Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Cara Mendidik Anak Pertama Menjadi Role Model untuk Adiknya

Cara Mendidik Anak Pertama Menjadi Role Model untuk Adiknya

Umumnya orangtua ingin si kakak menjadi contoh yang baik untuk adik-adiknya. Ketahui cara mendidik anak pertama untuk menjadi role model adiknya di sini.

Sebagian besar orangtua berharap anak sulung mereka dapat menjadi contoh yang baik untuk adiknya. Namun, tidak semua anak pertama mengerti bagaimana menjadi role model yang baik.

Oleh karena itu, orangtua perlu memberikan bimbingan kepada si sulung agar menjadi panutan yang baik. Simak tips mendidik anak untuk menjadi role model bagi adiknya berikut ini.

1. Orangtua Perlu Menjadi Contoh yang Baik

Tips agar anak pertama dapat menjadi panutan yang baik untuk anak kedua atau adiknya adalah dengan memberi contoh terlebih dahulu.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog, orangtua perlu menjadi contoh yang baik untuk anak sulung. Sebab anak pertama akan melihat segala hal dari perilaku atau sikap orangtuanya.

“Kalau role model itu, kan, artinya mengarahkan anak untuk berperilaku yang positif sehingga bisa menjadi contoh untuk adiknya ataupun orang lain. Bagaimana anak pertama dapat berperilaku dengan baik jika ia tidak memiliki contoh yang baik,” ucap Gracia.

Artikel Lainnya: Cara Memberikan Pendidikan Antikorupsi pada Anak Sejak Dini

Sebagai contoh bila orangtua ingin kakak merapikan mainannya. Ayah atau ibu bisa memberi contoh dengan merapikan perabotan rumah yang berantakan.

Nantinya, anak dapat mengikuti kebiasaan tersebut dengan ikut merapikan mainan miliknya.

Anak-anak akan selalu memperhatikan apa yang orangtuanya lakukan. Mereka juga bisa melihat bagaimana Anda menangani stres atau bersikap memperlakukan orang lain.

1 dari 3 halaman

2. Diskusi Tentang Arti Role Model yang Baik

Orangtua bisa mengajak anak berdiskusi tentang arti role model. Pasalnya, beberapa anak belum tentu mengerti arti atau peran dari role model.

Kendati begitu, jangan menuntut anak untuk langsung menjadi role model. Dikhawatirkan anak merasa terpaksa, bahkan mengembangkan perasaan tidak suka dengan adiknya.

“Jangan tuntut anak sulung untuk langsung menjadi role model. Karena kalau jadi role model itu kesannya seperti harus selalu baik di depan adik. Kalau seperti itu, tidak akan membentuk karakter yang baik dari anak itu sendiri,” ucap Gracia.

Sebaliknya, orangtua bisa mengajarkan hal dasar kepada anak, yakni berbuat baik kepada adiknya atau orang lain.

Kemudian, Anda juga bisa mengajarkan anak untuk memiliki sifat suka menolong kepada sesama.

Dengan begitu, anak bisa memiliki sikap dan kepribadian yang baik untuk dirinya terlebih dahulu. Apabila si sulung memiliki kepribadian yang baik, umumnya adik atau orang di sekitarnya bisa meniru kebaikannya.

Artikel Lainnya: Cara Tepat Mendidik Anak yang Keras Kepala

3. Bangun Kedekatan Antara Kakak dan Adik

Orangtua bisa membangun hubungan yang baik antara kakak dengan dengan adiknya.

Salah satu caranya dengan melibatkan anak pertama saat menjaga atau mengurus adiknya.

Contoh, Anda bisa meminta bantuan untuk mengambilkan handuk atau baju setelah ibu memandikan adiknya yang masih bayi.

Dengan begitu, kedekatan serta adanya rasa kasih sayang antara kakak dan adiknya bisa muncul perlahan.

2 dari 3 halaman

4. Apresiasi Setiap Anak Melakukan Kebaikan

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan sikap role model baik pada anak pertama adalah dengan memberikan apresiasi.

Berikan apresiasi setiap anak pertama berbuat baik. Misalnya, ketika anak membantu Anda mengambilkan pakaian adik atau mau berbagi makanan kepada temannya.

Orangtua perlu memberikan apresiasi dengan mengucapkan “terima kasih” atau menyatakan rasa bangga.

Apresiasi membantu anak memahami bahwa hal yang ia lakukan adalah baik. Kemudian, jangan ragu menegur si sulung jika ia melakukan kesalahan.

Saat menegur anak, gunakan kata-kata yang halus dan dapat dimengerti. Setelah itu, Anda bisa memberikan alasan mengapa kesalahan yang anak lakukan sebaiknya tidak diulangi lagi.

Itu dia beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak menjadi role model yang baik untuk adiknya.

Apabila ingin berdiskusi dengan psikolog, gunakan layanan Live Chat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

Referensi:

Wawancara Gracia Ivonika, M.Psi.,

Verywell Family. Diakses 2021. Role Model Behaviour You Want to See from Your Kids.

Very Well Family. Diakses 2021. How to Teach Older Children to be Role Models.

0 Komentar

Belum ada komentar