Kesehatan Anak

Mengungkap Segudang Manfaat Buah Delima untuk Anak

Tri Yuniwati Lestari, 29 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Berkat nutrisi yang ada di dalamnya, buah delima terbukti dapat mendukung kesehatan tubuh anak. Yuk, cari khasiat buah delima untuk anak lewat ulasan berikut!

Mengungkap Segudang Manfaat Buah Delima untuk Anak

Buah delima atau yang dalam nama latinnya disebut Punica Granatum dikenal kaya dengan kandungan nutrisi. Tak hanya bagi orang dewasa, manfaat buah delima untuk anak juga tak kalah banyak. 

Buah yang masuk rumpun berry ini cocok sebagai asupan bergizi bagi anak Anda. Ingin tahu apa saja manfaatnya bagi si kecil? simak dalam  ulasan di bawah ini.

Nutrisi dari Buah Delima

Dilansir dari WebMd, satu buah delima segar mengandung:

  • Kalori: 234
  • Protein: 5 gram
  • Lemak: 3 gram
  • Karbohidrat: 53 gram
  • Serat: 11 gram
  • Gula: 39 gram
  • Natrium: 8 gram

Buah delima juga kaya dengan kandungan vitamin C dan K, zat besi, kalsium, kalium, folat, serta beberapa nutrisi penting lainnya. 

Faktanya, mengonsumsi satu buah delima memberikan sekitar 28 miligram vitamin C. Jumlah tersebut hampir mencukupi 50 persen dari asupan harian vitamin C yang direkomendasikan. 

Buah yang memiliki warna merah ini juga menyediakan sekitar 666 miligram potasium, atau sekitar 19 persen dari nilai harian yang direkomendasikan.

Artikel Lainnya: Manfaat Buah Delima (Pomegranate) untuk Kulit

Manfaat Buah Delima untuk Anak

Berikut ini beberapa khasiat buah delima untuk anak, yang sayang jika dilewatkan begitu saja:

1. Menurunkan Risiko Peradangan 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Hindawi menunjukan bahwa ekstrak buah delima berpotensi mengurangi peradangan yang disebabkan oleh berbagai jenis infeksi bakteri.

Sifat antiradang yang dimiliki buah delima dikaitkan dengan ellagitannins, yang merupakan sejenis antioksidan.

2. Mengatasi Sembelit pada Anak

Satu buah delima mengandung sekitar 6 gram serat makanan. Oleh karena itu, buah berwarna kemerahan tersebut bermanfaat untuk mengurangi keluhan sembelit alias susah buang air besar. 

3. Baik untuk Kesehatan Otot

Dijelaskan oleh dr. Devia Irine Putri, buah delima kaya akan kandungan potasium yang baik untuk menjaga kesehatan otot. Senyawa ini juga membantu meredakan nyeri otot usai berolahraga.

Jadi, buah delima sangat baik diberikan pada anak-anak di atas usia setahun yang sedang aktif bergerak. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan otot-ototnya yang sedang berkembang.

Artikel Lainnya: Wajib Dicoba, Buah Delima Bermanfaat buat Ibu Hamil dan Promil, Lho!

4. Baik untuk Kesehatan Jantung

Delima memiliki sejumlah antioksidan yang disebut punicalagins atau ellagitannins. Senyawa ini dapat membantu mengurangi risiko penebalan dinding arteri, juga mengurangi penumpukan kolesterol dan plak.

“Kandungan antioksidan buah delima dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah,” kata dr. devia.

“Selain itu, kandungan punicic acid pada delima bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sehingga memperkecil risiko penyakit jantung di kemudian hari,” sambungnya.

5. Memerangi Cacing Usus

Meski kebenarannya belum dapat dipastikan, buah delima diyakini memiliki sifat antelmintik yang membuatnya mampu mengatasi penyakit cacingan pada anak-anak.

6. Meredakan Demam

Jus buah delima dipercaya efektif mengobati demam pada bayi. Sajian ini juga disebut-sebut mampu mengisi kembali nutrisi yang hilang akibat demam

Studi klinis yang mendukung khasiat delima untuk pengobatan demam memang masih terbatas. Namun, tidak ada salahnya jika ibu mencoba untuk memberikan jus delima saat anak sedang demam.

Itu dia sederet manfaat buah delima untuk kesehatan tubuh anak. Apakah Anda tertarik untuk menyajikan buah ini sebagai menu si kecil sehari-hari? Tetap ingat untuk membatasi porsi dan mengombinasikannya dengan menu sehat lain, ya.

Apabila ada pertanyaan seputar MPASI atau makanan sehat untuk si kecil, Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

Referensi:

Hindawi. Diakses 2021. A Review on the Anti-Inflammatory Activity of Pomegranate in the Gastrointestinal Tract

Hindawi. Diakses 2021. The Pomegranate: Effects on Bacteria and Viruses That Influence Human Health

Mom Junction. Diakses 2021. Pomegranate For Babies: Safety, Benefits And Precautions

Parenting FirstCry. Diakses 2021. How to Give Pomegranate to Your Baby

Nourish WebMD. Diakses 2021. Are There Health Benefits to Drinking Pomegranate Juice?

VeryWellHealth. Diakses 2021. What Is Pomegranate Juice?

MPASIbuahAnak

Konsultasi Dokter Terkait