Sukses

Deodoran Alami untuk Menghilangkan Bau Ketiak

Untuk mencegah bau badan, Anda dapat menggunakan deodoran alami. Apa saja bahan-bahan alami yang bisa menghilangkan bau badan?

Deodoran yang dijual di pasaran umumnya terbuat dari bahan-bahan kimia. Bagi orang yang alergi dengan bahan kimia, deodoran tersebut dapat mengiritasi ketiak.

Namun tak perlu khawatir, Anda bisa mencoba deodoran alami untuk menghilangkan bau badan.

Deodoran alami umumnya terbuat dari tumbuhan herbal. Apa saja pengganti deodoran agar ketiak tidak bau? Melansir dari Healthline, berikut deodoran alami yang aman untuk ketiak:

1. Witch Hazel

Witch hazel adalah tumbuhan yang memiliki sifat antiinflamasi. Menurut Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, pengganti deodoran ini dapat mengurangi kelembapan berlebih di kulit dan membunuh bakteri.

Ketika digunakan sebagai deodoran alami, witch hazel tidak meninggalkan residu di kulit dan menghilangkan bau ketiak dengan cepat.

Sayangnya, kemampuan witch hazel untuk menahan bau badan hanya sementara. Oleh karena itu, Anda perlu mengoleskannya hingga beberapa kali dalam sehari.

Cara pakainya cukup mudah, Anda bisa meletakkan witch hazel ke kapas atau kain katun, kemudian gosokkan lembut ke ketiak atau lipatan tubuh lainnya.

Artikel Lainnya: Bagian Tubuh Ini Paling Sering Menimbulkan Bau Tak Sedap

1 dari 3 halaman

2. Baking Soda

Baking soda dapat menjadi pengganti deodoran secara alami, karena mampu menyerap bau tidak sedap.

Cara penggunaannya cukup mudah. Campurkan satu sendok baking soda dengan 6 sendok tepung maizena. Setelah itu, oleskan di lengan bagian bawah atau ketiak.

Pemilik kulit sensitif tidak dianjurkan untuk pakai baking soda sebagai deodoran alami. Sebab baking soda mengandung kadar alkali tinggi dan berisiko memicu iritasi kulit.

Pastikan untuk melakukan uji coba di telapak tangan bagian atas sebelum menggunakan baking soda sebagai deodoran.

3. Jus Lemon

Jus lemon kaya akan asam sitrat yang secara alami dapat menghilangkan bakteri penyebab bau badan.

Cara menggunakan jus lemon sebagai deodoran alami tidak sulit.  Potong satu buah lemon menjadi dua bagian, lalu peras ke dalam wadah kecil atau cangkir bersih. Celupkan bola kapas ke dalam jus lemon dan oleskan langsung ke ketiak.

Simpan sisa jus lemon di lemari es untuk digunakan kembali sebagai deodoran alami.

Artikel Lainnya: Beda dengan Keringat Biasa, Begini Cara Kontrol Keringat Saat Stres

2 dari 3 halaman

4. Deodoran Kristal

Deodoran kristal terbuat dari garam mineral yang bekerja memurnikan keringat untuk mencegah bau badan. Deodoran kristal ini bisa Anda dapatkan di lokapasar atau di toko obat.

Anda cukup membasahi deodoran kristal ke dalam air, lalu oleskan beberapa kali ke kulit ketiak. Pastikan ketiak Anda sudah kering sebelum menggunakan pakaian.

Kelebihan dari deodoran ini tidak akan meninggalkan noda putih atau kekuningan pada pakaian Anda.

Menanggapi hal ini, dr. Reza Fahlevi, Sp. A., mengatakan, “Bahan-bahan tersebut bisa saja digunakan, asalkan konsentrasinya tidak terlalu pekat. Apabila terlalu pekat bisa bikin iritasi.”

Itu dia macam-macam pengganti deodoran alami agar ketiak tidak bau. Apabila ingin tahu informasi atau tips kesehatan lainnya, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter lewat fitur LiveChat Klikdokter.

(OVI/AYU)

Referensi:

Wawancara dr. Reza Fahlevi, Sp.A

Healthline. Diakses 2021. The No BS Guide to Natural Deodorants (Plus Make Your Own!).

PeerJ. Diakses 2021. The effect of habitual and experimental antiperspirant and deodorant product use on the armpit microbiome.

Healthline. Diakses. 2021. Natural Deodorant Alternatives for Happy, Healthy Pits.

0 Komentar

Belum ada komentar