Perawatan Wanita

Manfaat Asam Borat untuk Mengatasi Infeksi Vagina

Endah Murniaseh, 25 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Asam borat disebut-sebut bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan vagina. Apa saja manfaat asam borat untuk vagina? Simak di sini.

Manfaat Asam Borat untuk Mengatasi Infeksi Vagina

Asam borat merupakan mineral yang terdiri dari oksigen, boron, dan hidrogen. Mineral ini diklaim memiliki sifat antijamur dan antimikroba. Karena itu, asam borat sering dijadikan pengobatan rumahan untuk membantu mengatasi infeksi vagina. 

Bagaimana cara kerja asam borat untuk mengatasi infeksi vagina? Apakah bahan alami ini aman untuk digunakan? Simak jawabannya di sini.

Manfaat Asam Borat untuk Vagina

Dilansir dari University of Michigan Health, asam borat mengandung bakteri probiotik Lactobacillales serta antioksidan vitamin C dan vitamin E. Kandungan tersebut bekerja menyeimbangkan jumlah bakteri vagina agar pH (kadar keasaman) normal kembali.

Kadar pH merupakan skala untuk mengukur tingkat keasaman vagina. Kadar pH vagina

normal  berada di kisaran 3,8 hingga 4,5.

Melansir dari WebMD, pH yang seimbang dapat menjaga kesehatan vagina. Cairan asam yang diproduksi vagina juga dapat membunuh bakteri, parasit, dan jamur berbahaya. 

Oleh karena itu, asam borat disebut-sebut sebagai zat yang mampu mengatasi infeksi pada vagina.

Artikel Lainnya: Vagina Selalu Basah, Apa yang Salah?

Dilansir dari Very Well, berikut beberapa manfaat asam borat untuk vagina. 

1. Membantu Mengatasi Infeksi Jamur

Sebagian besar kasus infeksi jamur vagina disebabkan oleh Candida albicans. Kondisi ini dapat dialami oleh wanita hamil atau yang memiliki kondisi autoimun. 

Kendati begitu, tinjauan studi dari Journal Women's Health mengatakan bahwa asam borat dapat mengobati infeksi jamur, namun bukan yang disebabkan oleh Candida

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, asam borat dapat digunakan untuk pengobatan infeksi jamur. Pengobatan ini harus dilakukan dengan pengawasan dokter.

“Asam borat bisa digunakan untuk mengatasi infeksi ragi, dimasukkan ke dalam vagina. Namun, ini harus dengan pengawasan dokter,” kata dr. Dyah Novita

2. Mengatasi Trikomoniasis

Trikomoniasis merupakan infeksi menular seksual yang disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis. Trikomoniasis dapat dialami oleh vagina yang memiliki kadar pH tinggi.

Artikel Lainnya: Fungsi dan Cara Pakai Alat Tes pH Vagina di Rumah

Sebuah penelitian laboratorium yang dipublikasikan Journal of The American Sexually Transmitted menunjukkan bahwa asam borat dapat mengatasi pertumbuhan trichomonas secara efektif. 

Asam borat diketahui dapat menghambat pertumbuhan trichomonas di luar pengaruhnya terhadap keasaman.

3. Membantu Mengatasi Bakterial Vaginosis

 

Bakterial vaginosis ditandai ketika bakteri di vagina tumbuh dalam jumlah berlebihan. Nah, asam borat disebut-sebut dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi bakterial vaginosis. 

Uji klinis tahun 2015 yang diterbitkan oleh jurnal Trials pernah mengamati efek asam borat. Asam borat ditemukan memiliki cara kerja atau fungsi seperti metronidazol untuk mengobati bakterial vaginosis.

Peneliti mengharapkan, asam borat dapat menjadi obat untuk mengatasi bakterial vaginosis di masa yang akan datang. 

Kendati begitu, penggunaan asam borat untuk bakterial vaginosis masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk memantau kemanjuran dan efek sampingnya. 

Perlu diingat, asam borat merupakan pengobatan alternatif untuk mengatasi infeksi vagina dan hanya bisa didapat dengan resep atau anjuran dokter. 

Jadi, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan pengobatan alternatif apa pun untuk mengatasi infeksi vagina.

Dapatkan informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui fitur Live Chat.

(OVI/JKT)

Referensi:

verywellhealth. Diakses 2021. Boric Acid for Vaginal Health

WebMD. Diakses 2021. What Is Vaginal pH Balance?

MedicineNet. Diakses 2021. What Is Boric Acid Used For?

Mayoclinic. Diakses 2021. Yeast infection (vaginal)

Uofmhealth. Diakses 2021. Boric Acid (vaginal)

VaginaInfeksi JamurInfeksi Ragi

Konsultasi Dokter Terkait