Kulit

Dampak Buruk Mencuci Muka Menggunakan Baking Soda

Zahra Aminati, 03 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Penggunaan baking soda untuk mencuci muka tidaklah direkomendasikan, karena memberikan dampak buruk bagi kulit wajah. Simak ulasannya di sini.

Dampak Buruk Mencuci Muka Menggunakan Baking Soda

Penggunaan baking soda untuk wajah dipercaya memberikan berbagai manfaat. Beberapa di antaranya adalah untuk meredakan gatal pada kulit wajah, serta mengatasi kulit wajah yang terbakar sinar matahari, berjerawat, atau berkomedo. 

Selain itu, baking soda juga dipercaya bisa digunakan untuk mencuci wajah sehari-hari. Meski begitu, cuci muka dengan baking soda maupun penggunaan lain pada wajah tidaklah direkomendasikan secara medis.   

Salah satu bahan untuk membuat kue ini memang terbukti mampu membersihkan permukaan benda dengan sangat baik. Tetapi, penggunaannya untuk wajah justru akan memberikan dampak buruk, apalagi ketika digunakan sehari-hari. 

Apa saja dampak buruknya? Simak ulasannya berikut ini. 

Dampak Buruk Baking Soda untuk Mencuci Muka

Mencuci muka dengan baking soda dikatakan berdampak buruk bagi kesehatan kulit wajah karena beberapa alasan berikut: 

  • pH yang Berbeda dengan Kulit Wajah

Baking soda atau natrium bikarbonat sering digunakan untuk meredakan sakit maag. Sebab, di dalamnya terdapat bahan kimia dasar yang mampu menetralkan asam. Ada kalanya, dokter kulit pun menggunakan baking soda untuk menetralkan chemical peeling pada perawatan wajah.

Namun, baking soda tidak disarankan untuk digunakan pada wajah dalam jangka waktu yang lama, karena kandungan pH-nya berbeda dengan kulit wajah. Oleh sebab itu, dr. Devia Irine Putri menyatakan bahwa mencuci muka sehari-hari dengan baking soda tidak dianjurkan.

“Kandungan pH yang terdapat pada baking soda dapat mengubah pH kulit wajah, sehingga bisa mengganggu kesehatan kulit itu sendiri. Misalnya, dapat mengganggu produksi minyak dan bakteri baik di kulit juga terganggu,” kata dr. Devia.

  • Dapat Memicu Iritasi Kulit

Dokter Devia menambahkan, penggunaan baking soda untuk cuci muka bisa menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Terutama jika digunakan oleh orang dengan kondisi kulit sensitif. 

Banyak orang yang berkulit sensitif tidak menyadari hal ini sampai waktunya baking soda diaplikasikan ke wajah mereka. Akibatnya, setelah penggunaan baking soda kulit akan mengalami ruam, kemerahan, dan rasa terbakar. 

Artikel lainnya: Apa Benar Baking Soda Bisa Atasi Bau Mulut?

  • Mengeksfoliasi Secara Berlebihan

Seperti garam dan gula, baking soda juga bisa menjadi eksfoliator ketika diaplikasikan ke wajah. Jadi, penggunaannya untuk mencuci muka sehari-hari akan berdampak buruk bagi kulit wajah, karena kulit akan tereksfoliasi secara berlebihan. 

Apalagi, cuci muka biasanya dilakukan dua kali sehari. Eksfoliasi berlebihan dapat menyebabkan kulit kemerahan, menimbulkan jerawat, rasa terbakar pada kulit, dan kulit menjadi kering.

Pilihan Bahan yang Aman untuk Mencuci Muka

Terdapat banyak pilihan bahan lain yang aman digunakan untuk mencuci muka. Beberapa yang direkomendasikan adalah susu, minyak zaitun, dan oatmeal. 

Melansir Healthline, susu mengandung asam laktat yang merupakan bahan aktif dari asam alfa hidroksi (AHA), biasanya muncul dalam produk perawatan kulit modern. 

Seperti pada studi yang ditulis oleh Sheau-Chung Tang dan Jen-Hung Yang (2018), AHA dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru. Itulah alasan susu dikenal sebagai pembersih wajah yang efektif dan anti-aging

Artikel lainnya: Amankah Keramas Pakai Baking Soda?

Minyak zaitun juga banyak digunakan pada produk pencuci muka. Bahan ini utamanya digunakan untuk menghidrasi maupun melembapkan kulit. Dapat pula digunakan pada wajah setelah mengalami kulit terbakar. 

Sementara oatmeal tergolong baik dan aman untuk mencuci muka, karena mengandung bahan-bahan yang bermanfaat bagi kulit wajah.  Melansir Medical News Today, kandungannya meliputi beta glucan (zat yang dapat menyerap air), fenol (jenis antioksidan), dan saponin (memiliki sifat seperti sabun dan bertindak sebagai pembersih minyak di wajah). 

Penggunaan bahan-bahan di atas sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit, terutama untuk Anda yang berkulit sensitif. 

Demikian ulasan mengenai penggunaan baking soda untuk mencuci muka. Meski tidak terlalu bahaya bagi kesehatan kulit, mencuci muka dengan baking soda dapat memberikan dampak buruk bagi kulit wajah. 

Oleh sebab itu, disarankan untuk mencuci muka dengan bahan ataupun produk pencuci muka lainnya yang terbukti aman. 

Manfaatkan fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter untuk bertanya seputar kesehatan kulit wajah lainnya. 

Referensi: 

Healthline. Diakses 2021. Can I Use Baking Soda for Face Wash?

American Academy of Dermatology. Diakses 2021. HOW TO SAFELY EXFOLIATE AT HOME.

Everyday Health. Diakses 2021. All About Baking Soda: History, Surprising Uses, and What It Can and Can’t Do for Your Health.

Perawatan WajahBaking Soda

Konsultasi Dokter Terkait