Kesehatan Umum

Lebih Percaya Diri, Ini Cara Agar Terlihat Tinggi

dr. Vika Damay, 26 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tidak pede dengan tubuh pendek? Jangan khawatir. Beberapa cara berikut bisa bantu Anda agar terlihat lebih tinggi.

Lebih Percaya Diri, Ini Cara Agar Terlihat Tinggi

Beberapa orang mungkin merasa kurang puas dengan tinggi badannya. Sayangnya, ketika menginjak dewasa, tinggi badan sudah tidak bisa bertambah lagi.

Setelah usia 18 tahun, lempeng pertumbuhan pada tulang sudah tertutup sehingga walaupun dengan nutrisi dan aktivitas fisik yang baik, tinggi badan tidak akan bertambah.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi tinggi badan seseorang. Namun, yang paling memegang peran besar adalah faktor genetik.

Kabar baiknya, terdapat cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat postur tubuh terlihat lebih tinggi. Berikut ini beberapa cara agar Anda terlihat tinggi:

1. Perkuat Otot Inti Tubuh

Cara pertama yang bisa dilakukan agar terlihat tinggi adalah memperkuat otot inti tubuh.

Otot inti tubuh atau core muscle adalah kumpulan otot pada pada perut dan sepanjang tulang belakang. Otot inti yang kuat akan membantu Anda memiliki postur tubuh yang baik.

Supaya otot-otot ini terlatih, Anda bisa melakukan gerakan-gerakan seperti plank dan sit up secara rutin.

Artikel Lainnya: Cara Meninggikan Badan di Masa Pertumbuhan

2. Perbaiki Postur Tubuh Anda

Memperbaiki postur tubuh dapat menjadi salah satu cara agar Anda terlihat tinggi. Hal ini bisa membantu menyesuaikan jarak antartulang belakang sehingga membuat seseorang tampak lebih tinggi.

Tidak hanya itu, postur tubuh tegak mencegah nyeri kepala dan nyeri punggung akibat postur bungkuk.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu bersikap tegap, baik saat duduk maupun berdiri, ya!

3. Jangan Menggunakan Jaket yang Terlalu Besar atau Terlalu Panjang

Tidak dapat dimungkiri, pakaian memegang peranan penting dalam menunjang penampilan. Salah satunya untuk membuat Anda terlihat lebih jangkung, apalagi bagi pemilik tubuh mungil dan cenderung pendek.

Karena itulah, pemilihan baju yang tepat perlu diperhatikan. Bagi orang dengan tubuh pendek yang ingin terlihat lebih tinggi, sebaiknya hindari memakai jaket atau blazer yang panjang atau besar.

Artikel Lainnya: Benarkah Berenang Bisa Menambah Tinggi Badan Anak

Perlu Anda ketahui, jaket atau blazer yang kebesaran akan membuat kaki tertutup sehingga membuat seseorang terkesan lebih pendek.

Sebaliknya, pilihlah jaket yang tidak terlalu besar, atau model crop. Selain itu, pilihlah yang panjangnya sejajar pinggang, atau hanya sedikit lebih panjang dari pinggang.

4. Gunakan Atasan dan Bawahan dengan Warna Senada

Agar tubuh Anda terlihat lebih tinggi, caranya bisa dengan memilih warna pakaian yang senada atau monokrom. Mengapa bisa?

Ternyata, menggunakan atasan dan bawahan yang kontras—seperti menggunakan kaus warna terang dan celana hitam—terkesan membagi tubuh menjadi dua bagian.

Hal tersebut akan memberikan kesan bahwa Anda memiliki tubuh yang tidak panjang. Anda pun terlihat lebih pendek.

Oleh karena itu, jika ingin terlihat jangkung, lebih baik gunakan warna senada atau monokrom.

Artikel Lainnya: Peran Susu untuk Menambah Tinggi Badan, Efektifkah?

5. Beri Aksen Lekukan pada Pinggang

Gaun atau baju yang oversized lebih cocok digunakan oleh orang bertubuh tinggi. Lain halnya bagi Anda pemilik tubuh pendek.

Jika orang bertubuh pendek menggunakan baju oversized, justru akan membuat postur terlihat lebih pendek, terutama bagian kaki.

Nah, agar terlihat tinggi, caranya adalah dengan menggunakan baju yang memberikan bentuk pada pinggang. Hal ini akan membuat postur tubuh Anda tampak lebih jenjang.

6. Pilih Celana atau Rok High Waist

Kenakanlah celana atau rok high waist sebagai cara agar Anda terlihat tinggi. Jika rok high waist dipadukan dengan style yang sesuai, rok jenis ini akan mengelabui mata dan membuat Anda terlihat lebih semampai, apalagi di foto.

Jangan lupa untuk tidak menutupi lekukan pinggang, ya. Anda bisa memasukkan atasan Anda ke dalam rok, atau menggunakan crop top.

Artikel Lainnya: Main Basket Bisa Menambah Tinggi Badan, Mitos atau Fakta?

7. Rambut Dikuncir Tinggi

Bagi Anda yang memiliki rambut panjang, ada satu cara yang efektif, nih, agar terlihat lebih tinggi.

Cobalah tata gaya rambut Anda dengan dicepol tinggi. Alhasil, Anda akan menambah minimal 5 cm dari tinggi badan Anda. Menarik, bukan?

8. Pakai Maxi Dress yang Totalitas

Siapa bilang tubuh mungil tidak cocok pakai maxi dress atau skirt? Bisa, kok, asalkan panjangnya jangan setengah-setengah.

Jadi, hindari penggunaan gaun atau rok yang panjangnya setengah betis atau tanggung. Sebaiknya, pilihlah gaun atau rok dengan panjang semata kaki.

Bila Anda menggunakan rok maxi, jangan lupa pilih atasan yang body fit atau crop, ya! Sementara untuk maxi dress, jangan lupa pilih yang membentuk pinggang. Cara ini akan membantu agar Anda terlihat lebih tinggi.

Sudah tahu, kan, aktivitas fisik dan cara berpakaian untuk orang pendek agar terlihat lebih tinggi? Walaupun tidak bisa bertambah tinggi secara fisik, cara-cara di atas dapat Anda coba agar tampak lebih semampai.

Artikel menarik lainnya seputar dunia kesehatan bisa Anda baca di aplikasi KlikDokter. Jangan lupa unduh aplikasinya, ya!

[WA]

Tinggi Badan

Konsultasi Dokter Terkait