rendah kalori, sehingga dapat membuat ibu hamil tidak mengalami peningkatan berat badan yang terlalu tinggi,” kata dr. M. Iqbal.

Artikel Lainnya: Bolehkah Ibu Hamil Makan Timun?

  • Menurunkan Risiko Kanker

Lobak diyakini memiliki sifat antikarsinogenik berkat kandungan senyawa Isothiocyanate dan Sulforaphane yang ada di dalamnya. Hal ini membuat sayuran tersebut berpotensi menurunkan risiko kanker.

  • Mengoptimalkan Kesehatan Kardiovaskular

Potasium yang terdapat pada lobak dapat mengoptimalkan sirkulasi darah. Senyawa tersebut juga disebut efektif untuk mengurangi tekanan darah, sehingga ibu hamil terhindar dari risiko preeklampsia.

Selain itu, lobak diketahui mengandung anthocyanin, yang merupakan jenis antioksidan untuk membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular (pembuluh darah).

  • Menyehatkan Saluran Kemih

Lobak memiliki sifat antiradang, yang diyakini mampu mengobati pembengkakan saluran kemih, infeksi, dan permasalahan lain pada bagian tubuh tersebut.

  • Memperbaiki Kondisi Kulit

Vitamin C, vitamin B, dan zinc pada lobak merupakan nutrisi yang bermanfaat untuk menyehatkan kulit. Sebab, ketiga nutrisi tersebut dapat meningkatkan efisiensi enzim yang digunakan dalam proses sintesis dan pengembangan kolagen serta struktur protein.

  • Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan vitamin C pada lobak bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, ibu hamil dan bayi dalam kandungannya tidak mudah terserang penyakit infeksi.

Artikel Lainnya: Catat, Ini Daftar Vaksin yang Aman dan Dilarang untuk Ibu Hamil

2 dari 3 halaman

Cara Aman Konsumsi Lobak untuk Ibu Hamil

Tertarik dengan manfaat lobak untuk ibu hamil? Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan apabila ingin mengonsumsi sayuran tersebut selama kehamilan:

  • Mencuci lobak hingga bersih sempurna, dan buang kulitnya. Ingat, lobak adalah sayuran yang tumbuh di dalam tanah. Oleh karena itu, jenis sayuran ini perlu dicuci hingga bersih menggunakan air mengalir. Anda pun perlu membuang bagian kulitnya guna menurunkan risiko kontaminasi kuman.
  • Hindari konsumsi lobak yang masih mentah, karena berpotensi mengandung kuman berbahaya. Jika ibu hendak mengonsumsi lobak, pastikan untuk memasaknya hingga matang terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk membunuh kuman berbahaya yang mungkin ada di dalamnya.
  • Pastikan talenan atau alat masak yang digunakan untuk memasak lobak dalam keadaan bersih.
  • Pastikan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, baik sebelum maupun sesudah memasak lobak. Anda juga perlu mencuci tangan sebelum dan setelah mengonsumsi sajian lobak.
  • Batasi porsi agar tidak berlebihan. Jangan lupa kombinasikan dengan menu sehat lainnya, agar kebutuhan nutrisi Anda senantiasa terpenuhi.

Kombinasikan konsumsi lobak saat hamil dengan penerapan gaya hidup dan pola makan sehat. Dengan demikian, manfaat kesehatan yang Anda rasakan bisa berlipat ganda.

Butuh bantuan atau memiliki pertanyaan seputar makanan selama hamil? Jangan sungkan untuk menanyakannya kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

Referensi:

Parenting Firstcry. Diakses 2021. Eating Radish During Pregnancy

Mom Junction. Diakses 2021. Is It Safe To Eat Radish During Pregnancy?

0 Komentar

Belum ada komentar