Covid-19

Obat DXP-604, Diklaim Ampuh Atasi Semua Varian Corona

Tri Yuniwati Lestari, 26 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

China kembali bereksperimen dengan obat Covid yang dinamai DXP-604. Obat ini dinilai memiliki banyak keunggulan untuk pasien. Ketahui selengkapnya di sini.

Obat DXP-604, Diklaim Ampuh Atasi Semua Varian Corona

Obat DXP-604 adalah antibodi penetral COVID-19 yang dikembangkan oleh Singlomics Biopharmaceuticals dan tim yang dipimpin Profesor Xie Xiaoliang dari Universitas Peking, China.

Obat ini dianggap ampuh untuk pengobatan pasien COVID-19 bergejala berat. Dalam penelitian, obat ini terbukti mengurangi viral load dan gejala pada pasien di Beijing.

Apa saja keunggulan obat DXP-604? Ketahui lebih lanjut dalam ulasan berikut.

 

Pengembangan Obat COVID-19 DXP-604

Melansir China Daily, pengembangan obat Covid DXP-604 memanfaatkan sekuensing sel tunggal (single-cell sequencing) dari hasil sampel darah pasien COVID-19 yang telah sembuh.

Para peneliti dari Singlomics sebelumnya telah mengidentifikasi beberapa antibodi yang telah terbukti sangat ampuh dalam studi pra-klinis untuk menetralkan SARS-CoV-2.

Tujuan dikembangkannya DXP-604 adalah menemukan antibodi penawar yang bekerja sangat cepat untuk mengobati lebih banyak pasien, dibanding terapi plasma konvalesen yang digunakan selama ini.

Artikel lainnya: COVID-22, Virus Lebih Berbahaya dari Mutasi COVID-19 Delta

 

Penelitian Obat DXP-604 untuk Pasien COVID-19

Obat DXP-64 telah diberikan kepada empat belas pasien coronavirus yang dirawat di rumah sakit dengan gejala berat.

Pasien yang diberikan obat tersebut menunjukkan penurunan gejala dan viral load secara signifikan.

Lalu, pasien yang sempat mengalami hilang penciuman ataupun perasa dan sesak napas juga berangsur membaik setelah diberikan DXP-604. Beberapa pasien pun mengalami penyembuhan lebih cepat.

Meski begitu, dr. Devia Irine Putri mengatakan sampai saat ini obat DXP-604 masih dalam penelitian.

“Obat DXP-604 masih dalam tahapan penelitian. Memang sudah ada penelitian yang menunjukkan obat ini dapat mengurangi gejala pada pasien COVID-19. Namun, karena masih penelitian, belum bisa disebutkan obat ini pasti ampuh,” jelasnya.

Sejak diberitakan pada 18 November silam, tim peneliti sedang melakukan uji klinis fase II di China. Diharapkan nantinya uji klinis fase III dapat dilakukan di negara lain.

Artikel lainnya: Riset: Ada Orang Kebal Terhadap COVID-19, Kok Bisa?

Manfaat Obat DXP-604 dalam Pengobatan COVID-19

Berikut beberapa fungsi DXP-604 untuk pasien Covid yang diteliti dalam studi:

1. Mencegah Mutasi Virus

Teori kerja obat berbasis antibodi adalah mencegah virus mengikat reseptor di sel tubuh manusia.

Keunggulan obat DXP-604 adalah mencegah virus menyerang sel dan bermutasi di tubuh manusia.

Para peneliti menerapkan tiga rute teknis dalam mengembangkan obat DXP-604. Pertama, memblokir masuknya virus ke sel. Kedua, menghambat replikasi virus. Ketiga, menyesuaikan sistem kekebalan tubuh.

2. Ampuh Melawan Semua Varian Virus Corona

Dijelaskan dr. Devia, sejauh ini keunggulan obat DXP-604 adalah manjur untuk semua varian virus corona yang ada saat ini.

Artikel lainnya: Apakah Anda Layak Dapat Vaksin COVID-19? Cek di Sini!

Dilansir dari Global Times, para peneliti mengatakan obat DXP-604 terbukti efektif mencegah sebagian besar varian SARS-CoV-2. Hal ini berdasarkan pengujian pada lebih dari 4.000 kemungkinan mutasi virus.

3. Menggunakan Dosis Rendah dan Harga Terjangkau

Obat DXP-604 terbukti memberikan efek penyembuhan pada pasien COVID-19 dengan dosis rendah, yakni hanya sekitar 0,6 gram.

Bahkan, dilaporkan kemungkinan besar satu suntikan dengan 0,3 gram obat DXP-604 sudah cukup untuk pengobatan pasien COVID-19. Namun, hal ini masih diteliti lebih lanjut.

Jika nantinya dosis kecil terbukti efektif, maka penggunaan obat DXP-604 bisa dianggap lebih terjangkau dari terapi pengobatan COVID-19 lainnya.

Itulah update tentang obat DXP-604 untuk pasien COVID-19. Ikuti terus perkembangan pengobatan infeksi coronavirus di aplikasi KlikDokter.

Jika Anda sakit, konsultasi dengan dokter lebih cepat melalui layanan Live Chat.

(FR/JKT)

Referensi:

Wawancara dr. Devia Irine Putri

South China Morning Post. Diakses 2021. New Chinese Covid-19 antibody treatment shows promise, as China races to find a cure.

Global Times. Diakses 2021. Domestic antibody drug likely prevents most COVID-19 variants: researchers.

China Daily. Diakses 2021. New drug shows promise in treating COVID.

virus coronainfeksi virusObat Virus Corona

Konsultasi Dokter Terkait